Mengenal Masalah Umum OPPO F7 dan Solusinya

Masalah Umum OPPO F7 dan Cara Mengatasi Masalah Umum OPPO F7 -- Kesempatan yang sangat bagus ini admin akan menjabarkan sedikit masalah umum yang sering terjadi di OPPO F7. OPPO F7 memang sudah rilis sejak 26 Maret yang lalu. OPPO F7 dikabarkan akan menjadi penerus OPPO F5 dan bakal menjadi pesaing berat bagi iPhone X, Vivo V9 dan Samsung Galaxy S9.

masalah yang sering terjadi di OPPO F7

OPPO F7 ini juga mengusung tema selfie expert. Alhasil dibagian kamera depan ponsel ini tersemat fitur kecantikan AI Beauty Technology seperti milik OPPO F5. OPPO F7 akan mengusung fitur keren semacam Artificial Intelligence (AI) Selfie, Augmented Reality (AR) stiker, dan Covershot. Ketika berbicara tentang fitur kamera OPPO F7, OPPO F7 mengusung kamera selfie 25 MP dengan teknologi HDR real-time. Layar Display HD full 6,2 inci + dengan tampilan Full View yang dilengkapi dengan resolusi 2280 × 1080 piksel dan aspek rasio 19:9. Baca juga: Cara Mematikan OPPO F7 Untuk Hard Reset.

OPPO F7 akan menjadi smartphone Android pertama yang diluncurkan perusahaan OPPO yang sangat mirip dengan iPhone X. OPPO F7 akan disertai fitur App-In-App yang memungkinkan pengguna menerima panggilan dan memainkan game secara bersamaan dengan layar terpisah / split screen yang menunjukkan feed atau notifikasi dari kedua aplikasi yang berjalan.

OPPO F7 akan dioperasikan dengan Android 8.0 Oreo. Di bagian belakang OPPO F7 mengusung kamera ganda masing-masing 16MP dan lampu LED Flash. OPPO F7 adalah ponsel dual SIM dan didukung SIM nano serta jaringan 2G / 3G / 4G yang dapat diakses dengan dual standby mode. Dua opsi RAM yaitu 6GB dan 8GB dengan penyimpanan internal 32 / 64GB dan 128 GB tersedia di OPPO F7 bersama dengan slot microSD yang penyimpanannya dapat diperluas hingga 256 GB. Pilihan konektivitas OPPO F7 seperti Wi-Fi, Bluetooth, GPS, port USB 2.0 dan port USB On-The-Go juga telah tersedia.

OPPO F7 juga mengemas sensor semacam fingerprint sensor dibagian belakang, accelerometer, dan proximity sensor. OPPO F7 ditopang baterai 3400 mAh yang tidak dapat dilepas dan hadir dengan 3 pilihan warna yaitu Emas, Hitam, dan Merah.


Meskipun memiliki spesifikasi super mewah, nyatanya OPPO F7 juga tidak luput dari masalah yang sering terjadi di OPPO F7. Masalah umum OPPO F7 tersebut meliputi masalah konektivitas, bluetooth, Wi-Fi, Baterai Boros, Baterai Cepat panas, Masalah GPS, dan SD Card tidak terdeteksi. Berikut adalah semua solusinya.

Masalah Umum Yang Sering Terjadi di OPPO F7 dan Solusinya

Solusi masalah umum yang sering terjadi di OPPO F7 kali ini semoga dapat membantu Anda. Namun perlu diingat bahwa admin tidak bertanggung jawab atas semua risiko yang dapat ditimbulkan pada ponsel Anda setelah mengikuti panduan ini.

Masalah Umum Konektivitas OPPO F7

Sudah sering tentunya Anda mengalami masalah konektivitas di perangkat Android Anda. Namun mungkin Anda tidak menyadari jenis masalah dan penyebabnya. Setiap masalah ponsel mungkin berbeda dari perangkat satu dengan yang lain. Sehubungan dengan ini, selalu lebih baik untuk mengetahui beberapa metode atau solusi untuk menyelesaikan masalah dan menghilangkannya dari ponsel Anda. Masalah terkait konektivitas dapat disebabkan karena jaringan data lemah atau koneksi internet yang tidak stabil juga. Masalah konektivitas umum seperti masalah konektivitas Bluetooth dan masalah konektivitas Wi-Fi akan di bahas di bawah ini.

Masalah Umum Koneksi Bluetooth di OPPO F7

Adapun cara mengatasi masalah bluetooth yang gagal di OPPO F7 adalah sebagai berikut:
  1. Reboot OPPO F7 Anda.
  2. Masuk ke setting atau ketuk Bluetooth. Lantas nyalakan bagian ini. Anda hanya tinggal ketuk on atau off beberapa kali lalu hubungkan dengan perangkat bluetooth yang tersedia.
  3. Saat hendak menghubungkan perangkat bluetooth dengan lainnya pastikan kode sandi yang muncul sudah benar.
  4. Putuskan sambungan bluetooth dengan perangkat sebelumnya lalu sambungkan dengan perangkat yang baru jika Anda hendak menghubungkan bluetooth dengan device yang baru.
  5. Silahkan Anda bersihkan riwayat device bluetooth yang pernah terhubung. Bisa jadi karena sudah terlalu banyak perangkat yang pernah terhubung maka Anda tidak bisa menambah hubungan bluetooth yang lain.
  6. Aktifkan Power Saving Mode agar dapat memutuskan sambungan bluetooth saat baterai dalam keadaan baterai lemah.
Itulah cara mengatasi masalah bluetooth di OPPO F7.

Masalah Umum Koneksi Wi-Fi di OPPO F7

Untuk mengatasi masalah koneksi Wifi di OPPO F7 adalah sebagai berikut:
  1. Lihat apakah bandwith Wifi masih tersedia.
  2. Matikan router Wifi, lalu hubungkan kembali ke OPPO F7 Anda.
  3. Pastikan password yang dipakai sudah benar saat menghubungkan Wifi.
  4. Cek Antena Wi-Fi apakah sudah berjalan dengan benar.
  5. Matikan aplikasi yang berjalan di latar belakang yang membutuhkan sambungan Wi-Fi semacam Shareit.
  6. Jika router baru dipasang maka kabel harus sempurna.
  7. Hapus riwayat perangkat Wi-Fi yang tersimpan.
  8. Update Wi-Foi driver OPPO F7 Anda.
Begitulah cara mengatasi masalah Wi-Fi di OPPO F7.

Cara Mengatasi Baterai Boros di OPPO F7

Hampir semua smartphone menawarkan daya baterai yang mampu bertahan hingga satu hari dengan syarat sudah dicharge dengan penuh. Namun nyatanya, tidak seperti itu. Bahkan OPPO F7 mengalami baterai boros yang luar biasa. Berikut solusinya.
  1. Matikan semua aplikasi yang berjalan di latar belakang.
  2. Matikan tethering dengan perangkat lain jika Anda menggunakannya.
  3. Pastikan Anda tidak download aplikasi pihak ketiga yang tidak memiliki izin.
  4. Jangan memasang aplikasi terlalu banyak di OPPO F7.
  5. Matikan notifikasi dari aplikasi yang tidak Anda butuhkan.
  6. Sesuaikan screen brightness dari OPPO F7 Anda.
  7. Jangan memasang aplikasi dari sumber yang tidak dikenali.
  8. Gunakan aksesoris baterai orisinil.
  9. Segera charge baterai jika sudah mencapai 30 % atau saat berada di level 30 - 80 %.
  10. Jangan charge baterai OPPO F7 semalaman suntuk.
  11. Jangan menggunakan OPPO F7 saat masih dicharge.
  12. Jangan pakai charger baterai yang bukan khusus OPPO F7.
Itulah cara mengatasi masalah baterai Boros di OPPO F7.

Masalah Umum Baterai Cepat Panas di OPPO F7

Selalu tidak mudah mengatasi masalah overheating perangkat OPPO F7. Tetapi jika Anda memiliki pengetahuan yang baik tentang cara menghilangkan kemungkinan penyebab overheating dan perbaikannya, mudah untuk mengatasi masalah overheating OPPO F7.
  1. Gunakan Power bank yang sesuai dengan OPPO F7 Anda.
  2. Update OPPO F7 Firmware.
  3. Tutup aplikasi yang terlalu banyak memakan RAM.
  4. Jangan download beberapa aplikasi dalam satu waktu.
  5. Cek Recent aplikasi yang baru di download. Jangan-jangan itu menimbulkan banyak masalah nantinya.
Jika setelah menggunakan tips di atas lantas Anda masih mengalami masalah overheating OPPO F7 maka Anda dapat memeriksanya dengan menggunakan perangkat dalam mode aman / safe mode. Jika ada aplikasi yang terdeteksi, pertimbangkan untuk mencopot pemasangan yang sama.
  1. Gunakan charger original yang ada di box.
  2. Sesuaikan brightness layar OPPO F7.
Nah itu cara mengatasi masalah baterai cepat panas di OPPO F7.

Masalah GPS yang Tidak Terdeteksi di OPPO F7

Masalah GPS adalah yang paling umum saat ini dan sebagian besar masalah terkait GPS berhubungan dengan jaringan yang buruk. Admin di sini akan memandu Anda dengan beberapa perbaikan terbaik yang tersedia untuk masalah GPS di OPPO F7 Anda.
  1. Matikan kuota data internet masih mati silahkan nyalakan.
  2. Ketuk icon GPS biasanya ada dibilah notifkasi.
  3. Jika Anda berada di tempat umum pastikan signal internet Anda kencang.
  4. Pastikan Google Maps dan Navigation Anda sudah diperbaharui.
  5. Update firmware OPPO F7.
Begitulah cara mengatasi masalah GPS di OPPO F7.

Masalah Umum SD Card Tidak Terdeteksi di OPPO F7

Semua orang menginginkan smartphone yang memiliki kapasitas penyimpanan lebih banyak serta memori yang lebih dapat diupgrade dengan bantuan microSD. Itu karena ketika Anda memiliki lebih banyak ruang penyimpanan, Anda dapat menikmati bagian internet dan hiburan lebih banyak lagi dan dengan kecepatan yang cepat. Meskipun OPPO F7 memiliki RAM 8GB dan penyimpanan internal 128GB yang dapat diperluas hingga 256GB dengan microSD, beberapa pengguna mungkin masih menghadapi masalah kekurangan memori baik dengan memori telepon atau dengan microSD. Jadi ini adalah beberapa tips bagi mereka yang menghadapi masalah penyimpanan di OPPO F7.
  1. Jangan terlalu banyak menyimpan file dan pastikan sering menghapus file yang tidak penting di SD Card Anda.
  2. Gunakan SD Card yang kompatible dengan OPPO F7.
  3. Jangan tergoda dengan SD Card murah namun beli yang berkualitas.
  4. Jangan lupa format SD Card Anda jika sudah lama di perangkat Anda.
  5. Cek apakah ada kerusakan di SD Card Anda.
Demikianlah paparan admin mengenai masalah umum OPPO F7 dan Solusinya. Semoga saja Anda berhasil mengatasi semua masalah ini dengan baik. Jangan lupa cari artikel terkait OPPO F7 di kotak telusur di situs ini. Sekian. Baca juga: Cara Screenshot OPPO F7.