Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018, Begini 4 Caranya

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018 -- Pada kesempatan yang baik ini admin akan paparkan kepada Anda sedikit hal tentang cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018. Jadi semua hal tentang cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online akan admin jelaskan di bawah ini. Pastikan bahwa Anda mengikuti artikel ini sampai dengan selesai. Baca juga: Cara Ganti Faskes BPJS Kesehatan Online.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018

Yang harus Anda ketahui bahwa untuk cek saldo JHT bisa Anda lakukan rutin tiap tahun atau tiap enam bulan sekali. Dengan mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan yang Anda miliki maka Anda punya rencana mau mengapakan saldo yang sudah terkumpul untuk masa depan.

Nah untuk Anda yang saat ini mencari solusi cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018 dapat mengikuti petunjuk yang dapat Anda lakukan. Karena dengan cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online lebih praktis dan memudahkan Anda kedepannya.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018

Ada beberapa cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online di tahun 2018 yang dapat Anda coba. Di bawah merupakan semua penjelasan tersebut dan Anda bisa mencobanya satu demi satu. Ingat, karena cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini online maka Anda tidak harus datang ke kantor BPJS walaupun sebenarnya itu bisa dilakukan. Baca juga: Cara Cek Tagihan Pembayaran BPJS Kesehatan.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018 Via SMS

Untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online lewat SMS sangatlah mudah. Dalam Buku Panduan Peserta BPJS Ketenagakerjaan di website resmi BPJS, cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan online lewat SMS tidak sulit untuk dijalankan. Namun provider yang masih melayani seperti ini hanyalah Indosat dan Telkomsel. Caranya adalah:
  • Buka menu Perpesanan Anda.
  • Ketik DAFTAR dan kirim ke 2757.
  • Anda akan mendapatkan SMS balasan berisi menu yang dapat dipilih misalnya cek saldo, ganti hp, ganti PIN dan BPU.
  • Jika Anda ingin cek saldo BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda cukup kirim SMS di nomor tadi dengan format "SALDO(spasi)NOMOR PESERTA".
  • Anda akan menerima SMS balasan yang berisi informasi nilai upah, tanggal terakhir iuran dan posisi terakhir saldo Anda.
Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan SMS ini dikenai tarif Rp. 165 per SMS. Jadi, pastikan Anda punya pulsa dan sudah pakai nomor Telkomsel atau Indosat.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018 Via E-Saldo JHT

Anda juga dapat cek saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan Online via website resmi BPJS Ketenagakerjaan. Caranya mudah. Jika Anda sudah terdaftar sebagai pengguna e-service BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda tinggal pergi ke BPJS Ketenagakerjaan kemudian klik sebelah kanan halaman di kolom E-SERVICE. Selanjutnya, tap kolom TENAGA KERJA.

Apabila Anda telah terdaftar, maka login dengan User ID E-KTP atau alamat email yang telah Anda gunakan untuk daftar. Setelah masuk, pilih menu Layanan dan kemudian tap pada fitur Cek Saldo JHT. Aktivasi fitur ini dan tidak berapa lama maka Anda akan mendapat PIN Aktivasi yang dikirim lewat SMS ke nomor Hp Anda.

Berikutnya, masukkan PIN AKTIVASI, klik lagi menu cek saldo JHT dan submit. Anda akan langsung melihat update terakhir dari saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

Namun perhatikan, ketika Anda belum terdaftar sebagai user E-SERVICE BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda harus registrasi/daftar dulu agar dapat cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018 ini. Untuk proses daftarnya juga terbilang gampang.

Anda hanya harus masuk ke laman situs yang sudah admin sebutkan di atas lalu pilih menu registrasi. Isi formulir sesuai dengan data nomor KPJ aktif, nama, tanggal lahir, nomor e-ktp, nama ibu kandung, nomor handphone dan email aktif. Setelah data berhasil diinput, maka Anda akan mendapat PIN untuk masuk / log in ke akun Anda. PIN tersebut akan dikirim ke email yang Anda daftarkan dan dikirim pula via SMS.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018 Via BPJSTK Mobile

Anda bisa cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018 dengan aplikasi BPJSTK Mobile. Aplikasi ini tersedia gratis untuk di download di Android, iOS dan Blackberry. Sama seperti sebelumnya, jika aplikasi berhasil di download dan di instal di hp maka daftar dulu dan dapatkan PIN untuk memanfaatkan semua fitur yang ada di dalamnya.

Cukup berikan data nomor KPJ atau nomor peserta BPJS Ketenagakerjaan yang ada di kartu peserta milik Anda. Kemudian, masukkan nomor e-KTP, tanggal lahir dan nama lengkap. Setelah terdaftar, Anda akan memperoleh PIN dan langsung dapat memanfaatkan berbagai macam menu yang ada di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan.

Contohnya jika mau cek saldo, Anda hanya harus klik menu Cek Saldo. Anda akan menemukan fitur lain di aplikasi BPJS Ketenagakerjaan misalnya klaim JHT online / e-klaim, simulasi JHT, informasi program, dan masih banyak lainnya.

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018 Via ATM BNI

Jika Anda telah tercatat sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sekaligus juga sebagai nasabah Bank BNI, maka Anda dapat cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via jaringan ATM BNI. Caranya gampang banget. Anda pergi saja ATM BNI dan gunakan ATM tersebut untuk mencari menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Sekian paparan dari admin terkait dengan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan Online 2018. Semoga saja paparan ini berguna untuk Anda. Jika Anda merasa ada yang kurang sampaikan dalam kolom komentar. Baca juga: Cara Ganti Email dan Password Pajak Online.