Friday, January 5, 2018

Bagaimana Cara Ganti Faskes BPJS Kesehatan Online? Begini Caranya



Cara Ganti Faskes BPJS Kesehatan -- Bagi peserta JKN / BPJS Kesehatan tentu sudah paham betul dengan istilah Faskes tingkat 1. Faskes atau yang lebih mudah dikenal dengan sebutan fasilitas kesehatan tingkat pertama biasanya berupa Puskesmas, Poliklinik, Dokter Pribadi atau Dokter Gigi adalah tempat pertama yang harus dikunjungi oleh peserta JKN-BPJS Kesehatan saat berobat.

Cara Ganti Faskes BPJS Kesehatan Online

Jika Anda berkeliling di daerah sekitar, Anda akan sering melihat papan nama bertuliskan Faskes TK1 di tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas. Tandanya apa? Inilah lokasi dimana Anda nantinya dapat berobat pertama kalinya saat menggunakan layanan BPJS Kesehatan. Perlu dicatat bahwa Faskes TK 1 ini ditentukan sendiri oleh peserta JKN BPJS Kesehatan. Baca juga: Cara Ganti Xiaomi Font Xiaomi Redmi 4x / MIUI 8.

Namun yang jadi permasalahan ialah kadangkala peserta BPJS Kesehatan merasa kurang cocok dengan Faskes TK 1 mereka. Sehingga, ada kalanya peserta BPJS Kesehatan berupaya untuk ganti Faskes BPJS Kesehatan miliknya. Ada beberapa alasan kuat mengapa hal ini bisa terjadi, misalnya saja pindah tempat kerja di luar kota/provinsi, tidak cocok dan masih banyak lainnya.

Lantas bagaimana Cara Mengganti Faskes BPJS Kesehatan? Tentu jika harus datang ke lokasi dimana Faskes BPJS TK 1 Anda berada, Anda akan sedikit memakan waktu dan terlalu ribet. Nah oleh karena itu, Admin mencoba membantu Anda agar lebih mudah dalam merubah / ganti Faskes BPJS Kesehatan secara online. Berikut penjelasannya.

Cara Ganti Faskes TK 1 BPJS Kesehatan Online

Berikut adalah langkah-langkah ganti Faskes BPJS Kesehatan Online:
  1. Download dan Install Aplikasi JKN BPJS Kesehatan dari Play Store. Jangan khawatir link ada di bawah artikel.
  2. Jalankan aplikasinya, lalu lakukan registrasi BPJS Kesehatan Online Anda. Siapkan data-data seperti No.Kartu BPJS Kesehatan, Nomor Induk Kependudukan (KTP), Tgl Lahir, Nama Ibu Kandung, Email, No.Handphone, dan Password.
  3. Setelah data berhasil diinput, lakukan verifikasi dengan memasukkan kode yang dikirim di email Anda.
  4. Sign in kembali ke aplikasi BPJS Kesehatan dengan email / No.Kartu BPJS Kesehatan dan password Anda.
  5. Saat berhasil log in, masuk ke bagian Ubah Data Peserta.
  6. Pilih anggota keluarga yang akan dipindah Faskes TK 1 BPJS Kesehatan. Catatan: sebenarnya Anda bisa memilih semua sekaligus. Namun alangkah lebih baik jika satu-satu saja.
  7. Pada layar berikutnya, silahkan Anda klik pada form faskes 1 untuk ganti faskes BPJS Kesehatan Anda.
  8. Saat laman pop up muncul, bagian Provinsi, Kota/Kabupaten, Fasilitas Kesehatan silahkan isi sesuai dengan keinginan Anda. Terakhir, klik Simpan.
  9. Selesai. Anda sudah berhasil melakukan perubahan Faskes 1 BPJS Kesehatan Anda.
Namun disini yang perlu Anda tahu bahwa perubahan faskes BPJS Kesehatan TK 1 tidak langsung bisa dipakai pada bulan itu. Anda harus menunggu hingga 1 bulan berikutnya. Hal penting lain yang perlu diketahui bahwa mungkin saja Anda sudah tidak sabar untuk berobat ke Faskes TK 1 Anda yang baru tapi kartu BPJS Kesehatan Anda yang baru belum Anda terima. Tentu Anda bingung bukan? Jangan khawatir. Bawa saja smartphone Anda ke Faskes 1 Anda yang baru dan tunjukkan saat Anda berobat. Insyaallah tidak akan jadi masalah.

Informasi Penting Terkait Ganti Faskes 1 BPJS Kesehatan

Berikut beberapa poin yang harus Anda ingat:
  1. Peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar di Perusahaan. Anda tidak harus melakukan pengajuan ganti Faskes 1 tersebut ke HRD Perusahaan. Tetapi untuk pengajuan menambahkan anggota keluarga seperti (istri/suami, anak), perubahan No. KK, NIK, Tempat Tanggal Lahir, dll. maka tetap harus diajukan ke HRD Perusahaan dimana Anda bekerja.
  2. Peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar secara mandiri. Anda tidak harus melakukan pengajuan ganti Faskes 1 BPJS Kesehatan langsung ke kantor BPJS Kesehatan dengan mengantri karena Anda bisa melakukannya secara online.
Jika Anda ingin mencetak kartu BPJS Kesehatan yang sudah ganti Faskes 1 tersebut maka:
  1. Peserta BPJS Kesehatan yang terdaftar di Perusahaan, Anda dapat menghubungi HRD Perusahaan untuk mencetak kartu.
  2. Peserta BPJS Kesehatan secara mandiri, maka Anda dapat klik menu "Kartu Peserta" dan kirim softcopynya ke alamat email Anda, lalu download, berikutnya Anda dapat mencetak kartu BPJS Kesehatan tersebut ke tempat fotocopy terdekat.
Ingat !!! Karena ini penting sekali. Anda hanya dapat melakukan pengajuan ganti Faskes 1 kembali setelah 3 bulan, jika melakukan pengajuan ganti faskes sebelum 3 bulan maka Anda akan ditolak oleh sistem BPJS Kesehatan. Baca juga: Cara Menggunakan Google Play Protect di Android Oreo

Demikianlah paparan admin mengenai cara ganti Faskes BPJS Kesehatan. Semoga saja dengan ini Anda bisa melakukan hal terbaik untuk keluarga dan diri Anda sendiri. Sekian.

Berkomentarlah sesuai dengan etika
EmoticonEmoticon