Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Realme 2 dan Realme 2 Pro

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Terbaca di Realme 2 dan Realme 2 Pro -- Sama seperti berbagai organ sistem Anda bekerja sama untuk menjaga tubuh Anda tetap berjalan, berbagai bagian perangkat Anda bekerja sama untuk membuatnya bekerja dengan cara yang berarti. Tapi bagaimana jika salah satu dari mereka tidak berungsi? Sering kali Anda menemukan kesalahan "Tidak Ada Kartu SIM", terutama di telepon baru. Tetapi ponsel lama Anda juga rentan untuk mendapatkan kesalahan ini di hp tersebut. Baca juga: Cara Mengganti Tema Realme 1, Realme 2, 2 Pro dan Realme C1.

Kartu SIM Tidak Terbaca di Realme 2 dan Realme 2 Pro, Ini Solusinya

Apapun alasannya mungkin kecil atau besar, masalah ini benar-benar dapat membuat hari Anda menjengkelkan jika tidak dirawat. Dan mengenali Anda dalam masalah tersebut, admin di sini memastikan untuk menyelesaikannya dengan 15 langkah yang dapat membantu Anda dalam memperbaiki Masalah Kartu SIM di Realme 2 dan Realme 2 Pro.

Apa Alasan SIM Card Tidak Terbaca di Realme 2 dan 2 Pro?

Alasan untuk masalah kartu SIM dapat bervariasi dari masalah penyisipan Kartu SIM hingga kerusakan internal yang parah pada perangkat. Sering kali, Anda memasukkan Kartu SIM dengan cara yang tidak kompatibel dengan slot dan berakhir dengan masalah besar terhadap kartu SIM utama di perangkat Anda.

Masalah lain yang paling dicurigai adalah bahwa meskipun Kartu SIM telah dimasukkan dengan benar, masalahnya terletak pada Software. Perangkat tidak siap untuk membaca SIM karena segala jenis korupsi perangkat lunak. Ini mungkin menunjukkan ketidakmampuan perangkat untuk memeriksa jaringan Kartu SIM Anda.

Ini adalah alasan paling umum yang dapat kami curigai untuk masalah Kartu SIM. Bersama dengan ini dan yang lainnya, berikut ini beberapa trik dan tips yang dapat Anda coba untuk memecahkan masalah Anda yang berorientasi pada Kartu SIM di OPPO Realme 2 dan Realme 2 Pro.

Cara Mengatasi Masalah Kartu SIM Tidak Terbaca di Realme 2 dan 2 Pro

Berikut adalah 15 metode yang dapat Anda andalkan untuk memperbaiki masalah Kartu SIM di OPPO Realme 2 dan Realme 2 Pro. Meskipun kami tidak dapat menjamin Anda bahwa semua langkah ini akan bekerja untuk perangkat Anda dan menyelesaikan masalah Anda tetapi mereka dapat membantu Anda memperbaikinya di sebagian besar kasus. Baca juga: Cara Mengganti Font di Realme 1, Realme 2, Realme 2 Pro dan Realme C1.

Restart Hp Realme 2 dan 2 Pro Anda

Percaya atau tidak, Toggling switch On dan Off perangkat Anda dapat membantu Anda dengan lebih dari 95% masalah. Ini adalah opsi termudah dan hemat waktu untuk mencoba jika kartu SIM Anda tidak merespons. Memakai cara ini tidak akan memakan banyak waktu dan siapa tahu jika itu berhasil untuk Anda juga.

Alihkan ke Mode Pesawat / Airplane Mode

Sama seperti me-restart Ponsel Anda dapat membantu, Anda dapat mencoba beralih ke airplane mode sehingga dapat membuat Kartu SIM Anda berfungsi. Mengganti mode pesawat dapat memberi Anda hasil yang bahkan tidak Anda pikirkan.

Anda dapat menggunakan metode ini ketika Anda tahu bahwa Kartu SIM bukan masalah tetapi perangkat memiliki beberapa masalah. Anda dapat mengubah mode pesawat dengan langkah-langkah berikut-

Langkah 1. Tarik bilah Pemberitahuan OPPO Realme 2 Anda ke bawah.

Langkah 2. Gulir sedikit ke kiri bar notifikasi sampai Anda menemukan Mode Pesawat.

Langkah 3. Ketuk opsi mode Pesawat dan dengan demikian Anda mengaktifkannya.

Langkah 4. Pesan konfirmasi akan muncul tepat setelah Anda menekan opsi itu untuk menyelesaikan pilihan Anda.

Langkah 5. Setelah Anda menekan Ok pada pesan konfirmasi, tunggu setengah menit lalu matikan lagi.

Proses ini akan membantu.

Masukkan Kartu SIM dengan Benar pada Slot

Terkadang terburu-buru atau kecerobohan, Anda menempatkan kartu SIM secara tidak tepat ke dalam slot dan inilah yang menyebabkan masalah lebih lanjut. Saat meletakkan Kartu SIM di slotnya, Anda harus memperhatikan bagaimana Anda memasukkannya dan memasukkannya dengan benar atau tidak.

Sedikit tekanan pada tugas dapat membantu tetapi berhati-hati untuk tidak merusak Kartu SIM karena itu membentuk satu bagian yang rumit. Jika SIM tidak berada di tempat yang seharusnya, Anda dapat mencoba memasukkan selembar kertas atau merekamnya dari luar agar tidak jatuh dari tempatnya.

Uji SIM Card

Kadang-kadang, masalahnya mungkin terletak pada Kartu SIM tetapi Anda mungkin berpikir itu adalah kesalahan perangkat Anda. Cara yang lebih baik untuk mengatasi situasi khusus ini adalah memeriksa apakah Kartu SIM berfungsi atau tidak pada perangkat lain dari penyedia jaringan yang sama. Jika SIM berfungsi di sana, masalah berada di Oppo Realme 2 dan 2 Pro Anda dan jika tidak, berarti Kartu SIM rusak.

Pilih Operator Jaringan Dengan Tepat

Tidak memilih operator jaringan yang sesuai dapat menjadi alasan bahwa perangkat Anda tidak mengenali Kartu SIM. Dalam hal ini, sangat penting untuk memeriksa bahwa operator jaringan perangkat Anda sama dengan operator yang Anda gunakan. Jika Anda mengetahui bahwa keduanya berbeda, cobalah membuat hal yang sama dengan metode yang diberikan di bawah ini. Baca juga: Cara Split Screen Hp Realme Series.

Langkah 1. Pergi ke Pengaturan dari OPPO Realme 2 Pro Anda.

Langkah 2 . Sekarang klik opsi Jaringan Lainnya dan menuju ke Jaringan Seluler.

Langkah 3. Ketuk Operator Jaringan. Di sini, klik opsi Jaringan Pencarian. Ini akan memulai pencarian untuk jaringan yang tersedia dan memberi Anda daftar semua jaringan yang tersedia di layar Anda. Di sana, pilih operator jaringan yang Anda gunakan yaitu Kartu SIM. Ini akan menghasilkan koneksi yang tepat antara perangkat dan Kartu SIM.

Pilih Mode Jaringan Otomatis

Mode jaringan pada Realme 2 dan 2 Pro Anda memainkan peran penting dalam mendukung masalah jaringan. Jika mode jaringan Anda tidak dalam pengaturan yang benar, Anda mungkin menghadapi banyak masalah, pertama-tama Kartu SIM Anda tidak terbaca pada perangkat Anda. Oleh karena itu untuk menangani masalah ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut -

Langkah 1. Pergi ke Pengaturan OPPO Realme 2 Anda.

Langkah 2. Di bagian koneksi, cari More Networks.

Langkah 3. Di menu ini, pilih Jaringan Seluler.

Langkah 4. Kemudian menuju ke Mode Jaringan.

Langkah 5. Sebuah pop up akan muncul di layar dengan opsi. Dari itu, pilih opsi- LTE / WCDMA / GSM (Auto-Connect).

Ini memastikan OPPO Realme 2 Anda akan terhubung ke jaringan yang tersedia. Jika Anda memilih opsi yang salah atau lainnya, pasti ada satu atau beberapa jenis kesalahan SIM lainnya.

Realme 2 Basah dan Menunjukkan No SIM

Salah satu skenario terburuk ponsel Anda bisa masuk. Menjatuhkan ponsel Anda secara keliru dalam air dapat memicu Anda ke tingkat gangguan tertinggi. Jika Anda pernah melalui fase ini dan karena itu telepon Anda menunjukkan Anda "Tidak ada SIM" kesalahan, maka sirkuit slot SIM Anda mungkin telah rusak karena bersentuhan dengan air.

Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan membiarkan OPPO Realme 2 pro Anda benar-benar habis. Untuk ini, keluarkan penutup belakang perangkat Anda, jika baterai dilepas, keluarkan itu juga bersama dengan Kartu SIM dan taruh semua barang ini dalam kantong beras atau kain perendaman.

Biarkan telepon beristirahat selama satu atau dua hari dan keringkan sepenuhnya. Setelah itu keluarkan barang-barang dan periksa apakah telepon Anda berfungsi dengan baik. Jika masih, telepon tidak merespons, sudah saatnya Anda bertemu seorang profesional.

Hapus Data dan Cache di Realme 2 dan 2 Pro

Tempat sampah yang penuh sesak mungkin menjadi alasan untuk tidak mengenali Kartu SIM Anda. Anda mungkin memiliki pertanyaan tentang bagaimana ini terkait. Tetapi karena berbagai organ sistem bekerja sama untuk menjaga agar tubuh dan metabolisme tetap berjalan, berbagai bagian telepon tetap berfungsi.

Menghapus Cache dan data OPPO Realme 2 dapat membantu Anda mengatasi sebagian besar masalah dan meningkatkan pengalaman yang lebih lancar pada proksi Oppo Realme 2 Anda. Untuk tujuan ini, Anda harus menuju ke Pengaturan> Penyimpanan> Penyimpanan Internal> Data Cache.

Ketuk opsi terakhir Anda dari atas dan konfirmasikan dengan OK ketika jendela konfirmasi muncul. Dengan mengonfirmasi ini, semua data cache Anda akan dihapus, termasuk data aplikasi. Untuk beberapa aplikasi, Anda akan diminta untuk masuk terlebih dahulu. Prosesnya mungkin memakan waktu lebih lama tetapi akan memberikan hasil yang lebih baik. Baca juga: Trik Fitur Tersembunyi di Realme 2 dan 2 Pro.

Jika Anda ingin memiliki Partisi Cache di OPPO Realme 2 dan 2 Pro Anda, Anda harus memasuki Mode Recovery dengan menggunakan kombinasi tombol-tombol tertentu. Ini khusus untuk perangkat tertentu. Ini dapat berubah sesuai dengan perangkat. Saat Anda memasuki Mode Recovery, Anda harus menggunakan tombol Volume Naik dan Volume Turun untuk menavigasi dan Menghapus Partisi Cache. Ketika Anda selesai dengan proses partisi cache Anda mungkin melihat perubahan.

Pilih Manual APN dan Protokol APN

Beberapa pengaturan Oppo Realme 2 Pro Anda di Pengaturan Jaringan Seluler mungkin menjadi alasan bahwa perangkat Anda tidak mengenali SIM. Anda harus memeriksa apakah semua pengaturan dapat diandalkan.

Untuk memilih APN secara manual, Anda harus menuju ke Pengaturan> Jaringan Seluler> Nama Titik Akses. Kemudian Tambahkan Pengaturan APN dari situs web operator Anda dan pilih mereka. Jika Protokol APN diatur ke IPV6 Anda harus mengubahnya ke IPV4.

Factory Data Reset OPPO Realme 2 dan 2 Pro

Jika bahkan setelah mencoba semua opsi di atas, Oppo Realme 2 pro Anda tidak mengenali Kartu SIM atau menunjukkan kesalahan apa pun saat melakukannya, opsi lanjutan di tangan Anda adalah mereset Oppo Realme 2 dan 2 Pro Anda ke pengaturan pabrik.

Seperti yang Anda ketahui, setelah mengembalikan ke setelan pabrik, semua data di ponsel Anda akan hilang, semua aplikasi pihak ketiga, semua data yang terkait juga. Perangkat ini pada dasarnya akan kembali ke bagaimana ia keluar dari pabrik.

Karena Anda akan kehilangan semua data Anda, itu adalah prasyarat yang disarankan bahwa Anda memiliki cadangan dari semua itu. Hanya kemudian dan kemudian menuju ke prosedur mencadangkan data Anda.

Langkah 1. Pergi ke Pengaturan OPPO Realme 2 pro.

Langkah 2. Cari opsi BackUp dan Reset dan ketuk di atasnya.

Langkah 3. Pastikan untuk menekan pada Backup dan juga Recovery otomatis sebelum mengembalikan ke setelan pabrik.

Langkah 4. Setelah Anda selesai dengan proses di atas, ketuk Reset Telepon.

Update Software Menyebabkan Masalah Kartu SIM

Meskipun motif utama dari pembaruan perangkat lunak adalah untuk memastikan pengalaman bekerja yang lebih baik, pengalaman yang ditingkatkan, dan keamanan yang lebih tinggi untuk perangkat. Namun, kadang-kadang, versi lama dari perusahaan tertentu tidak cukup mampu untuk memenuhi tuntutan dan kecepatan yang lebih tinggi dari fitur yang dimodifikasi ini.

Dan karenanya efeknya terlihat pada perangkat di berbagai alat dan fungsi itu. Alih-alih perangkat menjadi lebih baik di tempat kerja, itu menjadi buruk. Pada saat seperti itu, satu-satunya pilihan yang tersisa di tangan Anda adalah untuk downgrade OS Android Anda.

Tapi sebelum datang ke kesimpulan lebih besar seperti itu langsung mencoba metode yang diberikan di atas yang merupakan 90% Penyebab masalah ini. Jika Anda masih gagal untuk mengurangi masalah, dan Anda membuat pembaruan baru-baru ini karena Anda pikir perangkat tidak bereaksi dengan baik dan terutama ke Kartu SIM, kemudian downgrade adalah satu-satunya pilihan yang tersisa untuk Anda.

Untuk Tujuan ini, Anda harus pergi ke Pengaturan ponsel OPPO Realme 2 dan mengatur ulang perangkat Anda ke pengaturan pabrik setelah Anda selesai mencadangkan data. Ketika Anda selesai dengan ini, periksa apakah masalah masih berlanjut. Jika tidak, Anda memiliki hal yang benar.

Update Android Terbaru di Realme 2 dan 2 Pro

Jika tidak ada yang berfungsi dan pembaruan OS Oppo Realme 2 Anda tersedia, inilah saatnya Anda melakukan pembaruan untuk itu. Sebagian besar pengaturan baru, fitur, dan hal-hal dapat membantu Anda dengan masalah telepon Anda saat ini.

Pertanyaannya adalah bagaimana memeriksa apakah pembaruan tersedia untuk OPPO Realme 2 Anda. Untuk tujuan ini, Anda harus memeriksanya melalui pengaturan perangkat Anda dan membuatnya jika tersedia. Anda dapat memeriksanya dari Pengaturan-> Pembaruan Sistem> Periksa Pembaruan Sistem. Jika ada pembaruan yang tersedia, instal. Dan ini dapat memecahkan banyak masalah Anda.

Ganti Lokasi

Mungkin alasan mengapa ponsel Anda tidak merespons sebagaimana seharusnya pada SIM Card adalah bahwa Anda berada di zona di mana tidak ada jangkauan jaringan sama sekali. Anda dapat mencoba memeriksa apakah perangkat lain dengan penyedia jaringan yang sama memiliki rentang untuk Kartu SIMnya di dekat Anda. Jika tidak maka masalahnya terletak pada OPPO Realme 2 Anda. Tetapi jika perangkat lain tidak mengenali SIM atau memiliki masalah jaringan di tempat tersebut, Anda tidak perlu khawatir. Ini karena tempat Anda berada memiliki berbagai masalah. Baca juga: Cara Root Realme 2 Pro Tanpa PC.

Cek NULL dan IMEI

Masalah SIM dan jaringan OPPO Realme 2 dan 2 Pro Anda sangat terkait dengan nomor IMEI Anda. Periksa berapa nomor IMEI dari Oppo Realme 2 Anda. Salah satu metode untuk melakukan ini dengan menekan * # 06 # pada tombol nomor pada perangkat Anda atau Anda juga bisa pergi ke Pengaturan> Tentang Perangkat.

Jika nomor IMEI setelah memeriksa di atas dua cara menunjukkan sebagai TIDAK DIKETAHUI, maka itu adalah tanda bahwa ponsel Anda adalah pelakunya dan perlu diubah. Beberapa nomor IMEI juga dapat menunjukkan jika itu rusak.

Anda dapat mengembalikan ini dengan memasuki Mode Engineer yang harus Anda download di aplikasi Engineer Mode atau cukup tekan * # * # 3646633 # * # *.

Catatan: Ini adalah hal yang sangat teknis dan jika Anda bukan pengguna lanjutan dari Oppo Realme 2 dan 2 Pro, kami sarankan Anda untuk tidak melakukan langkah-langkah di bawah ini atau masuk ke Mode Engineer karena ini dapat membuat perangkat Anda berisiko. Admin tidak akan bertanggung jawab atas kerugian yang Anda hadapi. Jika Anda mau, lakukan metode ini dengan risiko Anda sendiri.

Apa yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah, arahkan ke Tab Konektivitas. Di sana, Klik pada Informasi CDS. Pilih opsi Informasi Radio. Jika perangkat Anda adalah Dual SIM, Anda akan melihat Telepon 1 dan Telepon 2. Di bawah Telepon 1, masukkan perintah:

AT + EGMR = 1,7, "IMEI1"

Kemudian klik Kirim pada Perintah.

Di bawah Telepon 2, masukkan perintah yang diberikan di bawah ini.

AT + EGMR = 1,10, "IMEI2"

Kemudian Reboot perangkat Anda.

Uninstall Aplikasi Pihak Ketiga

Aplikasi Pihak Ketiga mungkin menjadi alasan bahwa perangkat Anda tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika Anda berpikir bahwa setelah menginstal aplikasi tertentu, perangkat Anda memiliki beberapa masalah, dalam hal ini, terutama masalah jaringan, maka sekarang saatnya untuk memeriksa apakah itu benar.

Anda dapat mengetahui apakah ada aplikasi pihak ketiga yang merusak perangkat Anda dengan memasukkan Safe Mode di OPPO Realme 2. Anda dapat melakukannya dengan menekan kombinasi tombol tertentu (Tombol Home, Volume Naik, dan Volume Turun dan Tombol Power tergantung pada perangkat yang Anda gunakan.) Setelah Anda memasuki mode Aman, Anda akan melihat tag di sebelah kiri. bagian bawah perangkat Anda di mana Anda akan tahu bahwa perangkat dalam mode aman.

Jalankan perangkat Anda selama beberapa jam dalam mode aman dan lihat apakah masalahnya masih berlanjut atau hilang. Jika masalahnya masih ada, kesalahannya mungkin ada di perangkat Anda. Tetapi jika Anda tidak menemui masalah apa pun maka itu adalah aplikasi pihak ketiga yang menyebabkannya.

Sekian penjelasan dari admin mengenai cara mengatasi kartu SIM tidak terbaca di Realme 2 dan 2 Pro. Semoga bermanfaat. Baca juga: Masalah Umum di Realme 1 dan Cara Mengatasinya.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Anda Sopan Kami Segan. Tunjukkan seberapa tinggi dirimu dari bahasamu.