Begini Cara Mengaktifkan Navigasi Gesture di Android 9.0 Pie Mudah

Cara Mengaktifkan Navigasi Gesture di Android 9.0 Pie -- Dalam panduan ini, admin akan menunjukkan cara mengaktifkan dan menggunakan kontrol navigasi gesture baru di Android 9 Pie. Sistem operasi terbaru Google memperkenalkan cara baru untuk mengontrol ponsel Android dengan menggunakan gesekan dan gerakan. Mirip dengan iPhone X. Inilah yang harus diketahui tentang gesture di Android 9.0 Pie, cara menggunakannya, dan yang lebih penting, cara menonaktifkannya. Baca juga: Masalah Umum di Android 9.0 Pie dan Solusinya.

Cara aktifkan Navigasi Gesture di Android 9.0 Pie

Setelah periode beta panjang Google merilis Android 9.0 Pie pada awal Agustus 2018. Secara default, tidak ada ponsel yang menggunakan sistem navigasi gesture. Sebaliknya, itu opsional dan pemilik harus mengaktifkannya. Dapat dikatakan, dimulai dengan Pixel 3, dan ponsel apa pun yang dilengkapi dengan Android 9.0 Pie di luar kotak, kontrol navigasi gesture akan berada di luar kotak.

Ini adalah perubahan besar terhadap cara berinteraksi dengan ponsel Android. Itulah sebabnya Google membiarkannya dinonaktifkan dalam versi beta dan di Pixel. Jika Anda ingin mencobanya, Anda harus secara manual mengaktifkan kontrol navigasi gesture di Android 9.0 Pie. Berikut cara memulainya.

Cara Mengaktifkan Navigasi Gesture di Android 9.0 Pie dengan Cepat

Kontrol baru ini akan membutuhkan waktu untuk terbiasa, itu sudah pasti. Ini adalah masa depan Android, jadi sebaiknya Anda mulai sekarang juga. Berikut cara mengaktifkan atau menonaktifkannya.
  • Buka Settings di baki aplikasi atau ketuk tombol pengaturan berbentuk roda gigi di bilah notifikasi.
  • Gulir ke bawah dan ketuk pada System.
  • Sekarang pilih Gestures.
  • Ketuk pada baris ke-4 dengan label Swipe up on Home button.
  • Balikkan tombol ke ON.
Di sini Anda akan melihat beberapa opsi kontrol gesture yang berbeda, dan kebanyakan tidak ada hal baru. Anda dapat menggesek pemindai sidik jari untuk membuka bilah notifikasi dan melakukan beberapa hal lainnya. Baca juga: Cara Membatasi Penggunaan Data Internet di Android 9.0 Pie agar Lebih Hemat.

Cara Mengaktifkan Navigasi Gesture Android 9.0 Pie

Namun, tombol "gesek ke atas" adalah baru dan setelah Anda mengaktifkannya, Anda akan langsung melihat perbedaan. Anda akan kehilangan tombol kembali, home, dan recent apps di bagian bawah ponsel Anda. Sekarang, ada satu ikon "berbentuk pil" yang mengontrol segalanya.

Cara Menggunakan Navigasi Gesture di Android 9.0 Pie

Ini adalah kontrol navigasi gesture baru di Android 9.0 Pie dan bergerak maju. Sekali lagi, Anda tidak perlu menggunakannya sekarang, tetapi di masa depan, ini akan menjadi satu-satunya cara untuk menavigasi perangkat Android.

Untuk sebagian besar, semuanya bekerja dengan cara yang sama seperti sebelumnya. Ikon berbentuk pil masih merupakan tombol home. Sama seperti tombol home yang berupa lingkaran lama, Anda dapat mengetuk untuk kembali, atau menekan lama untuk Asisten Google. Saat Anda berada di dalam aplikasi, tombol "kembali" akan muncul di sebelah kiri, tetapi hanya ketika OS benar-benar membutuhkan tombol kembali.

Geser ke atas dari tombol pil sekitar setengah layar untuk masuk ke daftar aplikasi terbaru Anda. Ini adalah bagaimana Anda dapat dengan mudah melakukan multitasking dan beralih di antara aplikasi yang sedang berjalan atau tab Google Chrome. Geser ke atas lebih cepat (atau lebih jauh) dan Anda akan membuka baki aplikasi seperti yang Anda lakukan di Android 8.0 Oreo. Coba tahan dan geser tombol home berbentuk pil, yang akan menggulir semua aplikasi yang sedang berjalan dengan mudah dan cepat.

Sebagai bonus tips, Anda dapat langsung beralih kembali ke aplikasi yang terakhir digunakan dengan menggesek ke kanan dengan cepat. Katakan Anda menulis email dan meninggalkan pesan untuk memeriksa tanggal atau membalas pesan teks. Dari layar home atau layar apa pun, gesekkan tombol ke kanan dengan cepat. Ini akan segera membuka aplikasi terakhir yang Anda gunakan.

Jika Anda tidak menyukai kontrol navigasi gesture Android 9.0 pie yang baru ini, Anda dapat menyingkirkannya di beberapa ponsel. Ikuti langkah yang sama di atas dan buka Settings > System > Gestures > dan turn off Swipe Up From Home. Dengan peluncuran Google Pixel 3 ini akan menjadi satu-satunya cara untuk mengendalikan ponsel, jadi kenali mereka. Karena layar semakin besar dan bezel menyusut, tidak ada ruang untuk tombol. Kontrol navigasi gesture adalah masa depan.

Sekian informasi admin mengenai cara mengaktifkan dan menggunakan navigasi gesture di Android 9.0 Pie. Semoga informasi ini berguna untuk Anda selaku pengguna Android 9.0 Pie terbaru. Baca juga: Cara Memblokir Nomor Hp di Android 9.0 Pie.