Cara Menghapus History Maps Google Sekaligus di Hp Android

Cara Menghapus History Maps Google Sekaligus -- Admin sudah membahas cara menghapus lokasi dan item riwayat dari Google Maps di Android, tetapi ketika Anda perlu mengakses dan mengelola semua riwayat lokasi Anda, Anda harus melompat ke komputer. Seperti pepatah lama, "pengetahuan adalah kekuatan" - dan admin akan memberi Anda semua alat yang diperlukan untuk mengetahui informasi apa yang Google ketahui tentang lokasi Anda, dan cara membersihkannya atau menghentikan pelaporan lebih lanjut. Baca juga: Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka, Ini 10 Cara Mengatasinya.

cara hapus history maps sekaligus

Jadi pada kesempatan kali ini admin akan menjabarkan kepada Anda mengenai cara hapus history Google Maps Sekaligus di Android. Tujuannya adalah agar semua riwayat lokasi yang pernah Anda kunjungi tidak lagi menumpuk dalam cache history Google Anda. Pastikan bahwa semua riwayat / history Google Maps yang tidak perlu sudah dihapus dan akan mempermudah akses pencarian lokasi berikutnya di sana.

Cara Menghapus History Google Maps Sekaligus di hp Android Mudah

Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa Anda masuk ke akun Google dan masuk ke Dasbor Riwayat Lokasi Google di web. Di halaman ini, Anda akan melihat setiap bagian dari riwayat Google yang telah masuk di mana perangkat Anda yang terhubung ke Google telah ditemukan, asalkan Anda ikut serta dalam pelaporan lokasi pada perangkat.

Anda dapat pergi hari demi hari melalui history menggunakan kalender di sisi kiri layar, dengan peta di sebelah kanan mengisi informasi yang dikumpulkan pada hari itu. Titik merah adalah tempat di mana perangkat Anda berada, dan Google melakukan pekerjaan terbaiknya dalam mengoordinasikan stempel waktu untuk menunjukkan di mana Anda bergerak sepanjang hari itu. Jika Anda memiliki lebih dari satu perangkat Android yang diaktifkan dengan pelaporan lokasi, peta Anda akan jauh lebih tidak berguna untuk menentukan kemana Anda pergi - Maps mengira Anda terus-menerus terpental antara lokasi kedua perangkat.

Jika Anda tidak ingin Google mengingat data dari hari atau beberapa hari tertentu, gunakan menu drop-down di bawah kalender untuk memilih jangka waktu - 1, 2, 3, 5, 7, 14, atau 30 hari - dan lalu klik Delete history from this time period di bawahnya. Jendela pop-up akan meminta Anda untuk mengonfirmasi, dan menjelaskan bahwa mungkin diperlukan waktu hingga 24 jam agar data sepenuhnya dihapus dari dasbor. Baca juga: Cara Menonaktifkan Google Assistant.

Jika karena alasan tertentu Anda ingin menghapus semua data lokasi yang dimiliki Google dari perangkat Anda - yang mungkin bukan ide buruk dari waktu ke waktu jika Anda ingin membuat semuanya tetap segar - Anda cukup mengeklik tautan Delete all history di sebelah kiri . Sekali lagi Anda akan diminta untuk mengkonfirmasi, dan mungkin diperlukan waktu hingga 24 jam agar semuanya dihapus. Tetapi setelah Anda melakukannya, Google tidak akan lagi memiliki data tersebut.

Cara Cek Kembali Settings History Lokasi Hp Anda

Jika melihat riwayat lokasi Anda adalah sedikit pengalaman yang mengejutkan tentang seberapa banyak data lokasi yang disimpan dari perangkat Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan melihat pengaturan riwayat lokasi di perangkat Anda. Meskipun antarmuka mungkin terlihat sedikit berbeda tergantung pada ponsel Anda, semua orang dapat mengakses pengaturan riwayat lokasi dengan masuk ke laci aplikasi mereka dan membuka aplikasi Google Settings (ikon abu-abu yang berbentuk seperti roda gigi). Anda kemudian dapat mengetuk Lokasi, yang akan meluncurkan Anda ke layar pengaturan lokasi ponsel Anda.

Sesampai di sana, cari entri yang disebut Pelaporan Lokasi Google / Google Location Reporting dan ketuk. Anda kemudian akan melihat semua Akun Google aktif Anda pada perangkat yang terdaftar, dan dua entri di bawah masing-masing: Pelaporan Lokasi dan Riwayat Lokasi. Anda dapat mengubah salah satu atau keduanya, tetapi penting untuk terlebih dahulu memahami apa yang dilakukan masing-masing.

Pelaporan Lokasi adalah layanan yang memungkinkan Google tahu di mana ponsel Anda saat ini, yang akan memungkinkan aplikasi Google seperti Google Now dan Google Maps mengetahui secara kasar di mana ponsel Anda sehingga dapat menawarkan informasi berbasis lokasi. Fitur ini membantu Anda dengan cepat berada di peta tanpa mengunci GPS terlebih dahulu, atau memberikan informasi berbasis lokasi saat Anda berjalan melalui toko atau area tertentu. Jika Anda mematikan pengaturan ini ponsel Anda tidak akan memberikan lokasinya saat ini ke aplikasi Google, tetapi itu akan tetap menyimpan riwayat lokasi tersebut saat Anda melihatnya dari Dasbor Riwayat Lokasi Google.

Riwayat Lokasi adalah setelan yang memungkinkan Google membuat log jangka panjang dari tempat-tempat di mana ponsel Anda berada. Ketika Anda mengaktifkan Riwayat Lokasi, Google akan menggabungkan data lokasi perangkat Anda dan menggunakannya untuk hal-hal seperti perkiraan waktu perjalanan di Google Now dan hasil pencarian yang lebih baik di aplikasi Google. Riwayat lokasi dijaga tetap pribadi dan Anda dapat mengaksesnya kapan saja, seperti yang telah kami perlihatkan di atas. Anda dapat menonaktifkan pengaturan Riwayat Lokasi ini kapan saja tanpa menghapus riwayat Anda, tetapi jika Anda ingin menghapus semua riwayat lokasi, Anda dapat melakukannya dari pengaturan ini atau dari web, seperti yang telah kami perlihatkan.

Sekian informasi mengenai cara menghapus history maps Google sekaligus lewat Android / laptop. Semoga saja dengan penjelasan ini Anda kian paham bagaimana cara hapus riwayat semua lokasi Google Anda. Baca juga: Cara Menghapus URL dari History Hp.