Cara Membuat Pembelajaran Online Berbasis Google Classroom

Cara Membuat Pembelajaran Online Berbasis Google Classroom -- Kami rasa seluruh civitas akademika dimana saja berada hari hari ini sudah menganjurkan untuk segera menerapkan pembelajaran daring. Hal ini menyusul instruksi dari negera tentang social distance yang harus dilakukan segera sebelum merebaknya virus Corona. Oleh sebab itu, postingan kali ini akan menjawab keresahan bapak ibu dosen atau bapak ibu guru yang bingung terkait dengan cara membuat kelas online. Baca juga: Cara Mengganti Bahasa di Google Classroom.

Cara Membuat Pembelajaran Online

Cara Membuat Kelas / Pembelajaran Online tidaklah sulit. Anda bisa menggunakan beberapa LMS (Learning Management System) yang cukup ternama mulai dari Google Classroom, Edmodo, Webex, Padlet, Moodle, SPADA INDONESIA dan lain sebagainya. Namun khusus pada postingan kali ini Anda akan kami pandu untuk cara membuat pembelajaran online dengan Google Classroom.

Cara Membuat Pembelajaran Online dengan Google Classroom

Kenapa kami menawarkan kelas online dengan Google Classroom? Jawabannya mudah. Hal ini karena Google Classroom dapat diakses dimana dan kapan saja senyampang device (Laptop, PC, Smartphone) yang Anda gunakan untuk mengakses Google Classroom terhubung dengan internet. Disamping itu, Google classroom sangat menunjang program digitalisasi kampus atau sekolah, sesuai dengan metode flipped learning classroom, dan sangat user friendly bagi dosen / guru yang sudah cukup umur.

Google Classroom sendiri bisa diakses dari hp atau dari laptop. Tak hanya itu, Google Classroom aplikasinya ringan, fitur lengkap, sudah terintegrasi dengan beberapa aplikasi penunjang pembelajaran milik Google, dan tersedia media penyimpanan data yang besar dan lain-lain. Nah bila Anda tertarik untuk cara membuat pembelajaran online berbasis Google Classroom maka coba ikuti panduan dari kami berikut ini.

Cara Membuat Kelas Online dengan Google Classroom

Ada dua cara membuat kelas online dengan Google Classroom, yaitu Anda bisa menggunakan alat laptop dengan dibantu web browser atau Anda cukup menggunakan smartphone Android Anda. Kami akan jelaskan satu demi satu caranya. Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi Ruang Guru.

Cara Membuat Pembelajaran Online dengan Google Classroom dari Laptop

Anda bisa berkunjung ke laman https://classroom.google.com/. Selanjutnya, klik Lanjutkan jika Anda sudah login dengan akun Gmail Anda yang benar. Jika belum, maka login dulu biar lebih enak. Lanjut, Anda akan langsung masuk ke dashboard Google Classroom.

Selanjutnya, Anda bisa klik tanda + di pojok kanan atas laptop / PC Anda. Klik Join Class / Gabung Kelas jika Anda mau join ke kelas orang lain. Klik Create Class / Buat Kelas jika Anda mau buat kelas. Berhubung hari ini kita akan membahas cara membuat pembelajaran online dengan Google Classroom maka klik Bklik tanda +uat Kelas.

Selanjutnya, Anda harus beri centang pada peringatan yang muncul. Klik Lanjutkan jika sudah. Kini Anda bisa memberi identitas kelas Anda. Isikan Nama Kelas (Wajib), Bagian, Mata Pelajaran, dan Ruang. Jika sudah klik Buat.

Sekarang kelas online bapak ibu sudah berhasil dibuat. Maka Anda saatnya untuk memahami isi dari pada kelas online berbasis Google Classroom yang sudah Anda buat. Akan kami bahas pada akhir tutorial cara membuat pembelajaran online dengan Google Classroom ini.

Cara Membuat Pembelajaran Online dengan Google Classroom di Hp Android

Loh kok di Android? Ya kebetulan di iPhone masih belum bisa dilakukan. Jadi cukup masuk Play Store. Download dan pasang aplikasi Classroom dari Google. Setelah terpasang cukup buka seperti biasa. Pilih akun Gmail yang Anda mau daftarkan. Lalu lanjutkan. Anda akan langsung masuk ke dashboard Google Classroom Anda. Anda bisa klik tanda + di atas untuk buat kelas baru. Sisanya sama seperti daftar Classroom dari Laptop.

Cara Menggunakan Google Classroom untuk Kelas Online

Ada 3 hal yang dapat anda pakai yaitu stream, classwork, dan People. Untuk Stream sendiri, Anda bisa kirim postingan layaknya di Facebook atau Edmodo dengan dilampiri media. Selanjutnya di bagian Classwork Anda bisa kirim (klik tanda +) berupa Assignment, Question, Material, Topic dan Reuse Post (Gunakan Kembali).

Assignment adalah tempat dimana Anda bisa kirim kumpulan tugas. Jadi Anda bisa melampirinya dengan media-media yang menarik agar tugas yang diberikan tidak membosankan. Ketika Anda kirim kepada murid Anda dan murid Anda sudah kirim tugasnya. Anda bisa memberikan nilai di masing-masing tugasnya. Jangan lupa judul, deskripsi dan topic untuk Assignment Anda juga diisi biar jelas mau apa.

Question adalah tempat anda sebagai guru untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan singkat yang bisa Anda lampiri dengan media yang menarik. Anda juga bisa memberikan nilai secara manual untuk setiap tugas yang bisa anda buat untuk murid Anda.

Material adalah tempat dimana Anda sebagai guru bisa upload berbagai macam sumber belajar. Bisa pdf, word, ppt, xls, dan lain sebagainya.

Topic adalah label pengelompokan dari pada berbagai macam hal yang sudah bapak ibu guru buat / berikan kepada murid. Misalnya topic untuk Assigment, Question ataupun Material.

People adalah bagian dimana bapak ibu guru bisa menambahkan guru sejawat atau menambahkan murid. Jadi dibagian ini, bapak ibu bisa kolaborasi dengan guru lain untuk memantau pembelajaran online di Classroom bapak ibu semuanya. Cukup klik ikon tambah guru di bagian Teachers dan masukkan email atau nama mereka. Terakhir kirim. Selanjutnya tinggal teman guru Anda konfirmasi ketersediaannya menjadi rekan Anda.

Kemudian kalau bapak ibu mau tambah murid juga bisa di bagian ini, klik ikon tambah murid di bagian students. Dan selanjutnya tinggal masukkan nama atau email murid Anda. Anda juga punya kesempatan untuk sort nama murid Anda berdasarkan nama depan atau belakang dengan klik tanda titik tiga disebelah tulisan Students / Siswa. Jika bapak ibu, klik tanda titik tiga di masing-masing murid Anda, Anda akan menemukan pilihan email student, mute dan remove. Yang mana tentunya fungsinya bapak ibu sudah tahu.

Reuse Post adalah bagian dimana bapak ibu bisa memposting kiriman tugas, pertanyaan atau materi yang dulu sudah pernah dibuat kepada murid murid yang sebelumnya. Jadi ini mempermudah bapak ibu untuk tidak membuat materi atau soal lagi dan lagi.

Sekian dulu bahasan kami mengenai cara membuat pembelajaran online dengan berbasis Google Classroom. Semoga bapak ibu bisa memanfaatkan Google Classroom ini dalam mengantisipasi wabah Corona dan sekaligus sebagai alternatif bapak ibu untuk mengajar dengan metode Blended Learning yang memang sudah mulai booming di era 4.0. Baca juga: Cara Menggunakan Google Docs Lengkap.