Cara Hard dan Factory Reset di OPPO F7 Gampang

Cara Hard Reset dan Factory Reset di OPPO F7 -- Tips dan trik untuk memperbaiki masalah OPPO F7. OPPO F7 adalah smartphone Android 8.0 Oreo dari OPPO yang memiliki LCD layar penuh seperti iPhone X. Ukuran layarnya adalah 6,23 inchi, tetapi kita masih dapat memegang ponsel ini dengan mudah dengan satu tangan karena menggunakan rasio aspek 18:9. Untuk membuat layar lebih kuat, OPPO F7 menggunakan Corning Gorilla Glass 5 untuk ketahanan gores, oleh karena itu kita tidak perlu menambahkan perlindungan tambahan. Review ponsel ini juga cepat karena menggunakan prosesor Mediatek Helio P60 yang memiliki CPU Octa Core. Temukan informasi lebih lanjut tentang cara mengatasi masalah OPPO F7 di artikel kali ini.

cara factory reset OPPO F7

Anda akan belajar mengenai cara memperbaiki masalah OPPO F7 tidak merespon/hang, Cara mematikan / soft reset / reboot / restart OPPO F7, cara backup data OPPO F7, Cara Hard Reset / Factory Reset OPPO F7, Cara Bypass Lock Screen OPPO F7 Lupa Pola, dan Cara menghemat baterai OPPO F7 agar tahan lebih lama. Langsung saja kita bahas satu demi satu. Baca juga: Cara Menggunakan Split Screen di OPPO F7.

Cara Mengatasi OPPO F7 Beku / Hang / Tidak Berfungsi / Brick / Tidak Merespon

OPPO memberi keuntungan lebih bagi siapa saja yang suka memiliki desain smartphone cantik, karena OPPO F7 memiliki desain premium dengan layar penuh LCD. OPPO F7 memiliki prosesor kinerja yang baik menggunakan keluarga Mediatek Helio P20 dan juga memiliki memori internal yang besar. Kita harus tahu bahwa semua aplikasi secara default akan dipasang di dalam memori internal, sehingga memiliki memori internal yang besar sangat penting. Minimal kita akan memiliki 32 GB dengan RAM 4 GB, ini sudah cukup untuk menginstal banyak aplikasi dari Google Play Store seperti Skype, WeChat, Viber, Facebook, Whatsapp, Instagram, Messenger, Telegram, Snapchat, Blackberry Messenger (BBM). Tetapi kita harus tahu bahwa beberapa aplikasi di dalam Google Play Store juga mungkin berisi virus atau malware yang dapat membuat beberapa masalah di OPPO F7 seperti hang atau brick atau bootloop atau beku atau layar sentuh LCD tidak responsif atau layar LCD tidak merespons dengan jari kita saat menyentuhnya. Aplikasi buruk semacam ini biasanya aplikasi baru atau tidak terkenal, mereka tidak akan mendapatkan informasi apa pun dari Google Play yang memberi tahu Verified oleh Play Protect.

Apa yang harus kita lakukan? Pertama kita harus mencoba melakukan soft reset atau reboot atau restart untuk menghapus file-file sementara atau cache yang dapat membuat masalah di telepon ini. Jika OPPO F7 Anda bisa boot lagi, maka silakan langsung download satu aplikasi antivirus yang bagus dari Google Play Store seperti AVAST atau NORTON, silakan pilih satu yang Anda suka. Antivirus akan mencoba memindai semua aplikasi yang terinstal dan memberikan pengaturan rekomendasi ke telepon. Jika masalah masih terjadi, maka langkah selanjutnya adalah melakukan hard reset atau format master. Harap dicatat, melakukan hard reset akan menghapus semua data penting, oleh karena itu Anda harus membuat cadangan semua data terlebih dahulu sebelum melakukan format master. Melakukan hard reset akan menghapus semua akun Google dari OPPO F7. Untuk alasan keamanan, jangan menginstal file APK yang tidak diketahui, karena sangat mudah untuk membuat ponsel Anda mendapatkan masalah.

Cara Mematikan / Restart / Reboot / Soft Reset OPPO F7

OPPO F7 memiliki kinerja yang baik pada prosesor atau pada RAM, oleh karena itu Ada tidak akan mendapatkan masalah dengan perangkat keras, tetapi beberapa aplikasi yang terinstal dapat rusak yang membuat OPPO F7 menjadi bertindak tidak normal dan mendapatkan beberapa masalah seperti hang atau tidak responsif dengan jari saat Anda menyentuhnya. Pada situasi ini Anda perlu melakukan soft reset. Silakan tekan dan tahan tombol POWER hingga OPPO F7 shutdown atau matikan dengan sendirinya. Setelah ponsel ini mati total, maka Anda dapat menekan lagi tombol POWER untuk menghidupkannya. Proses ini tidak akan menghapus data penting apa pun, oleh karena itu Anda dapat melakukan proses ini kapan saja Anda mau. Jika OPPO F7 masih bisa berfungsi dengan baik, tetapi Anda ingin menghapus file sementara dan cache dari beberapa aplikasi, maka silakan tekan dan tahan tombol POWER hingga menu pop-up muncul, lanjutkan pilih menu Shutdown / Power off / Reboot.

Cara Back Up Data / Contact di OPPO F7

Anda dapat menggunakan kartu eksternal microSD untuk menyalin atau memindahkan file penting menggunakan aplikasi File Manager. Jika OPPO F7 Anda telah masuk dengan akun Google, secara default kontak Anda akan disinkronkan di latar belakang ke server Google. Harap pastikan untuk memeriksa semua kontak di server kontak Google menggunakan penjelajahan Internet untuk memastikan pencadangan selesai. Baca juga: Mengenal Semua Masalah Umum di OPPO F7 dan Solusinya.

Cara Hard Reset OPPO F7 Lewat Menu

Caranya adalah:
  1. Nyalakan OPPO F7
  2. Pastikan baterai tidak kosong
  3. Cadangkan data penting di OPPO F7 karena semua data dan aplikasi akan dihapus.
  4. Pergi ke Menu: Settings.
  5. Pilih Tab: General.
  6. Tekan Backup & Reset> Restore factory setting.
  7. Lebih baik Anda tidak memeriksa apa pun pada opsi jika Anda tidak ingin menghapus data pada partisi data di memori internal.
  8. Pilih Reset Phone.
  9. OPPO F7 akan melakukan proses master reset.
Itulah cara pertama hard reset OPPO F7.

Cara Hard Reset OPPO F7 Lewat Tombol Rahasia

Jika kita tidak bisa masuk ke menu, atau OPPO F7 tidak bisa menyala atau hang atau macet atau beku sehingga kita tidak bisa mengakses pengaturan menu atau tidak terjadi apa-apa saat menyentuh layar, kemudian mencoba reset pabrik dengan tombol rahasia dan kunci perangkat keras.
  1. Matikan OPPO F7.
  2. Pastikan baterai OPPO F7 sudah penuh atau lebih dari 50%.
  3. Tekan bersama dan tahan Tombol Power + Tombol Volume Turun.
  4. Jika Logo muncul, kemudian lepaskan tombol, setelah itu Anda akan memasuki beberapa menu
  5. Pilih wipe data / factory reset menggunakan Tombol Volume, dan tekan Tombol Power untuk OK
  6. OPPO F7 akan melanjutkan master reset, tunggu beberapa menit sampai OPPO F7 mulai seperti baru lagi.
Itu cara kedua hard reset OPPO F7.

Cara Mengatasi / Unlock / Bypass Lock Screen OPPO F7 Lupa Password

OPPO F7 adalah smartphone yang bagus, ia memiliki kamera belakang 16 megapiksel dan kamera depan 25 megapiksel. Tentu saja Anda akan memiliki banyak video gambar pribadi dan data rahasia. Anda harus memberikan perlindungan keamanan di OPPO F7 untuk membuat orang tidak bertanggungjawab tidak dapat memperoleh data Anda, terutama ketika OPPO F7 jauh dari Anda atau dicuri atau hilang. Fingerprint tersedia di OPPO F7, tetapi perlu diaktifkan dan mendaftarkan beberapa sidik jari Anda untuk membuatnya mengenali untuk membuka kunci OPPO F7. Beberapa pengguna mungkin mendapatkan masalah ketika menggunakan sidik jari, kadang-kadang itu terjadi karena pengguna usia tua atau pekerja keras yang menggunakan jari mereka. Anda dapat menggunakan perlindungan layar alternatif seperti face unlock atau perlindungan kunci layar atau pin kata sandi yang sudah terinstal secara default. Masalah akan mulai terjadi ketika Anda tidak dapat membuka kunci ponsel ini atau sensor sidik jari tidak dapat mengenali tangan Anda. Apa yang harus Anda lakukan?

Jangan khawatir tentang masalah ini, karena Android sudah memberikan solusi ketika Anda lupa pola kunci layar keamanan atau perlindungan pin kata sandi menggunakan akun Google untuk membukanya. Silakan aktifkan ponsel Anda, ketika meminta jawaban keamanan, maka cobalah memberikan beberapa kali jawaban yang salah secara terus-menerus sampai OPPO F7 terkunci atau membeku sekitar 30 detik. Pada situasi ini Anda dapat menemukan tombol Lupa Kata Sandi / Pola. Tekan tombol ini, untuk memberikan nama pengguna dan kata sandi akun Gmail Anda yang sudah Anda masuki sebelumnya. Jika Anda masih tidak dapat mengakses akun Gmail, maka Anda harus melakukan hard reset menggunakan tombol kombinasi tombol perangkat keras di atas.

Cara Format / Menghapus Memori Telepon di OPPO F7

Ada dua jenis memori telepon di OPPO F7, pertama adalah memori internal dan yang lainnya adalah memori eksternal. Jika Anda ingin memformat memori internal telepon maka Anda harus melakukan hard reset atau memformat ulang sistem operasi OPPO F7 juga. Harap gunakan pengaturan menu untuk melakukan penyetelan ulang atau memformat ulang menggunakan cara hard reset OPPO F7 pertama di atas, tetapi pastikan untuk memberikan tanda centang pada Hapus kartu SD Internal / Penyimpanan internal. Kemudian akan memformat ulang sistem operasi default pabrik dan menghapus data apa pun di dalam memori internal.

Untuk memformat ulang atau menghapus semua data di memori eksternal, Anda dapat menggunakan menu Setting > Storage > Erase Internal Storage / SD Card.. Harap selalu pastikan semua data sudah dicadangkan sebelum memformat ulang atau hapus semuanya, karena sulit memulihkan data yang diformat / dihapus di penyimpanan internal atau eksternal.

Cara Menghemat Baterai OPPO F7 agar Tidak Boros / Lowbat / Cepat Panas

OPPO F7 adalah smartphone premium, memiliki lebar layar 6,23 inchi, akan membutuhkan lebih banyak baterai. Kapasitas baterai OPPO F7 adalah 3400 mAh, itu cukup baik untuk membuat ponsel ini berjalan penuh satu hari untuk penggunaan standar. Beberapa pengguna aktif mungkin membutuhkan lebih banyak kapasitas baterai untuk aktivitas mereka seperti bermain game atau menonton film. Sayangnya Anda tidak dapat mengganti baterai OPPO F7 dengan kapasitas lebih besar, karena baterai ponsel ini tidak bisa dilepas. Namun, Anda masih bisa melakukan penyesuaian jika Anda perlu menggunakan baterai yang lebih lama. Pertama-tama, coba nonaktifkan semua koneksi yang tidak digunakan seperti GPS atau Wifi atau Bluetooth. Sangat mudah untuk mengaktifkan salah satu dari mereka saat Anda tidak perlu menggunakannya. Beberapa aplikasi seperti kamera perlu mengetahui lokasi untuk lokasi tag foto, maka Anda dapat menggunakan mode penghemat baterai GPS. Penyesuaian kedua yang bisa Anda lakukan adalah membuat kecerahan layar LCD serendah mungkin, itu akan mengurangi penggunaan baterai juga.

Demikianlah penjelasan mengenai semua solusi mengatasi masalah OPPO F7. Yang intinya Anda harus memanfaatkan cara hard reset OPPO F7. Jadi jangan bosan datang kesini untuk mendapatkan informasi lebih menarik mengenai OPPO F7 dari kotak telusur admin. Sekian. Baca juga: Cara Screenshot OPPO F7.