Who Viewed My Facebook Profile, Benarkah Kita Bisa Mengetahuinya?

Who Viewed My Facebook Profile -- Salah satu pertanyaan terbesar yang diajukan pengguna tentang Facebook adalah apakah Anda dapat melihat siapa yang telah melihat profil Anda ya kalau dalam bahasa Inggris Who Viewed My Facebook Profile. Bahkan, sekilas melalui hasil pencarian menunjukkan puluhan aplikasi dan layanan yang mengklaim memungkinkan Anda melihat informasi ini. Baca juga: FHJ Caught Verify Error Facebook Adalah....

Aplikasi Who Viewed My Facebook Profile

Tetapi haruskah Anda percaya pada mereka? Apakah benar-benar ada semacam cara untuk mengetahui siapa yang melihat profil Facebook Anda? Dalam artikel ini, kami menjawab pertanyaan itu, dan menghilangkan beberapa mitos seputar masalah ini.

Dapatkah Kita Mengetahui Who Viewed My Facebook Profile?

Meskipun ini adalah salah satu mitos Facebook tertua dan paling umum, banyak pengguna masih memiliki harapan. Tetapi kata resmi dari Facebook adalah: Tidak, tidak ada cara untuk memeriksa siapa yang telah melihat profil Facebook Anda.

Facebook telah mengkonfirmasi ini dalam jawaban di situs pusat bantuan mereka, dengan menyatakan, “Tidak, Facebook tidak membiarkan orang melacak siapa yang melihat profil mereka. Aplikasi pihak ketiga juga tidak dapat menyediakan fungsionalitas ini."

Ada banyak hal yang dilacak Facebook; Facebook melacak lokasi Anda, riwayat penjelajahan Anda, dan berbagai kebiasaan lainnya. Padahal, Facebook adalah mimpi buruk privasi.

Tapi masalahnya, Facebook tidak melakukan semua pelacakan informasi ini untuk Anda atau sesama pengguna. Ini melakukan tugasnya untuk platform periklanan perusahaan. Karenanya informasi ini tidak tersedia untuk Anda telusuri.

Jika Facebook memang menawarkan informasi ini, Anda akan mengetahuinya. Pikirkan LinkedIn — pengguna yang tidak memiliki akun premium sering menerima pemberitahuan bahwa profil mereka telah dilihat. Untuk melihat siapa yang telah melihat profil LinkedIn Anda, Anda dapat membayar untuk paket premium.

Fakta ini sering diiklankan oleh jaringan. Sebaliknya, Facebook tidak menawarkan informasi ini kepada pengguna. Ini kemungkinan disebabkan oleh fakta bahwa LinkedIn adalah jaringan profesional, sementara Facebook kebanyakan bersifat pribadi. Mampu melihat siapa yang mengunjungi profil Anda di Facebook bisa memalukan bagi mereka yang melakukannya — terutama mantan, pengagum rahasia, atau kenalan. Baca juga: Cara Facebook Dark Mode.

Menawarkan opsi untuk melihat profil pengunjung di Facebook kemungkinan akan menghalangi orang untuk menggunakan layanan ini. Jadi perusahaan tidak menawarkan informasi ini melalui aplikasi atau kode sumber apa pun yang menghadap publik.

Adakah Aplikasi untuk Who Viewed My Facebook Profile?

Jadi, jika tidak ada cara untuk melihat siapa yang telah melihat profil Anda, mengapa begitu banyak aplikasi mengklaim bahwa mereka bisa? Banyak dari ini terkait dengan pemanenan data.

Skandal Cambridge Analytica memusatkan perhatian pada seberapa banyak informasi dapat diambil melalui aplikasi. Facebook telah menindak banyak aplikasi yang cerdik, tetapi selalu ada yang lolos. Faktanya, Facebook adalah alat yang populer untuk mencuri data.

Skenario kasus terbaik (yang masih belum bagus) adalah bahwa aplikasi ini menggunakan data Anda untuk dijual ke perusahaan periklanan. Kasus terburuk adalah aplikasi sebenarnya menyembunyikan malware. Kasus terakhir sangat mengkhawatirkan, karena malware dapat digunakan untuk mengakses informasi kartu kredit dan data sensitif lainnya.

Apa pun itu, tidak ada aplikasi ini yang sah. Dan Facebook merekomendasikan Anda untuk melaporkan aplikasi apa pun yang mengklaim menawarkan fitur ini.

Jika Anda sudah menginstal salah satu aplikasi ini, masih ada harapan. Jika Anda ingin tahu apa yang harus dilakukan untuk memulihkan privasi Anda.

Data Apa Yang Dapat Anda Lihat Di Facebook?

Meskipun Facebook tidak akan membiarkan Anda melihat siapa yang telah melihat profil Anda, ada informasi lain yang dapat Anda peroleh tentang profil Anda. Tapi ini dilakukan melalui alat asli di situs web Facebook dan bukan aplikasi pihak ketiga.

Seiring waktu, Facebook menjadi semakin ketat dengan kebijakan datanya. Akibatnya, banyak aplikasi yang memberikan ringkasan informasi profil tidak lagi berfungsi atau memiliki fungsi yang sangat terbatas. Bahkan situs-situs terkenal seperti Klout menutup pintu mereka. Pasar untuk jenis layanan ini telah menurun secara signifikan. Ini sebagian besar disebabkan oleh perubahan kebijakan dan kenyataan bahwa orang-orang jauh lebih waspada tentang izin aplikasi saat ini.

Meskipun demikian, Anda masih dapat menggunakan beberapa alat Facebook untuk mendapatkan ikhtisar informasi tertentu. Informasi ini tidak memiliki kedalaman yang sama dengan layanan sebelumnya ketika kebijakan jauh lebih longgar.

Jika Anda ingin ringkasan interaksi Anda dengan teman Facebook, Anda dapat menggunakan alat See Friendship. Anda dapat mengakses alat ini dengan mengunjungi halaman profil teman Anda dan mengklik menu tarik turun di sebelah ikon pesan. Anda akan melihat opsi untuk melihat riwayat pertemanan Anda, serta fitur-fitur lama seperti Colek.

Halaman “see friendship” mengumpulkan foto, tulisan di dinding, dan riwayat pertemanan yang saling ditandai. Jumlah informasi pada halaman akan berbeda dari teman ke teman.

Log Aktivitas Facebook Anda

Jika Anda ingin melihat informasi tentang aktivitas pribadi Anda di Facebook, Anda dapat mengunjungi log aktivitas Anda. Log ini dapat diakses melalui menu tarik turun kanan-atas di bilah alat Facebook.

Di sini Anda akan melihat ringkasan suka, posting, tag, dan informasi lainnya. Anda juga dapat mencari di log untuk kegiatan tertentu, seperti check-in lokasi.

Jika Anda memiliki halaman Facebook dengan lebih dari 30 Suka, Anda juga dapat mengakses tab Facebook Insights untuk melihat informasi lebih lanjut tentang jangkauan dan pengikut posting Anda. Namun, penting untuk dicatat bahwa Halaman Facebook bersifat publik, seperti yang dijelaskan dalam halaman Facebook utama vs Grup kami, dan berbeda dengan profil Facebook pribadi.

Apa Yang Lainnya Dapat Diketahui dari Facebook?

Bahkan jika Facebook tidak memberi Anda ringkasan semua hal yang diketahui tentang Anda, ia memiliki banyak data tentang pengguna. Berkat peraturan GDPR, Facebook harus memberi Anda arsip semua data Anda.

Namun, jika Anda tidak berminat untuk menelusuri file yang tak terhitung jumlahnya tanpa konteks, layanan tertentu akan memberi Anda gambaran yang lebih baik. Aplikasi ini bertujuan untuk membantu Anda mengamankan privasi Anda.

Sekian informasi kami mengenai kebenaran aplikasi Who Viewed My Facebook Profile. Semoga berguna. Baca juga: Facebook Tidak Bisa Upload Foto Lewat Hp, Ini Solusinya.