Cara Menghapus Windows.old di Windows 7 / 8 / dan 10 Aman

Cara Menghapus Windows.old -- Jika Anda telah mencoba memutakhirkan PC Windows dan telah gagal beberapa kali karena berbagai alasan yang mengganggu, Anda mungkin menyadari bahwa ada banyak ruang disk yang dimakan oleh folder bernama Windows.old.

Windows.old secara otomatis dihasilkan setiap kali Anda melakukan penginstalan Windows dengan versi OS sebelumnya yang sudah diinstal. Ini menciptakan folder Windows.old di dalam partisi Windows dan menyimpan file dan data sistem operasi sebelumnya. Baca juga: Cara Recovery Windows 10.

Jika Anda mencoba untuk meng-upgrade dari Windows Vista ke Windows 7 atau Windows 7 ke Windows 10 dan gagal, Anda selalu dapat kembali ke Windows Vista atau 7 dengan aman. Satu-satunya masalah dengan ini adalah bahwa setiap kali menginstal gagal, salinan lain dari OS sebelumnya disalin ke Windows.old.

Jadi, jika upgrade Windows Anda gagal 2 atau 3 kali, folder Windows.old dapat menjadi sangat besar, sangat cepat! Selain itu, folder tidak secara otomatis dihapus setelah Anda berhasil update Windows dan berjalan dengan versi Windows yang lebih baru, jadi Anda harus menyingkirkannya sendiri.

Catatan: Menghapus folder Windows.old akan mengakibatkan ketidakmampuan Anda untuk dapat kembali ke OS sebelumnya yang diinstal. Anda harus tetap menggunakan versi Windows yang baru. Juga, folder Windows.old akan dibuat ketika Anda menginstal pembaruan besar dua tahunan untuk Windows 10.

Cara Menghapus Folder Windows.old Mudah

Jadi bagaimana cara menghapus folder Windows.old? Nah, Anda harus menggunakan utilitas Disk Cleanup. Berikut cara melakukannya. Metode pertama akan menjelaskan cara menghapus folder Windows.old pada Windows 7/8/10. Jika Anda masih menggunakan Windows Vista, ikuti rangkaian instruksi kedua.

Cara  Menghapus Windows.old di Windows 7 / 8 / 10 Aman

Jika Anda berada di Windows 7/8/10 dan ingin menghapus folder Windows.old, prosesnya cukup mudah. Pertama, buka Disk Cleanup melalui Start Menu (klik Start dan ketik disk cleanup) dan ketika dialog muncul, pilih drive yang memiliki file .old dan klik OK. Ini biasanya hanya drive C. Jika itu satu-satunya drive di komputer Anda, itu bahkan tidak akan meminta Anda untuk memilih.

Sistem akan melakukan pemindaian dan dialog lain akan muncul dengan pilihan. Sekarang klik pada tombol Cleanup system files di bagian bawah. Baca juga: Cara Menampilkan Keyboard di Layar Laptop.

cara hapus windows.old

Sekarang pilih drive lagi yang memiliki file .old. Sistem akan melakukan pemindaian kedua file yang perlu dibersihkan dan akan memakan waktu lebih lama. Akhirnya, dialog akan muncul dengan set kotak centang lainnya. Gulir ke bawah hingga Anda menemukan salah satu versi Windows yang berlabel Older versions of Windows atau Previous Windows installations kemudian ketuk OK.

Seperti yang Anda lihat, biasanya cukup banyak data yang diambil oleh instalasi Windows sebelumnya.

Cara Menghapus Windows.old di Windows Vista

Klik Start, lalu All Programs, Accessories, System Tools, dan kemudian Disk Cleanup. Pastikan Anda mengklik kanan pada Disk Cleanup dan pilih Run As Administrator.

Dalam dialog Disk Cleanup Options, pastikan untuk menandai Files from all users on this computer di kotak. Kemudian di Disk Cleanup - dialog Pemilihan Drive, klik pada hard disk di mana folder Windows.old dan klik OK. Sistem kemudian akan memindai drive untuk file yang tidak diperlukan.

Klik pada tab Disk Cleanup dan cari kotak centang yang mengatakan Previous Windows installations. Tandi dan klik OK. Kemudian klik Delete file ketika diminta.

Demikianlah paparan admin mengenai cara menghapus windows.old di Windows 7 / 8 / 10 dengan Aman. Semoga saja Anda bisa melakukannya. Jangan sampai Anda salah langkah. Sebenarnya langsung masuk di Drive C maka nanti Anda akan langsung menemukan folder windows.old. Langsung tekan delete jika Anda mau. Baca juga: Cara Mengganti Background Power Point.