Cara Menggunakan Google Meet untuk Video Conference Pembelajaran Online

Cara Menggunakan Google Meet -- Video conference saat ini sangat diburu oleh bapak ibu guru / bapak ibu dosen di Indonesia karena munculnya wabah Covid-19. Dengan begitu, maka anjuran dari LLDIKTI di wilayah bapak ibu dosen mengajar bisa bapak ibu penuhi untuk melakukan pembelajaran daring. Bapak ibu tidak perlu bertatap muka langsung dengan siswa-siswi. Hal ini karena video conference hanya via media atau perangkat elektronik yang tidak terhalang jarak dan waktu. Nah salah satu aplikasi yang sangat diminati dalam pembelajaran online selain Google Classroom adalah Google Meet. Google Meet adalah aplikasi yang sudah terintegrasi dengan Google Suite yang fungsinya untuk video conference. Baca juga: Cara Membuat Pembelajaran Online dengan Google Classroom.

Cara Menggunakan Google Meet

Berangkat dari hal tersebutlah kami berkeinginan untuk menjelaskan kepada bapak ibu semuanya untuk belajar cara menggunakan Google Meet. Jadi bapak ibu silahkan baca artikel kami sampai dengan selesai untuk menemukan jawaban bagaimana cara menggunakan Google Meet untuk pembelajaran online bapak ibu semuanya.

Cara Menggunakan Google Meet

Google Meet mempunyai beberapa keunggulan, yaitu Anda bisa mengintegrasikan dengan aplikasi Google lainnya dalam hal ini misalnya Google Drive atau Gmail, Anda bisa pakai di Hp, PC dan lain lain yang terhubung dengan mic, dan tentunya gratis. Bila bapak ibu penasaran cara menggunakan Google meet, penjelasannya ada di bawah. Baca juga: Cara Mengganti Bahasa di Google Classroom.

Tentunya, anda bisa menggunakan Google Meet ini dari akun G-Suite milik bapak ibu dosen semuanya. Hal ini karena jika Anda mau membuat rapat di Google Meet hanya bisa dengan akun G-suite. Akun Gmail biasa tidak bisa.

Cara Menggunakan Google Meet Untuk Video Conference

Silahkan ikuti prosedurnya di bawah ini.
  1. Setelah bapak ibu login ke akun G-Suite, segera pasang aplikasi Google Meet dari Play Store.
  2. Buka dan jalankan aplikasi Google Meet.
  3. Klik Mulai Rapat Baru.
  4. Anda akan melihat layar baru, klik Mulai Rapat.
  5. Anda bisa mengundang mahasiswa untuk rapat dengan klik link berbagi rapat Anda.
  6. Bagikan kepada mereka, klik Ask to Join Meeting > Terima.
Dengan cara di atas maka Anda bisa memulai untuk video conference. Sekian cara menggunakan Google Meet. Semoga bermanfaat untuk kelas online bapak ibu semuanya. Baca juga: Cara Menggunakan Google Docs Lengkap.