Bagaimana Cara Merekam di Google Meet?

Cara Merekam di Google Meet -- Apakah Anda mau mencari cara merekam google meet? Jika iya maka kami akan memandu Anda dalam mempelajari cara record di Google Meet. Cuma perlu diingat bahawa fitur record di Google Meet ini hanya ada di edisi G Suite Enterprise, G Suite Enterprise Essentials, dan G Suite Enterprise for Education. Jadi kalau Anda hanya sekedar gratisan masuk ke Google Meet maka Anda tidak bisa merekam di Google Meet kecuali Anda mau menggunakan aplikasi pihak ketiga di luar Google Meet itu sendiri. Baca juga: Cara Share Screen di Google Meet.

Cara Merekam di Google Meet

Namun ada sebuah catatan dari Google yang mungkin ditunggu - tunggu oleh banyak pengguna Google Meet. Bunyi dari pada pesan tersebut adalah... Ini kami ambil langsung dari Google.

Hingga 30 September 2020, pelanggan G Suite memiliki akses gratis ke fitur konferensi video Google Meet lanjutan, seperti rapat dengan jumlah peserta lebih banyak (maksimum 250 peserta), live streaming, dan rekaman. Setelah 30 September, ketersediaan fitur Google Meet akan ditentukan oleh perjanjian lisensi G Suite pelanggan. Namun, hasil rekaman rapat akan tetap berada di Drive pemilik masing-masing.

Jadi saat ini meski Anda hanya pengguna G Suite biasa, Anda masih bisa menikmati fitur record video meeting di Google Meet. Oleh karena itu, kami akan coba pandu Anda bagaimana cara merekam di Google Meet. Mumpung Google sedang baik hati sampai September 2020 nanti.

Cara Merekam di Google Meet

Ada sebuah catatan dari Google bahwa ketika Anda adalah seorang admin G Suite maka Anda harus mengijinkan perekaman rapat terlebih dahulu. Ketika admin G suite sudah mengijinkan perekaman rapat maka dipastikan anda bisa merekam di Google Meet. Jika belum maka Anda harus segera menghubungi admin G Suite Anda masing-masing.

Siapa saja yang bisa merekam rapat di Google Meet? Jawabannya adalah akun G Suite Anda yang sudah diaktifkan oleh admin G Suite Anda. Jadi ketika sudah merekam nantinya rekaman Google Meet ini bisa ditonton oleh pengguna lain. Lalu Anda bisa merekam di Google Meet jika Anda adalah host, berada dalam satu organisasi, dan Anda adalah pengajar bukan siswa yang login dengan akun G Suite. Baca Juga: Cara Membuat Room di Google Meet.

Perlu diingat bahwa fitur rekaman rapat di Google Meet hanya tersedia di Meet versi komputer. Jadi kalau Anda hanya menggunakan meet versi aplikasi itu masih belum bisa dilakukan. Jadi pengguna aplikasi Google Meet hanya akan mendapatkan notifikasi bahwa rekaman di Google Meet dimulai atau dihentikan. Jadi gunakan Meet yang ada di komputer agar Anda bisa merekam rapat di Google Meet.

Cara Merekam Google Meet

Sebagai catatan di awal, Anda tidak dapat merekam di Google Meet apabila Anda bergabung ke rapat hanya memberikan presentasi, contohnya dari laptop saat sudah berada di ruang video conference.
  • Silahkan gabung ke rapat video terlebih dahulu, kemudian mulai presentasi, dan pada akhirnya Anda bisa rekam Google Meet.
  • Silahkan buka Meet lewat laptop Anda > Mulai atau Gabung ke Rapat di Google Meet.
  • Ketuk Lainnya > Rekam Rapat.
  • Silahkan Anda tunggu rekaman dimulai.
  • Untuk menghentikan rekaman di Google Meet silahkan klik Lainnya > Berhenti Merekam.
  • Ketuk Berhenti Merekam sekali lagi untuk konfirmasi.
  • Tunggu file hasil rekaman selesai dibuat dan disimpan pada folder drive saya > Rekaman Meet milik host rapat di Google Meet.
  • Di sini email yang isinya link rekaman akan dikirim ke host meeting di Google Meet dan orang pertama yang memulai rapat duluan.
Dengan mengikuti langkah langkah di atas maka Anda sudah berhasil merekam di Google Meet. Namun ada tips lain jika Anda mau merekam di Google Meet lewat Google Calendar. Artinya Meeting Anda sudah dijadwalkan terlebih dulu.

Cara Merekam di Google Meet Pada Acara Google Kalender

Apabila rekaman di Google Meet dimulai pada waktu rapat yang sudah dijadwalkan, maka rekaman akan ditautkan ke acara Google Kalender. Peserta rapat yang berada di unit organisasi yang sama dengan host rapat akan secara otomatis diberi akses ke rekaman tersebut. Notifikasi ini hanya berlaku bagi rapat yang dibuat lewat Google Kalender.

Jadi kira kira begitu cara merekam di Google Meet. Semoga saja apa yang kami sampaikan di atas bisa berguna untuk Anda. Jangan lupa dicoba via Google Meet di Laptop. Kalau dari aplikasi tidak bisa dilakukan. Baca Juga: Cara Menggunakan Google Meet.