Cara Absen di Google Classroom Mudah

Cara Absen di Google Classroom -- Hari ini kita akan bahas mengenai cara absen di Google Classroom. Hal ini menjadi sangat penting karena meski sudah membuat kelas online maka Anda selaku dosen / guru jangan sampai melupakan absensi online untuk mahasiswa/i Anda yang sudah mengikuti perkuliahan online Anda. Dengan begitu maka, mahasiswa/i Anda akan merasa benar-benar mengikuti kuliah online sesuai dengan anjuran negara untuk menghindari wabah Covid-19. Baca juga: Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom.

Cara Absen di Google Classroom

Jadi panduan ini akan membantu Anda dalam membuat absensi online dan membagikanya di Google Classroom. Ikuti sampai selesai agar penjelasan dari kami mengenai cara absen di Google Classroom tidak kelewatan sedikitpun.

Cara Absen di Google Classroom

Kalau dilihat-lihat memang tidak ada fitur untuk absen di Google Classroom. Namun Anda bisa memanfaatkan produk lain milik Google yaitu Google Formulir. Anda bisa memodifikasi Google Formulir untuk membuat absensi online kemudian bisa Anda berikan ke Google Classroom Anda agar mahasiswa/i Anda mau mengisinya. Ini akan menjadi bukti otentik bahwa anda sudah melakukan pembelajaran online.

Jika Anda penasaran untuk membuat absen di Google Classroom dengan bantuan Google Formulir maka silahkan Anda baca tutorialnya di bawah ini. Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Zoom di Laptop.

Cara Absen di Google Classroom via Google Formulir

Untuk bisa membuat absen di Google Classroom dengan Google Formulir gampang banget. Bisa langsung cari dari Google laman Google Formulir dan buat Formulir Anda. Jangan lupa sudah login akun Gmail agar bisa menikmati Google Formulir Anda. Atau jika bingung, masuk saja Google Drive > klik Baru > Lainnya > Google Formulir. Dari sini Blank Page saja yang dipilih.

Edit isinya mulai dari Formulir tanpa judul silahkan ganti menjadi Absensi Semester 6A.

Pertanyaan Tanpa Judul silahkan ganti dengan Mata Pelajaran dengan bentuk isiannya dari Pilihan Ganda menjadi Jawaban Singkat.

Tambahkan Pertanyaan dengan klik +.

Bagian “Pertanyaan” silahkan diganti menjadi “Dosen”. Sedangkan model isinyannya dari “Pilihan Ganda” diganti ke Jawaban Singkat.

Tambahkan pertanyaan lagi dengak klik +.

Silahkan ganti dengan “Tanggal Absensi” model isiannya dari “Pilihan Ganda” diganti ke model Tanggal.

Tambahkan pertanyaan lagi dengan klik +. Silahkan beri nama Jam Pelajaran model isiannya dari “Pilihan ganda” diganti ke “Kotak Centang”.

Isikan opsi 1 dan seterusnya sampai Opsi kesekian sesuai jam mata kuliah Anda. Silahkan masukkan dengan klik “Tambahkan lainnya” jika mau tambah pilihan.

Klik “Tambahkan Bagian” agar halaman terbagi 2.

Edit Judul bagian sesuai dengan judul di lembar 1.

Silahkan ganti “Pilihan Ganda” dengan “kisi pilihan ganda” di samping pertanyaan terkait dengan judul keterangan mahasiswa.

Posisi baris 1, baris 2, dan seterusnya maka tulislah nama siswa yang hendak Anda masukkan dalam absen.

Di posisi bagian kolom 1, kolom 2 dan seterunya tulislah “alpha”, “sakit”, “Izin”.

Terakhir Anda bisa pratinjau absensi online Anda. Kini Anda sudah tahu cara absen di Google Classroom. Silahkan bagikan link Absensi Online yang sudah dibuat ke mahasiwa/i Anda semua. Baca juga: Panduan Menggunakan Google Clasroom.