2 Cara Share Screen di Google Meet Mudah

Cara Share Screen di Google Meet -- Beberapa waktu lalu kami sudah menjelaskan mengenai cara membuat room di Google Meet. Untuk kali ini agar tutorial tentang Google Meet makin sempurna maka kami akan jelaskan kepada Anda cara share screen di aplikasi Google Meet. Kali ini tutorial ini akan meliputi 2 cara share screen di Google Meet, yaitu dari aplikasi Android dan dari Chrome via Laptop Anda.

Cara Share Screen di Google Meet

Pada dasarnya cara share screen di Google Meet baik di laptop atau di hp sama mudahnya. Namun diantara keduanya, lewat aplikasi Google Meet jauh lebih mudah untuk share screen kepada peserta meeting lainnya. Jadi berikut tutorial cara share screen di Google Meet yang bisa Anda coba.

2 Cara Share Screen di Google Meet

Seperti yang sudah kami katakan di awal, ada dua cara share screen di Google Meet. Anda bisa pakai aplikasi Google Meet di hp Android Anda atau juga bisa lewat Google Meet yang dibuka via browser di laptop Anda. Adapun untuk masing-masing penjelasannya kami akan sediakan di bawah ini. Anda hanya harus baca sampai selesai.

Jika Anda mau memulai share screen di Google Meet lewat aplikasi maka silahkan download dan pasang dulu aplikasi Google Meet di hp Anda. Selanjutnya, join dengan akun G Suite Anda. Kenapa? Kalau hanya dengan akun Gmail biasa tentu, fitur di Google Meet tidak bisa Anda nikmati secara menyeluruh. Setelah Anda login ke dalam akun Google Meet Anda menggunakan akun G Suite maka Anda sekarang menjadi host untuk meeting kali ini.

Kalau yang via Laptop, Anda cukup berkunjung ke laman https://meet.google.com/. Terus join dengan akun G Suite Anda. Setelahnya kami simpan dulu. Karena kami akan jelaskan di bawah. Anda harus tetap penasaran karena itu yang akan membuat Anda menjadi lebih paham. Baca Juga: Cara Membuat Grup di Google Duo.

Untuk memulai berbagi layar di aplikasi Google Meet tidaklah sulit. Yang harus Anda lakukan cukup beberapa langkah saja. Apakah Anda ingin tahu cara share screen di aplikasi Google Meet yang benar? Langsung saja simak di bawah ini.

Cara Share Screen di Aplikasi Google Meet Pada Android

Kami anggap Anda sudah login ke aplikasi Google Meet kemudian Anda sudah membuat room new meeting.
  1. Selanjutnya, Anda bisa mengetuk tanda titik tiga di pojok kanan atas aplikasi Google Meet Anda.
  2. Ketika pilihan muncul, silahkan Anda pilih Present Screen.
  3. Perlu diingat, ketika Anda mau memutuskan share screen di Google Meet maka semua hal yang terjadi di layar hp Anda akan dibagikan selama meeting. Jika yakin, ketuk Start Presenting.
  4. Anda akan melihat layar dengan pesan berupa "Exposing sensitive info during casting/recording". Jika Anda siap, ketuk Start Now.
  5. Nah dengan begini Anda sudah selesai dalam mempelajari cara share screen di aplikasi Google Meet.
Apakah Anda memerlukan cara stop sharing screen di Aplikasi Google Meet? Jika iya caranya mudah saja. Anda tinggal masuk di laman awal Google Meet Anda dan ketuk Stop Presenting. Sekarang share screen di aplikasi Google Meet sudah Anda hentikan.

Cara Share Screen Google Meet di Laptop

Untuk memulai berbagi layar di Google Meet lewat Laptop / Komputer maka Anda bisa membuka Google Meet dari Chrome atau browser lainnya. Demi keperluan tutorial kali ini kami hanya jelaskan yang via Google Chrome saja karena lebih simple.
  1. Buka laman https://meet.google.com dari Chrome Anda.
  2. Jangan lupa sign in dengan akun G Suite Anda.
  3. Selanjutnya, Anda buat dulu New Meeting.
  4. Room meeting dibuat lalu Anda bisa ketuk Present Now di kanan bawah layar Anda.
  5. Setelah anda ketuk Present Now, ada 2 pilihan tersedia yaitu Present Your Entire Screen dan A Window.
  6. Jika Anda pilih A Window > Share maka berbagi layar di Google Meet ini bisa Anda pilih berdasarkan window atau jendela aplikasi yang terbuka di laptop Anda. Lebih spesifik.
  7. Namun jika Anda memilih Your Entire Screen > Share maka berbagi layar di Google Meet Anda akan menampilkan seluruh layar laptop Anda.
  8. Ketika Share Screen di Google Meet dimulai maka Anda akan menampilkan share screen layar Anda dan sekaligus webcam Anda.
  9. Seperti biasa, untuk menghentikan share screen Anda balik saja ke laman awal kemudian ketuk Stop Presenting.
  10. Selesai.
Demikian cara share screen di Google Meet lewat laptop. Jadi Anda sudah paham? Jika sudah, alhamdulillah. Semoga Anda bisa melakukannya.

Sekian dulu penjelasan kami mengenai cara share screen di Google Meet. Anda bisa share screen di aplikasi Google Meet pada hp Android Anda dan juga dari laptop Anda. Silahkan dicoba. Baca Juga: Cara Menggunakan Google Meet.