Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka, Ini 10 Cara Mengatasinya

Penyebab Play Store Tidak Bisa Dibuka, Cara Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka -- Google Play Store adalah layanan yang diperlukan dan dibundel dari perangkat Android apa pun. Aplikasi ini diperlukan untuk mengunduh atau bahkan menjalankan aplikasi apa pun. Jadi, mendapatkan kesalahan seperti Play Store tidak bisa dibuka atau play store crash adalah sebuah error yang sangat menjengkelkan dan bisa membuat sakit kepala. Baca juga: Cara Bermain Werewolf di Hago.

penyebab playstore tidak bisa dibuka

Di sini admin mencoba untuk memberikan solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Terus membaca artikel ini mengenai penyebab playstore tidak bisa dibuka. Adapun penyebab play store tidak bisa dibuka ada banyak sekali maka admin langsung menyertakan cara mengatasi play store tidak bisa dibuka sekalian dengan total 10. Berikut paparannya.

10 Cara Umum Mengatasi Play Store Tidak Bisa Dibuka

Anda mungkin menemukan banyak alasan penyebab playstore tidak bisa dibuka di Android. Bahkan Anda mungkin kesulitan untuk mendapatkan solusi untuk mengatasinya. Jika Anda penasaran terhadap semua hal tersebut silahkan simak paparan ini.

1. Perbaiki Waktu dan Tanggal

Terkadang Google menciptakan masalah saat menghubungkan dengan play store atau Play Store mogok tidak bisa dibuka karena tanggal dan waktu yang salah. Hal pertama dan paling umum adalah Anda harus memeriksa apakah tanggal dan waktu diperbarui atau tidak. Jika tidak, perbarui dulu dengan mengikuti panduan langkah demi langkah di bawah ini.

Langkah 1: Pertama, masuk ke "Pengaturan" perangkat Anda. Temukan ‘Tanggal dan waktu’ dan ketuk bagian tersebut.

Langkah 2: Sekarang Anda dapat melihat beberapa opsi. Pilih "Tanggal dan waktu otomatis". Ini akan mengganti tanggal dan waktu yang salah dari perangkat Anda. Selanjutnya, hapus centang di samping opsi itu dan pilih tanggal dan waktu secara manual.

Langkah 3: Sekarang, pergi ke Play store dan coba untuk menghubungkan lagi. Ini seharusnya bekerja tanpa masalah sekarang.

2. Hapus Cache Aplikasi Play Store

Ini dapat terjadi bahwa terkadang Google Play Store tidak bisa dibuka karena data yang berlebihan yang tidak perlu disimpan di cache perangkat. Jadi, membersihkan data yang tidak perlu sangat penting untuk menjaga aplikasi berjalan lancar. Untuk melakukan ini, Anda harus mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Pertama, buka "Pengaturan" di perangkat Anda.

Langkah 2: Sekarang, arahkan ke opsi "Aplikasi" yang tersedia di menu pengaturan.

Langkah 3: Di sini Anda dapat menemukan aplikasi "Google Play Store" yang terdaftar. Buka dengan mengetuknya.

Langkah 4: Sekarang, Anda dapat menghapus cache aplikasi Play Store. Ketuk "Bersihkan cache" untuk menghapus semua cache dari aplikasi.

Sekarang, coba lagi buka Google play store dan Anda mungkin berhasil mengatasi play store yang tidak bisa dibuka tanpa masalah. Jika tidak, periksa solusi selanjutnya.

3. Hapus Data Play Store

Jika solusi di atas tidak berhasil untuk Anda, Anda dapat mencoba opsi ini sebagai gantinya. Langkah ini akan menghapus semua data aplikasi, pengaturan, dll. Sehingga dapat mengatur yang baru. Ini juga akan memperbaiki masalah Google Play Store tidak berfungsi tidak bisa dibuka. Untuk solusi ini, gunakan metode berikut langkah demi langkah.

Langkah 1: Seperti metode sebelumnya, menuju ke pengaturan dan kemudian temukan "Aplikasi"

Langkah 2: Sekarang temukan "Google Play Store" dan buka.

Langkah 3: Sekarang, bukan mengetuk "Hapus cache", namun ketuk "Hapus data". Ini akan menghapus semua data dan pengaturan dari Google Play store.

Berikutnya buka Play Store kembali dan semoga Anda bisa memperbaiki play store tidak bisa dibuka. Baca juga: Cara Menghapus URL Dari History Hp.

4. Menghubungkan Kembali Akun Google

Kadang-kadang dapat terjadi bahwa menghapus dan menghubungkan kembali akun Google Anda dapat memecahkan masalah play store tidak bisa dibuka. Untuk melakukan ini, Anda harus mengikuti petunjuk di bawah ini.

Langkah 1: Pergi ke "Pengaturan" dan kemudian cari "Akun".

Langkah 2: Berkutnya buka opsi "Google". Sekarang Anda dapat melihat ID Gmail Anda terdaftar di sana. Ketuk di atasnya.

Langkah 3: Sekarang klik di sisi kanan atas tiga titik atau opsi “lainnya”. Di sini Anda dapat menemukan opsi "Hapus akun". Pilih itu untuk menghapus Akun Google dari Ponsel Anda.

Sekarang, kembali dan coba buka Google Play Store lagi. Ini harus berfungsi sekarang dan masukkan kembali Google ID dan kata sandi Anda untuk melanjutkan. Jika masih tidak berfungsi, pindah ke solusi berikutnya.

5. Instal Ulang Versi Terbaru Google Play Store

Google Play Store tidak dapat dicopot sepenuhnya dari perangkat Android Anda. Namun, menonaktifkan dan menginstal ulang versi terbaru dapat mengatasi masalah play store tidak bisa dibuka. Untuk melakukan ini, ikuti panduan di bawah ini.

Langkah 1: Pertama-tama, pergi ke "Pengaturan" dan kemudian lanjutkan ke "Keamanan". Kemudian temukan "Administrator perangkat" di sini.

Langkah 2: Setelah mengklik opsi ini, Anda dapat menemukan "device manager Android". Hapus centang ini dan nonaktifkan.

Langkah 3: Sekarang Anda dapat mencopot pemasangan layanan Google dengan masuk ke pengelola aplikasi.

Langkah 4: Setelah itu, coba buka aplikasi apa pun yang membutuhkan Google Play Store untuk dibuka, dan itu akan memandu Anda untuk menginstal layanan Google Play secara otomatis. Sekarang instal versi terbaru dari layanan Google Play.

Setelah menginstal, masalah Anda mungkin diselesaikan sekarang. Jika tidak, coba solusi berikutnya.

6. Hapus Cache Google Service Framework

Selain Google Play store, ini juga penting untuk menjaga agar Google Service Framework tetap sehat. Cache dan data yang tidak perlu harus dihapus dari sana juga. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Pergi ke pengaturan dan kemudian ketuk "Manajer Aplikasi"

Langkah 2: Di sini Anda dapat menemukan "Google Service Framework". Buka.

Langkah 3: Sekarang, ketuk "Clear cache". Dan Anda selesai.

Sekarang kembali dan coba buka Google Play store lagi. Ini mungkin memecahkan Google Play Store yang tidak bisa dibuka. Jika tidak, periksa solusi selanjutnya.

7. Nonaktifkan VPN

VPN adalah layanan untuk mendapatkan semua media di luar lokasi geografis Anda. Ini juga digunakan untuk memasang aplikasi khusus negara di negara lain. Tapi terkadang itu bisa membuat masalah dengan crash play store. Jadi, ini disarankan untuk mencoba menonaktifkan VPN.

Langkah 1: Buka pengaturan perangkat Anda.

Langkah 2: Di bawah "jaringan", klik "Lainnya".

Langkah 3: Di sini Anda dapat menemukan "VPN". Ketuk dan matikan.

Sekarang, kembali lagi dan coba buka Google Play Store. Ini dapat memecahkan masalah Anda sekarang. Jika tidak, periksa solusi selanjutnya.

8. Paksa Berhenti Google Play Service

Google play store perlu di-restart seperti PC Anda. Ini adalah trik yang sangat membantu dan umum untuk mengatasi masalah play store tidak bisa dibuka di perangkat Android Anda. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Langkah 1: Pergi ke pengaturan dan kemudian pergi ke "Manajer Aplikasi".

Langkah 2: Sekarang temukan "Google Play Store" dan klik di atasnya.

Langkah 3: Di sini klik "Paksa Berhenti". Ini memungkinkan Google Play Store berhenti.

Sekarang, coba buka Google Play store lagi dan kali ini layanan sedang di-restart dan mungkin berfungsi dengan baik. Jika tidak, coba solusi berikutnya.

9. Coba Soft Reset Perangkat Anda

Solusi mudah digunakan ini akan menghapus semua file temporer yang tidak diperlukan dari perangkat Anda, menutup semua aplikasi terbaru dan membuatnya bersih. Ini hanya me-reboot perangkat Anda. Ini tidak akan menghapus data apa pun dari perangkat Anda.

Langkah 1: Tekan lama tombol "Power" di perangkat Anda.

Langkah 2: Sekarang, klik pilihan 'Reboot' atau 'Restart'. Perangkat Anda akan dimulai ulang dalam beberapa waktu.

Setelah restart, coba buka Google play store lagi dan kali ini Anda harus berhasil. Jika ada kasus, itu tidak mau membuka, coba metode terakhir  dengan hard reset Android Anda.

10. Hard Reset Perangkat Anda

Jika Anda telah selesai dengan semua solusi di atas dan play store masih tidak bisa dibuka, dan Anda agresif untuk mendapatkannya, maka coba metode ini. Menggunakan metode ini akan menghapus semua data perangkat Anda. Jadi, ambil cadangan keseluruhan. Ikuti instruksi langkah demi langkah di bawah ini.

Langkah 1: Pergi ke pengaturan dan menemukan "backup and reset" di sana.

Langkah 2: Klik di atasnya. Dan kemudian Klik pada opsi "Factory data reset".

Langkah 3: Sekarang konfirmasikan aksi Anda dan ketuk "Reset Device".

Ini akan membutuhkan waktu beberapa saat untuk mengatur ulang perangkat Anda sepenuhnya. Setelah selesai, mulailah Google Play Store dan atur sebagai perangkat baru.

Metode di atas adalah yang terbaik 10 di antara semua solusi yang bisa Anda dapatkan untuk play store Anda tidak bisa dibuka pakai wifi atau kuota data. Coba satu per satu dan Anda bisa menyingkirkan masalah ini.

Sekian informasi mengenai penyebab playstore tidak bisa dibuka. Semoga 10 cara mengatasi play store tidak bisa dibuka ini dapat membantu Anda sampai kelar. Baca juga: Mengapa Stop Motion Instagram Tidak Muncul di iPhone?
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Nrimo ing Pandum. Ngabekti maring Gusti. Tumindak ala bakal oleh Piwalese. Amin