Cara Membuat Link WhatsApp / WA di Bitly Mudah

Cara Membuat Link WhatsApp / WA di Bitly -- WhatsApp kini tidak lagi hanya berfungsi untuk chatting semata melainkan Anda bisa melakukan video atau audio call dengan sangat mudah. Bahkan fungsi whatsapp juga mulai beralih bukan untuk berhubungan dengan sanak saudara melainkan juga untuk bisnis di whatsapp. Biasanya terkait dengan jual beli di WhatsApp semacam ini, penjual, pembeli atau Anda sendiri akan membutuhkan sebuah link yang akan menuju langsung ke chat percakapan antara pelaku jual beli. Baca juga: Cara Menonaktifkan Wa Tanpa Menghapus Aplikasi.

Cara Membuat Link WhatsApp di Bitly

Secara default, WhatsApp sebenarnya sudah menyertakan fitur tersebut namun sayang sekali link yang diberikan oleh pihak whatsapp terlalu panjang. Sehingga, ketika link whatsapp yang langsung menuju ke percakapan tersebut dibagikan kepada orang lain akan terlihat sangat tidak etis. Tidak rapi dan seolah-olah tidak serius dalam melakukan jual beli online di WhatsApp. Maka dari situ, banyak pelaku jual beli di WhatsApp yang mencari cara memendekkan link whatsapp yang menuju percakapan langsung tersebut dengan layanan link shortener semacam bitly.

Apa itu Bitly? Bitly adalah layanan utility online gratis yang fungsinya untuk memendekkan link URL yang panjang menjadi lebih pendek namun tidak mengubah alamat asli dari URL tersebut. Sehingga, dengan membuat link whatsapp di Bitly, penjual / pembeli tidak perlu lagi saling simpan nomor hp lalu kemudian melakukan chat yang dilanjutkan dengan proses transaksi. Cukup dengan mengakses link wa di bitly tersebut maka langsung bisa ngobrol satu sama lain.

Cara Membuat Link WhatsApp / Wa di Bitly

Agar Anda bisa membuat link wa di bitly sangatlah mudah. Anda tidak perlu harus susah payah dalam mempelajarinya karena kami akan menyediakan tutorial singkat yang akan mempermudah Anda untuk membuat link whatsapp di bitly. Yang harus Anda lakukan hanyalah membaca artikel ini sampai dengan selesai agar proses membuat link wa di bitly berjalan dengan lancar. Baca juga: Cara Membuat Link WhatsApp di Instagram.

Langkah Cara Membuat Link Wa di Bitly

Adapun cara buat link wa di bitly sebagai berikut ini.

Langkah 1: Agar Anda bisa membuat link wa menuju chat langsung yang sudah dipendekkan di bitly maka simpan dulu script URL yang bisa Anda pakai dalam hal ini. Script contohnya adalah:

https://api.whatsapp.com/send?phone=6285746360267&text=Hay%20Ganteng.

Langkah 2: Anda bisa copy script URL Wa tersebut. Lalu, paste dibrowser Anda. Atau dimanapun saja asal Anda bisa melakukan edit terhadap url wa itu.

Langkah 3: Silahkan edit bagian 085746360267 dengan nomor hp pribadi Anda. Dan edit bagian Hay%20Ganteng sesuai dengan kata-kata yang Anda mau. %20 artinya adalah spasi.

Dengan mengikuti langkah di atas maka Anda akan membuat link percakapan di whatsapp yang akan menuju ke chat langsung antara penjual dan pembeli. Dalam hal ini ialah Anda dan lawan chat Anda. User akan secara otomatis diarahkan ke aplikasi whatsapp jika mengakses script URL di atas menuju ke chat langsung dengan Anda.

Langkah 4: Selanjutnya, Anda bisa copy script link URL WA yang sudah Anda buat sendiri.

Langkah 5: Silahkan Anda akses laman utama bitly di bitly.com.

Langkah 6: Jika belum punya akun Bitly maka silahkan buat dulu. Jika sudah punya maka Anda bisa melakukan pemendekkan link wa di bitly.

Langkah 7: Saat sudah login, ketuk Create.

Langkah 8: Pastekan script URL Wa yang sudah Anda buat ke kolom paste long URL. Ketuk Create.

Langkah 9: Anda bisa melakukan kustomisasi link wa di bitly di bagian Customize. Silahkan atur nama unik setelah bit.ly/(dengan kata-kata keinginan Anda). Misalnya bit.ly/hayganteng.

Langkah 10. Silahkan save hasil Anda.

Dari sini, Anda bisa copy link wa yang sudah anda pendekkan di bitly ke media sosial lainnya misalnya Instagram, Facebook dan lain sebagainya.

Sekian dari kami mengenai cara membuat link wa di bitly. Semoga bermanfaat dan berguna untuk Anda. Baca juga: Cara Menggunakan Aplikasi WhatsRemoved.