Cara Melihat Sisa RAM Hp Xiaomi Yang Berbasis OS Android 8.0 Oreo

Cara Melihat Sisa RAM Hp Xiaomi -- Dengan Android Oreo, Google memperkenalkan banyak fitur baru tetapi juga menghapus beberapa fitur pada saat yang bersamaan. Di sini kita akan berbicara tentang penggunaan RAM dan menghapus cache. Dalam posting ini, admin akan memberi tahu Anda dua metode untuk melihat sisa RAM yang tersedia di Android Oreo 8.0+. Tidak terkecuali pada Hp Xiaomi yang berbasis OS Android 8.0 Oreo. Baik itu, Xiaomi Mi A1, Mi A2, Mi A2 Lite, Mi Mix 2, Mi 6, Mi Mix, Mi Note 3, Mi Max 2, Redmi Note 4, Redmi 5A / Redmi Y1 Lite, dan Redmi Note 5A/ Prime. Baca juga: Cara Cek Status UBL Xiaomi.

Cara Melihat Sisa RAM Hp Xiaomi

Pengguna Android memiliki kebiasaan melihat dan menghapus RAM yang tersedia di perangkat mereka. Mereka juga cenderung membersihkan cache ketika penyimpanan internal semakin rendah. Google telah mengambil kedua fitur ini di Android Oreo.

Alasannya? Google ingin Android menangani kedua tugas ini sendiri. Tidak ingin pengguna mengacaukan dua hal ini. Tapi, selalu ada solusi ketika datang ke Android. Jika Anda kehilangan fitur RAM yang tersedia, jangan khawatir. Itu ada di ponsel Anda. Hanya tersembunyi.

Ada dua cara untuk memeriksa sisa RAM yang tersedia pada perangkat Xiaomi yang menjalankan Android 8.0+ Oreo:
  • Dari opsi Pengembang.
  • Menggunakan widget memori.
Kita akan membahas keduanya sedetail mungkin di bawah ini nanti. Jadi pastikan Anda terus membaca sampai dengan selesai.

Cara Melihat Sisa RAM Hp Xiaomi di Android 8.0 Oreo

Akan ada dua cara seperti yang sudah disebutkan di atas. Anda memiliki pilihan cara melihat sisa RAM di hp Xiaomi dari Opsi Pengembang dan memakai widget memori. Admin akan membahas satu demi satu. Jadi kita mulai dari yang pertama terlebih dahulu. Baca juga: Cara Melacak Hp Xiaomi Yang Hilang.

Lihat Sisa RAM Xiaomi Dari Opsi Pengembang

Di beberapa perangkat seperti seri Google Pixel sendiri, opsi RAM ada di Setelan itu sendiri tetapi agak terkubur. Anda harus mengaktifkan opsi Pengembang untuk mengakses penggunaan memori. Inilah yang perlu Anda lakukan:

Langkah 1: Buka Pengaturan pada perangkat Oreo Anda dan arahkan ke Sistem. Di bawah Sistem, ketuk Tentang ponsel.

Langkah 2: Temukan opsi Build Number dan ketuk tujuh kali hingga Anda menerima pemberitahuan yang mengatakan, ‘Anda sekarang pengembang!’.

Langkah 3: Kembali ke pengaturan Sistem (Pengaturan> Sistem). Anda akan menemukan opsi baru dengan nama opsi pengembang ({}). Ketuk.

Pada perangkat Pixel, opsi Memori akan menjadi yang pertama dalam daftar. Untuk perangkat lain misalnya Xiaomi, gulir ke bawah dan tekan opsi Memori untuk melihat penggunaan memori.

Langkah 4: Setelah Anda mengetuk opsi Memori, Anda akan melihat penggunaan memori rata-rata. Periode waktu default ditetapkan menjadi 3 jam. Anda dapat beralih antara 3, 6, 12 jam atau 1 hari untuk melihat penggunaan rata-rata.

Anda juga dapat memeriksa penggunaan memori individual untuk setiap aplikasi di sini. Ketuk Memori yang digunakan oleh opsi aplikasi. Mirip dengan total penggunaan memori, Anda dapat melihat memori yang dikonsumsi oleh setiap aplikasi selama berbagai durasi seperti 3 jam, 6 jam, dll.

Tips: Untuk mengurutkan aplikasi dengan penggunaan maksimum, ketuk ikon tiga titik di sudut kanan atas dan pilih opsi Urutkan berdasarkan maks. Baca juga: 11 Tips dan Trik Unggulan Tersembunyi di Xiaomi Mi A1.

Lihat Sisa RAM Xiaomi dengan Widget

Jika metode di atas tidak berhasil untuk Anda, jangan khawatir. Ada cara lain untuk memeriksa RAM pada ponsel Xiaomi OS Android 8.0 Oreo Anda. Metode ini melibatkan penggunaan widget. Ikuti langkah-langkah ini untuk memeriksa RAM di perangkat Xiaomi Anda:

Langkah 1: Di layar beranda ponsel Android Anda, sentuh lama ruang kosong. Lalu ketuk opsi Widget di bagian bawah. Gulir ke bawah di bagian Widget dan pilih Pengaturan. Pegang dan seret ke layar beranda.

Langkah 2: Layar shortcut Pengaturan baru akan muncul. Gulir ke bawah dan ketuk Memori. Anda akan melihat ikon baru dengan nama Memori muncul di layar home. Ketuk ikon ini untuk melihat RAM di perangkat Android Oreo Anda.

Cara Menghapus Cache di Hp Xiaomi Android Oreo (Bonus)

Dengan Android Oreo, Google juga menghapus opsi untuk menghapus cache sistem dari perangkat secara manual.

Ide di balik penghapusan opsi clear cache dari Pengaturan adalah bahwa Android sendiri akan menghapus data cache untuk aplikasi tertentu setelah mencapai ambang batas. Dengan melakukan ini, Google ingin menyimpan data cache terakhir yang mudah diakses. Jadi, pada dasarnya, semua perangkat yang berjalan di Android Oreo seperti Google Pixel, Xiaomi Mi A1, Nokia 8 dll. Tidak memiliki opsi Clear Cache. Baca juga: Cara Merekam Layar Hp Xiaomi MIUI 8, MIUI 9 dan MIUI 10 Tanpa Root.

Namun, jika perangkat Anda berjalan lambat atau Anda memiliki memori internal yang terbatas, Anda masih dapat menghapus cache menggunakan trik sederhana. Meskipun Google telah menghapus opsi Clear Cache utama, Google masih ada untuk masing-masing aplikasi. Anda perlu menghapus cache untuk setiap aplikasi secara manual. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk menghapus cache di ponsel Android Oreo:

Langkah 1: Buka Pengaturan di perangkat Anda dan arahkan ke Aplikasi & Pemberitahuan. Ketuk opsi Lihat semua aplikasi atau Info Aplikasi. Semua aplikasi yang dipasang di perangkat Anda akan tercantum di sini.

Langkah 2: Ketuk aplikasi, yang Anda ingin hapus cache. Misalnya, Anda akan hapus cache Facebook. Ketuk di Facebook, lalu tekan Storage di bawah Facebook.

Langkah 3: Ketuk Clear Cache. Demikian pula, ulangi langkah-langkah untuk aplikasi lain.

Anda juga dapat download aplikasi Google Files Go sendiri yang memungkinkan Anda menghapus file sampah dari perangkat Anda. Aplikasi ini memudahkan membersihkan cache untuk semua aplikasi dalam satu langkah.

Sekian informasi admin mengenai cara melihat sisa RAM Xiaomi di Android 8.0 Oreo. Apakah ini berlaku juga dengan Xiaomi yang berbasis Android 7.0 Nougat dan Android 6.0 Marshmallow? Ada kemungkinan masih bisa dipakai namun tidak semua tips di atas. MIUI 8, MIUI 9 dan MIUI 10 juga masih dapat menerapkan cara di atas. Baca juga: Cara Backup (Import dan Eksport) Kontak Xiaomi.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Pencuri Artikel Banci