Begini 3 Cara Cek Tagihan Pembayaran BPJS Kesehatan Mudah

Cara Cek Tagihan Pembayaran BPJS -- Bagi Anda yang sudah terdaftar di BPJS maka Anda harus segera mengetahui bagaimana cara cek tagihan pembayaran iuran BPJS kesehatan dengan cepat. Hal ini karena terkait dengan tunggakan setiap bulan yang harus Anda bayarkan kepada BPJS baik secara offline ataupun online.

cara cek tagihan BPJS

Untuk cara mengecek tagihan pembayaran BPJS kesehatan ternyata sangat mudah dan sama mudahnya ketika Anda mencari tahu tentang status peserta keanggotaan BPJS Anda. Anda dapat membayar tagihan pembayaran BPJS secara online dengan ponsel Android ataupun melalui website resmi BPJS. Nah, maka dari situlah admin akan menjelaskan mengenai cara cek tagihan pembayaran BPJS Kesehatan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya sebelum tanggal 10. Baca juga: Cara Ganti Password dan Email Pajak Online Mudah.

3 Cara Cek Tagihan Pembayaran BPJS Kesehatan Cepat

Anda Bisa mengecek tagihan pembayaran BPJS Kesehatan dengan 3 cara yang akan admin sampaikan di bawah ini. Silahkan Anda simak hingga Anda menemukan cara terbaik cek tagihan pembayaran BPJS Kesehatan Anda.

#1 Cara Cek Tagihan Pembayaran BPJS Kesehatan Via Website BPJS

Hal pertama yanga dapat Anda lakukan untuk mengecek tagihan pembayaran BPJS Kesehatan ialah dengan melalui website resmi BPJS sendiri. Berikut paparannya.
  1. Buka browser laptop Anda lalu kunjungi laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/.
  2. Input 13 digit nomor BPJS Kesehatan milik Anda yang akan dicek.
  3. Jangan lupa tanggal lahir juga harus diisi dengan benar.
  4. Silahkan input angka validasi yang ada di layar laptop/pc Anda.
  5. Ketuk tombol cek untuk mengetahui tagihan pembayaran BPJS Kesehatan Anda.
Dengan mengikuti cara pertama cek tagihan pembayaran BPJS Kesehatan di atas maka ditahap terakhir Anda akan menemukan layar dimana terdapat informasi mengenai semua hal yang berkaitan dengan tagihan pembayaran BPJS Anda.

#2 Cara Mengecek Tagihan Pembayaran BPJS Kesehatan via Aplikasi BPJS di Android

Jika Anda tertarik untuk mengecek total tagihan pembayaran BPJS Kesehatan Anda dengan cepat ialah dengan melalui aplikasi BPJS Kesehatan yang sudah dapat di download dari Play Store. Jika Anda sudah memilikinya segera pasang aplikasi BPJS lalu segera jalankan aplikasinya.
  1. Download dan Install Aplikasi BPJS Kesehatan di ponsel Anda.
  2. Jangan lupa lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan semua data yang masih aktif.
  3. Berikutnya, saat registrasi sudah berhasil maka segera login dan masuk ke menu Tagihan.
  4. Laman berikutnya maka Anda akan menemukan semua informasi mengenai tagihan pembayaran BPJS Kesehatan yang harus Anda bayarkan.
Cara kedua di atas merupakan cara termudah untuk cek tagihan pembayaran BPJS Kesehatan lewat aplikasi BPJS di Android.

#3 Cara Cek Tagihan Pembayaran BPJS Kesehatan via SMS Gateway

Langkah terakhir untuk melakukan cek tagihan pembayaran BPJS Kesehatan ialah dengan layanan SMS Gateway. Layanan SMS Gateway BPJS Kesehatan dapat diakses lewat 0877 5500 400. Informasi tagihan pembayaran BPJS Kesehatan Anda dapat diakses dengan memakai salah satu data diri Anda yang pernah didaftarkan di BPJS, yaitu Nomor Induk Kependudukan (NIK), Nomor Kartu BPJS Kesehatan (NOKA), atau Nomor Induk Pegawai.

Anda bisa cek tagihan pembayaran BPJS Kesehatan lewat SMS dengan format: Tagihan <spasi> Nomor Kartu BPJS. Lalu kirim ke nomor yang ada di atas. Semoga saja Anda berhasil.

Ingat selain Anda bisa mengecek sejumlah besar tagihan pembayaran BPJS Kesehatan ternyata pemerintah juga memberikan akses kemudahan untuk membayar tagihan BPJS Kesehatan tersebut di berbagai tempat, seperti:
  1. Kantor BPJS Kesehatan di kota/kabupaten Anda.
  2. ATM BRI, BNI, atau Bank Mandiri.
  3. Indomaret atau Alfamart.
  4. Kantor Pos.
  5. Loket Pembayaran Multitagihan.
Demikianlah paparan admin mengenai 3 Cara Mengecek Tagihan Pembayaran BPJS Kesehatan. Semoga saja dengan ini Anda bisa berhasil melakukannya. Jangan lupa cek artikel terkait BPJS di situs ini. Baca juga: Cara Ganti Faskes BPJS Kesehatan.