Begini Cara Mengatasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik Mudah

Cara Mengatasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik -- Pada bulan Mei 2018 yang lalu telah secara resmi aplikasi pemetaan Mutu PMP versi 2018.03 dirilis bersama dengan aplikasi dapodik. Oleh karena itu, aplikasi PMP akan berjalan dengan mulus jika aplikasi dapodik juga terpasang di laptop/komputer Anda. Cara kerja dari aplikasi PMP akan langsung terintegrasi dengan aplikasi dapodik sehingga data yang muncul di aplikasi PMP versi 2018.05 adalah data yang berasal dari aplikasi dapodik. Baca juga: Cara Cek Tagihan Pembayaran BPJS Kesehatan.

Cara Mengatasi Aplikasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik

Namun masalahnya belakang ini banyak muncul permasalahan terhadap aplikasi PMP. Yang jelas banyak yang mengatakan bahwa aplikasi PMP tidak terhubung dengan aplikasi dapodik. Oleh karena itu, pada kesempatan yang baik ini admin akan menjabarkan kepada Anda semua mengenai cara mengatasi aplikasi PMP tidka terhubung dengan aplikasi dapodik. Di sini nanti, Anda akan menemukan beberapa langkah mudah mengatasi aplikasi pemetaan Mutu PMP yang tidak terhubung dengan dapodik.

Cara Mengatasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik Mudah

Adapun cara untuk mengatasi aplikasi PMP tidak terhubung dengan dapodik dapat Anda simak di bawah ini. Semoga saja tips mengatasi PMP tidak terhubung dengan Dapodik ini berguna untuk sekolah Anda. Baca juga: Cara Ganti Password dan Email Pajak Online.
  1. Install aplikasi Pemetaan Mutu PMP dan aplikasi dapodik dalam satu PC/Laptop. Anda harus melakukan pemasangan aplikasi Pemetaan Mutu PMP dan aplikasi dapodik dalam satu PC/Laptop karena ini sangat penting. Tujuannya untuk menghindari masalah misalnya aplikasi PMP dan Aplikasi dapodik tidak terhubung. Aplikasi Pemetaan Mutu PMP sejak awal dibuat langsung terintegrasi dengan aplikasi dapodik, oleh karena itu apabila kedua aplikasi tersebut terpasang secara terpisah maka hasilnya aplikasi PMP tidak terhubung dengan aplikasi dapodik.
  2. Pakailah aplikasi Pemetaan Mutu PMP dan Dapodik versi paling baru. Solusi ini juga harus Anda lakukan dengan tujuan untuk menghindari masalah aplikasi Pemetaan Mutu PMP tidak terhubung dengan Dapodik. Anda harus menggunakan kedua versi aplikasi terbaru guna mempermudah koneksi keduanya.
  3. Re-Install Ulang Aplikasi Pemetaan Mutu PMP Anda. Anda sangat disarankan memakai tips ketiga ini apabila pada langkah pertama dan kedua di atas ternyata Anda masih menemukan kendala aplikasi Pemetaan Mutu PMP tidak terhubung dengan dapodik. Kemungkinan besarnya jika sudah mencapai tips berikut biasanya saat pemasangan aplikasi terdapat masalah contohnya file corrupt akibat adanya virus atau yang lainnya. Apabila file aplikasi telah corrupt, maka ada baiknya jika Anda download ulang aplikasi lalu memasangnya kembali di laptop/PC Anda berdampingan dengan aplikasi dapodik tentunya.
  4. Anda harus Setting Ulang dbport PMP Dikdasmen. Dengan mengambil langkah setting Ulang dbport PMP Dikdasmen maka ini menjadi solusi terakhir yang dapat Anda pakai jika langkah-langkah sebelumnya tidak bekerja untuk mengatasi aplikasi PMP tidak terhubung dengan Dapodik. Adapun caranya admin sampaikan di bawah ini.
Untuk setting ulang dbport PMP Dikdasmen bisa Anda ikuti sesuai dengan paparan admin berikut ini:
  • Buka notepad yang memiliki hak akses sebagai administrator. Anda bisa menemukan notepad dengan cara klik kanan di layar laptop yang kosong lalu sorot New. Terakhir pilih New Text Document. Jangan lupa ketuk di atasnya untuk membuka notepad Anda. Ini proses di Windows 8.1.
  • Jika notepad telah terbuka, segera buka / open file dari program files >>>PMP Dikdasmen >>>Dataweb >>> pmp >>> app >>> dbport >>> open.
  • Kemudian silahkan Anda ganti angka yang muncul dari 54313 menjadi 53532.
  • Jangan lupa simpan kemudian buka kembali aplikasi PMP Anda.
Nah dengan cara di atas sekiranya dapat membantu Anda dalam mengatasi masalah PMP tidak bisa terhubung dengan dapodik. Semoga ini bisa bermanfaat untuk Anda sebagai seorang guru, kepala sekolah, ataupun sebagai operatornya. Sekian paparan admin mengenai cara mengatasi aplikasi PMP tidak terhubung dengan Dapodik. Baca juga: Cara Mengganti Faskes BPJS Kesehatan Secara Online.