Trik Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A30

Trik Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy A50 dan Galaxy A30 -- Setelah merilis seri Galaxy M-nya, Samsung juga meluncurkan Galaxy A30 dan Galaxy A50 untuk pasar offline. Dalam banyak hal, handset ini lebih baik daripada Samsung yang hanya menawarkan online seri M dan menawarkan banyak fitur baru. Jika Anda sudah membeli Galaxy A30 atau Galaxy A50 atau berencana membelinya, lihat tips dan trik tersembunyi Galaxy A50 dan Galaxy A30 untuk memaksimalkannya. Baca juga: Fitur Trik Tersembunyi Galaxy M20.

Trik Tersembunyi Samsung Galaxy A50

Tips dan trik di bawah ini untuk Galaxy A30 dan Galaxy A50 akan membantu Anda menemukan beberapa fitur tersembunyi dari perangkat ini, meningkatkan kegunaan keseluruhan, dan banyak lagi.

Trik Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy A30 dan Galaxy A50

Adapun daftar fitur tersembunyi Samsung Galaxy A30 dan Galaxy A50 kami sampaikan dengan detail di bawah ini. Pastikan Anda membacanya sehingga Anda mahir dalam menggunakannya di kemudian hari. Tidak hanya sekedar mematikannya namun juga memaksimalkan semua fitur yang ada di dalamnya. Baca juga: Trik Pengaturan Kamera Samsung Galaxy M20.

Capture Foto dengan 25 MP

Meskipun datang dengan kamera 25MP, Galaxy A50 mengambil foto dalam 12MP secara default. Itu pasti agak aneh, meskipun Anda dapat dengan mudah beralih untuk mengambil foto dalam 25MP. Buka aplikasi kamera, ketuk tombol rasio aspek dan pilih opsi 3: 4H. Ini akan memastikan semua foto diambil dan disimpan dalam 25MP di Galaxy A50.

Tombol Shutter Yang Mengambang

Tombol rana / shutter di aplikasi kamera Galaxy A30 dan Galaxy A50 dapat dipindahkan di sekitar jendela bidik kamera sesuai keinginan Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah seret tombol rana dan letakkan di mana saja yang Anda suka di jendela bidik. Memindahkan tombol rana akan membuatnya lebih mudah untuk menangkap selfie pada Galaxy A30 dan A50.

Hemat Ruang dengan Menggunakan HEIF / HEVC

Jika Anda memotret banyak foto dan video, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menyimpan foto dalam format HEIF dan merekam video dalam HEVC pada Galaxy A30 dan A50. Melakukannya akan menyebabkan penghematan ruang yang cukup besar, meskipun perlu dicatat bahwa ponsel dan PC lama tidak akan mendukung file media HEIF / HEVC.

Mode Malam

Galaxy A30 dan A50 keduanya menampilkan layar Super AMOLED yang besar dan indah. Dan tampilan AMOLED adalah yang terbaik ketika mereka menampilkan konten gelap atau hitam. Dengan One UI pada Galaxy A30 dan A50, Samsung menawarkan mode Malam yang merupakan system wide dark mode. Android sendiri tidak memiliki mode gelap tetapi Samsung telah memastikan untuk memasukkan satu di One UI. Baca juga: Trik Fitur Tersembunyi Samsung Galaxy M10.

Pada perangkat dengan layar AMOLED, mode gelap akan membantu menghemat masa pakai baterai. Plus, itu juga sangat mudah di mata juga. Anda dapat mengaktifkan mode Malam di Galaxy A30 dan A50 dari Pengaturan -> Tampilan dan mengaktifkan opsi mode Malam.

Cara Ganti Font Galaxy A50 dan Galaxy A30

Salah satu aspek terbaik dari Samsung One UI adalah banyaknya pilihan penyesuaian yang ditawarkannya. Pada Galaxy A30 dan A50, jika Anda tidak terlalu menyukai font sistem default atau bosan dengan itu, Anda dapat beralih ke font lain juga. Font sistem baru juga akan membantu menyegarkan UI jika Anda sudah bosan dengannya.

Untuk mengubah font sistem pada Galaxy A30 atau Galaxy A50,  buka Pengaturan -> Tampilan -> Ukuran dan gaya font. Pilih salah satu font pra-instal yang Anda suka atau Anda selalu dapat mengunduh lebih banyak font dari Samsung App Store Galaxy.

Gesture Navigasi

Galaxy A30 dan A50 datang dengan bilah navigasi secara default. Namun, jika Anda mau, Anda juga dapat mengaktifkan gerakan navigasi di handset. Cukup buka Pengaturan -> Tampilan -> Bilah navigasi dan aktifkan opsi Full Screen Gesture. Gerakan Samsung bekerja dengan cara yang sama dengan bilah navigasi mereka. Ini berarti, Anda menggeser ke atas dari tepi kiri layar untuk kembali, menggeser ke atas dari tengah untuk pergi ke layar home, sedangkan gesek ke atas dari sisi kanan layar akan memunculkan daftar Aplikasi Terbaru.

Always on Display

Samsung telah memasukkan beberapa fitur perangkat andalannya di Galaxy A30 dan A50. Ini termasuk fitur Always On Display yang berguna yang membuat layar AMOLED pada A30 dan A50 selalu dalam kondisi rendah daya. Dalam mode Always On Display, layar AMOLED A30 dan A50 akan menunjukkan waktu dan tanggal bersama dengan notifikasi Anda yang belum dibaca.

Secara default, Always On Display diatur untuk memicu secara otomatis ketika Anda mengetuk tampilan satu kali. Namun, Anda dapat mengaturnya agar selalu aktif. Cukup buka Pengaturan -> Kunci layar -> Always on Display dan ubah Display Mode ke Show Always.

Digital Wellbeing

Galaxy A30 dan A50 hadir dengan fitur Digital Wellbeing yang akan memberi Anda rincian jumlah waktu yang Anda habiskan di dalam aplikasi, jumlah notifikasi yang Anda terima setiap hari, dan banyak lagi. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk mengekang ponsel cerdas atau kecanduan PUBG Anda dengan membatasi jumlah waktu yang Anda habiskan setiap hari di dalam setiap aplikasi.

Pastikan untuk mengatur Digital Wellbeing sesuai dengan keinginan Anda dari Pengaturan -> Digital Wellbeing .

Motion Gestures

Galaxy A30 dan A50 menampilkan banyak gesture berguna. Beberapa diaktifkan secara default sementara yang lain harus diaktifkan secara manual. Beberapa gerakan seperti lift to wake, double tap to wake, dan smart alert diaktifkan di luar kotak, meskipun beberapa pengguna mungkin merasa kesal. Baca juga: Cara Hard Reset Samsung Galaxy M20.

Mengaktifkan / menonaktifkan berbagai gesture di Galaxy A30 dan Galaxy A50 dari Pengaturan -> Fitur lanjutan -> Motion and gestures.

Adaptasi Suara

Galaxy A30 dan Galaxy A50 juga hadir dengan Adapt Sound, sebuah fitur yang biasanya ditemukan pada perangkat Samsung andalan. Seperti namanya, menggunakan fitur ini, seseorang dapat men-tweak output suara melalui earphone dari telepon untuk beradaptasi dengan pendengaran mereka sendiri. Ini adalah fitur hebat untuk dimiliki jika Anda memiliki earphone yang layak dan penggemar musik.

Anda dapat mengatur Suara Adaptasi pada Galaxy M20 dan M30 Anda dari  Pengaturan → Suara → adapt sound.

Mengaktifkan Dolby Atmos

Tips bermanfaat lainnya terkait dengan sound untuk Galaxy A30 dan A50 yaitu hp ini dilengkapi dengan dukungan Dolby Atmos, meskipun tidak seperti perangkat unggulan Samsung, ini hanya tersedia untuk output suara melalui jack headphone.

Jika Anda mengonsumsi banyak konten melalui Galaxy A30 atau A50, Anda akan menyukai peningkatan suara yang dibawakan Dolby Atmos. Pastikan untuk mengaktifkannya dari Pengaturan → Suara dan Getaran → Kualitas dan efek suara. Cukup aktifkan sakelar Dolby Atmos dari sini. Anda dapat mempertahankan pengaturan Dolby Atmos ke Auto, meskipun jika Anda terutama melihat film, Anda dapat beralih ke mode Film.

Lock Screen Stories

Kami tidak terlalu menyukai fitur Lock Screen Stories pada Galaxy A30 dan A50 yang pada dasarnya mengubah wallpaper layar kunci setiap kali Anda membuka kunci ponsel. Untungnya, fitur yang mengganggu ini dapat dimatikan dengan menuju ke Pengaturan → Lock Screen → Lock Screen Stories dan matikan fitur tersebut.

Sekian dahulu penjelasan kami mengenai 12 Trik Fitur Tersembunyi di Samsung Galaxy A30 dan Galaxy A50. Semoga bermanfaat. Baca juga: Masalah Umum di Samsung Galaxy M20.