Bagaimana Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal di Android 8.0 Oreo? Ini Jawabannya

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal di Android 8.0 Oreo -- Percaya atau tidak, banyak pengguna Android yang tidak pernah tahu bahwa Android memungkinkan pengguna untuk menginstal aplikasi dari sumber selain Google Play Store. Google Play Store cukup bagus untuk mereka, tetapi jika Anda berada di sini, Anda kemungkinan besar telah menautkan aplikasi Android sebelumnya. Mengaktifkan Sumber tidak dikenal mungkin merupakan salah satu hal pertama yang mungkin dilakukan sebagian dari Anda setelah mendapatkan telepon baru. Sebelum Android Oreo, untuk menginstal APK yang tidak diunduh dari Play Store, Anda cukup mencentang kotak di samping Unknown Sources di Pengaturan > Keamanan. Google telah membuat proses lebih aman di Android Oreo dan berganti nama pengaturan untuk Install unknown apps, dan mengubah di mana lokasinya. Selain itu, Sumber tidak dikenal atau menginstal file APK atau aplikasi yang tidak dikenal, bukan memiliki laman khusus untuk dirinya sendiri, bukan sekadar menjadi entri kotak centang. Baca juga: Cara Menghapus Cache di Android 8.0 Oreo.

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal di Android Oreo

Mengapa? Nah, setelah Anda mengizinkan pemasangan APK dari sumber lain pada versi Android sebelum Oreo, itu menjadi tempat berkembang biak potensial untuk malware. Anda mungkin telah mengizinkan ini saat memasang APK dari pengembang atau sumber yang Anda percayai. Mungkin itu adalah pasar aplikasi pihak ketiga yang Anda telah mengaktifkan pengaturannya. Namun, tidak ada cara untuk memastikan beberapa aplikasi lain tidak akan memanfaatkan situasi ini. Katakanlah, Anda menginstal aplikasi dari Play Store yang cukup aman. Sekarang tidak ada cara untuk memastikan bahwa aplikasi yang aman ini tidak akan menginstal aplikasi lain, bukan dari Play Store. Dengan Android Oreo, hanya aplikasi yang Anda berikan izin untuk Menginstal aplikasi yang tidak dikenal yang benar-benar dapat menginstal aplikasi lain.

Misalnya, jika Anda download APK dari Chrome dan mengetuk pemberitahuan download untuk memasangnya, Anda harus memberi izin kepada Chrome untuk memasang aplikasi yang tidak dikenal. Sekarang jika Anda menggunakan file explorer untuk menginstalnya atau APK lainnya, Anda harus memberikan file explorer izin yang sama lagi. Kedengarannya menjengkelkan tetapi sebenarnya tidak. Anda tidak sering menginstal file APK pihak ketiga dari sejumlah aplikasi yang berbeda. Selain itu, tidak ada aplikasi yang tidak diizinkan untuk menginstal malware atau aplikasi lain. Bagaimana Anda memberikan  ijin sumber yang tidak dikenal atau menginstal izin aplikasi yang tidak dikenal? Ini Jawabannya di Android 8.0 Oreo.

Cara Mengaktifkan Sumber Tidak Dikenal di Android Oreo Mudah

Hal semacam ini terjadi secara tiba-tiba di Android Oreo. Tidak ada halaman pengaturan yang dapat Anda masuki dan cukup aktifkan izin untuk aplikasi apa pun yang diinstal. Anda harus memberikan izin ini segera setelah Anda memilih untuk meluncurkan penginstal paket dari aplikasi. Misalnya, saat Anda mengetuk APK dari pengelola file atau pemberitahuan unduhan dari Chrome. Baca juga: Cara Mengaktifkan Gesture Navigasi di Android 9.0 Pie.
  • Terlepas dari aplikasi mana yang Anda coba pasang APK, Android akan memberi tahu Anda bahwa aplikasi tersebut tidak diizinkan memasang aplikasi tidak dikenal demi keamanan Anda.
  • Pilih Settings  dari kotak pop-up ini.
  • Kemudian Anda akan dialihkan ke halaman tempat Anda dapat mengizinkan aplikasi untuk menginstal aplikasi yang tidak dikenal. Cukup aktifkan tombol di sebelah  Izinkan dari sumber ini.
  • Tekan tombol kembali dan Anda akan melihat sekarang Anda dapat MENGINSTAL APK sumber pihak ketiga atau sumber tidak dikenal di Android Oreo.
Dengan langkah di atas maka Anda sudah memberikan izin kepada APK pihak ketiga agar dapat dipasangkan di hp Android Oreo Anda.

Cara Uninstall Aplikasi Dari Sumber Tidak Dikenal di Android Oreo

Mungkin Anda tidak sepenuhnya mempercayai aplikasi namun dalam semangat petualang Anda, Anda memutuskan untuk mengizinkan aplikasi memasang aplikasi yang tidak dikenal. Anda dengan cepat menyadari bahwa itu adalah keputusan yang buruk, tetapi bagaimana Anda kembali dan mencabut izin? Anda akan menyadari bahwa menekan tombol kembali pada penginstal paket tidak akan berhasil. Untungnya, ada halaman Pengaturan khusus di mana Anda dapat mengelola izin ini untuk aplikasi yang telah memintanya satu kali atau lainnya.
  • Masuk ke  Settings.
  • Klik Apps & Notifications. Ini adalah kategori baru di Android Oreo yang sebelumnya dibagi menjadi dua kategori berbeda.
  • Di bagian bawah, ketuk Advanced untuk memperluas daftar tempat Anda akan menemukan Special App Access. Ketuk ini.
  • Di bagian paling bawah Anda harus memilih Install unknown apps.
  • Di sini, Anda akan menemukan daftar semua aplikasi yang telah diizinkan atau tidak diizinkan.
  • Cukup ketuk aplikasi yang ingin Anda batalkan izinnya dan matikan slider.
  • Demikian pula Anda juga dapat mengizinkan aplikasi yang diblokir sebelumnya.
Begitulah penjelasan dari admin terkait paparan cara mengaktifkan sumber tidak dikenal di Android 8.0 Oreo. Semoga saja berguna dalam memasang aplikasi pihak ketiga yang diluar daripada Play Store. Baca juga: Cara Update Android 7.0 Nougat di Redmi 4X.