Cara Menghapus Kelas di Google Classroom Mudah

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom -- Mungkin sebagian dosen / guru yang masih belum familiar dengan Google Classroom maka akan sangat kesulitan untuk mempelajari cara menghapus kelas di Google Classroom. Yang perlu Anda ketahui bahwa cara menghapus kelas di Google Classroom itu perlu sedikit trik. Anda harus mengarsipkan dulu kelas anda baru bisa dihapus kelasnya. Jika tidak demikian, maka kelas di Google Classroom anda tidak bisa dihapus. Baca juga: Cara Absen di Google Classroom.

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

Lantas bagaimana cara mengarsipkan kelas di Google Classroom? Jangan khawatir karena kami akan bagikan kepada Anda caranya di bawah ini kemudian kami sambung dengan cara menghapus kelas di Google Classroom Anda. Perlu Anda garisbawahi jika Anda menghapus kelas di Google Classroom artinya adalah Anda tidak dapat mengurungkan penghapusan kelas di Google Classroom. Jika Anda sudah mengklik Hapus, maka Anda tidak akan lagi memiliki akses ke postingan atau komentar di Google Classroom. Namun, Anda dan siswa tetap masih bisa mengakses file kelas di folder Drive kelas anda tadi.

Cara Menghapus Kelas di Google Classroom

Selalu diingat bahwa cara menghapus kelas di Google Classroom bisa lewat web browser atau lewat hp Android. Keduanya sama mudahnya. Langkahnya sama, baik di aplikasi Google Classroom ataupun di Google Classroom yang diakses lewat web browser. Untuk yang kami jabarkan di bawah adalah cara menghapus kelas di aplikasi Google Classroom. Baca juga: Cara Mengubah Bahasa di Aplikasi Google Classroom.

Di sini tahap pertama adalah Anda harus mengarsipkan kelas anda terlebih dahulu. Cara mengarsipkan kelas di Google Classroom ini akan mengakibatkan Guru dan Murid Anda tidak lagi bisa melihat kelas tersebut karena sudah diletakkan di tempat yang terpisah. Lalu, Anda baru bisa memulai tahapan untuk menghapus kelas di Google Classroom Anda.

Cara Mengarsipkan Kelas di Aplikasi Google Classroom

Silahkan buka aplikasi Google Classroom anda > pilih kelas yang mau Anda arsipkan > ketuk tanda tiga titik di nama kelas Anda > Pilih Archive > Muncul pemberitahuan, klik Archive sekali lagi > sekarang kelas yang sudah anda pilih masuk ke daftar Archived Classes.

Selanjutnya, Anda bisa memulai untuk menghapus kelas di Google Classroom anda. Adapun prosedurnya sebagai berikut ini.

Cara Menghapus Kelas di Aplikasi Google Classroom

Setelah kelas berhasil diarsipkan, saatnya Anda buka Google Classroom > ketuk tanda garis tiga seperti hamburger berlapis di kiri atas > gulir ke bawah dan klik Archived Classes > Anda akan lihat kelas yang sudah Anda arsipkan tadi > klik tiga titik di nama kelas Anda > pilih Delete / hapus. Beres.

Sekian dulu penjelasan kami mengenai cara menghapus kelas di Google Classroom. Semoga saja apa yang kami jabarkan ini bermanfaat untuk Anda. Ingat cara di aplikasi sama dengan lewat browser. Baca juga: Panduan Menggunakan Google Classroom.