2 Cara Siswa Masuk ke Google Classroom Mudah

Cara Siswa Masuk ke Google Classroom -- Tentunya kelas online dengan menggunakan Google Classroom saat ini sedang diminati oleh banyak Guru / Dosen. Namun masalahnya setelah kelas di Google Classroom Anda harus segera memasukkan siswa ke dalam kelas anda. Lantas bagaimana cara siswa masuk ke Google Classroom yang sudah dibuat oleh guru? Tenang saja, disini kami akan berikan penjelasan kepada Anda semua. Baca juga: Cara Mengubah Bahasa di Google Classroom.

Cara Siswa Masuk ke Google Classroom

Jadi kami menemukan ada 2 cara siswa masuk ke Google Classroom. Jika Anda tidak tahu bagaimana cara mengundang siswa ke Google Classroom maka kami akan jelaskan untuk Anda pula karena itu juga merupakan salah satu cara siswa masuk ke Google Classroom yang sudah bapak ibu guru / dosen buat.

Cara Siswa Masuk Ke Google Classroom

Dari laman bantuan Google sudah dijelaskan bahwa setidaknya ada dua cara agar siswa masuk ke Google Classroom. Anda harus tahu bagaimana cara menambahkan siswa di Google Classroom. Setidaknya Anda tidak kalah tekhnologi dari siswa siswi Anda yang sudah mahir dengan Android dan laptopnya. Jadi di bawah ini kami bantu Anda mengenai cara siswa masuk ke Google Classroom. Baca juga: Cara Keluar Dari Kelas di Google Classroom Sebagai Siswa.

Adapun masing - masing penjelasannya kami sediakan di bawah. Jangan sampai Anda ketinggalan. Jadi cara siswa masuk ke Google Classroom itu yang pertama dengan kode kelas dan yang kedua karena diundang oleh guru.

Cara Siswa Masuk Ke Google Classroom dengan Kode Kelas

Apabila guru ingin memberikan kode kelas Google Classroomnya dengan tujuan untuk menambahkan siswa ke dalam kelas. Maka tugas guru disini adalah menemukan kode kelas dari setiap kelas yang sudah dibuat di Google Classroom kemudian mengirimkannya kepada semua murid.

Kami contohkan saja misalnya Anda mau memasukkan murid ke kelas Biologi maka lakukan hal ini untuk menemukan kode kelas dan berikutnya Anda bisa menambahkan siswa ke kelas Anda. Buka aplikasi Google Classroom > Buka Kelas Biologi > klik ikon roda gigi di atas kanan > laman Class Settings akan terbuka > arahkan mata Anda ke General > klik bagian Class Code maka kode kelas berhasil dicopy.

Selanjutnya, berikan kode kelas tersebut ke siswa. Bisa lewat chat grup wa atau lainnya. Nah dari sana, murid Anda harus segera copy kode kelas tersebut. Kemudian, beri arahan kepada siswa untuk segera buka Aplikasi Google Classroom > klik tanda + di pojok kanan atas > pilih Join Class / Gabung Kelas > masukkan kode. Maka dengan begini siswa Anda sudah masuk ke kelas anda.

Cara Siswa Masuk Ke Google Classroom dengan Undangan Guru

Agar siswa masuk ke Google Classroom dengan undangan guru maka Anda sebagai guru bisa melakukan hal ini. Masuk ke aplikasi Google Classroom > buka kelas Anda > klik People > pada bagian Siswa klik ikon tambah siswa > masukkan nama / email siswa > klik invite. Dari sini siswa sudah menerima undangan dari Anda.

Tugas siswa adalah membuka email mereka. Kemudian, klik gabung. Pilih email untuk gabung dan selanjutnya siswa akan segera masuk ke kelas Anda.

Jadi begitulah kurang lebih cara siswa masuk ke Google Classroom. Semoga saja 2 cara agar siswa masuk ke Google Classroom tersebut bisa membantu meringankan beban Anda selaku guru. Baca juga: Cara Absen di Google Classroom.