Cara Jitu Cek UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Cepat

Cara Cek UBL Xiaomi -- Dalam setiap hp Android tentunya secara default akan disematkan bootloader yang berungsi sebagai alat bantu boot hp Android secara normal. Namun perlu Anda ingat bahwa Android merupakan project open source sehingga tersedia dalam berbagai jenis hardware yang sangat berbeda maka setiap vendor smartphone Android mempunyai kriteria bootloader sendiri-sendiri. Oleh karena itu, jika Anda seorang yang suka bongkar pasang hp Android, sangat riskan jika Anda sampai salah memasang ROM Android Anda. Baca juga: Cara Menghapus Ruang Kedua di Hp Xiaomi.

Cara Cek Unlock Bootloader Xiaomi

Walaupun Android adalah project open source namun setiap vendor tidak menginginkan setiap usernya menggunakan OS selain dari daripada OS yang memang sudah dirancang untuk perangkat tersebut. Dengan begitu, maka setiap vendor selalu mengunci bootlader pada smartphone miliknya. Ketika bootloader masih dalam keadaan yang terkunci maka hampir tidak ada jalan keluar untuk mengubah ROM bawaan hp Anda. Oleh karena itu, sangat disarankan kepada Anda semua sebelum melakukan penggantian Custom ROM maka silahkan cek UBL Hp Android Anda. Tidak terkecuali di hp Xiaomi Anda. Ya disini, Anda harus membuka kunci bootloader atau kalau istilah kerennya unlock bootloader.

Mulai pada pertengahan tahun 2016 yang lalu, hampir semua ROM Xiaomi yang telah dirilis ke publik telah memakai sistem lock bootloader. Tujuannya adalah agar dapat mengurangi peluang membuat hp Xiaomi palsu atau membatasi ruang gerak dari Distributor dengan ROM palsunya yang sudah banyak beredar di pasaran Indonesia. Dengan begini maka keamaan data pengguna juga lebih terjamin.

Oleh karena itu, apabila ingin mengetahui status bootloader Xiaomi Anda apakah telah di unlock atau masih belum, silahkan Anda ikuti tutorial di bawah ini untuk mengecek status UBL Xiaomi Anda.

Cara Mengecek Status Unlock Bootloader (UBL) Xiaomi MIUI 8 dan 9

Anda sebagai pengguna hp Xiaomi yang mau mengecek status UBL Anda, Anda bisa menggunakan cara jitu cek UBL Xiaomi di bawah ini. (Sebagai contoh admin ambil hp Xiaomi Redmi 5A dengan MIUI 9.6.2.0 milik sendiri). Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi Sistem di Xiaomi MIUI 10.
  • Anda harus sudah menjadi pengembang di hp Xiaomi Anda. Cara menjadi pengembang adalah dengan mengaktifkan Opsi Pengembang melalui Pengaturan > Tentang Ponsel > Ketuk 7 Kali Pada Bagian Versi MIUI > Tunggu sampai Anda mendapatkan pesan Anda Sekarang Menjadi Pengembang.
  • Selanjutnya, saat Anda masih di laman Tentang Ponsel ketuk kembali agar menuju laman Pengaturan hp Xiaomi Anda.
  • Langkah berikutnya, silahkan Anda pilih Setelan Tambahan.
  • Gulir kebawah hingga Anda menemukan pilihan Opsi Pengembang. Silahkan Anda ketuk.
  • Di laman Opsi Pengembang, gulir ke bawah hingga Anda menemukan pilihan Status Mi Unlock. Silahkan pilih bagian ini untuk cek UBL Xiaomi Anda.
  • Selesai. Anda bisa menemukan informasi UBL Xiaomi Anda.
Berhubung, Xiaomi Redmi 5A admin terbilang hp keluaran baru maka status Mi Unlock admin aktif. Artinya sistem keamanan Hp Xiaomi admin relatif terjamin namun masih belum terbuka. Dengan kata lain, jika admin mau membuka status bootloader ini, Admin harus melakukan root terlebih dahulu.

Cara Cek UBL Xiaomi dengan PC

Bagi Anda yang memiliki Xiaomi selain MIUI 8 dan MIUI 9 maka Anda tidak akan menemukan Status Mi Unlock. Oleh karena itu, Anda membutuhkan bantuan PC untuk mengecek status UBL Xiaomi Anda. Anda akan membutuhkan software bernama ADB Installer. Jadi hal pertama yang harus Anda lakukan adalah download dan install software ADB Installer di PC / Laptop Anda. Jangan lupa hubungkan Hp Xiaomi Anda dengan kabel USB agar dikenali oleh software ADB.

Berikutnya, jalankan aplikasinya. Saat sudah terbuka maka Anda harus masuk pada folder c:\adb. Jangan lupa pada langkah selanjutnya, Anda harus menekan tombol Shift + klik kanan di bagian yang kosong layar laptop/PC Anda. Kemudian pilih Open Command Window Here.... Pada kotak CMD yang keluar isikan perintah fastboot oem device-info. Kemudian ketuk Enter. Nah dari sini Anda akan mendapatkan informasi status UBL Xiaomi Anda. Lihat pada tulisan Device Unlock. Jika disana tertulis true maka hp Xiaomi Anda sudah Unlock Bootloader. Namun sebaliknya jika masih false maka Hp Xiaomi Anda masih locked bootloader.

Demikianlah paparan admin mengenai tata cara cek UBL (Unlock Bootloader) Xiaomi Anda. Semoga dengan informasi ini Anda bisa mengetahui status Mi Unlock di Hp Xiaomi Anda masing-masing. Entah itu Hp Xiaomi Mi A1, Xiaomi Mi Note 3, Xiaomi Mi Max 2, Mi MIX 2, Mi 6, Mi Pad 3, Mi 5c, Mi MIX, Mi 5s Plus, Mi Max, Mi Note 2, Mi 4s, Mi Pad 2, Mi 4c, Mi 5s, Mi 5, Mi Note, Mi 4, Mi Pad 7.9, Mi 2s, Mi 2, Redmi 5 Plus, Redmi 5A, Redmi 5, Redmi Y1, Redmi 4, Redmi 4A, Redmi 4 Prime, Redmi Pro, Redmi 3x, Redmi 3s, Redmi 3, Redmi 2A, Redmi 2, Redmi 1s, Redmi Note 4X, Redmi Note 4, Redmi Note 3, Redmi Note 2, Redmi Note. Baca juga: Cara Root dan Install TWRP Recovery di Xiaomi Redmi S2.