Begini Cara Menghapus Cache di Android 8.0 Oreo Mudah

Cara Menghapus Cache di Android 8.0 Oreo -- Android Oreo telah mengubah cara menghapus cache data pada ponsel Android. Yang membuat beberapa pengguna bingung, karena prosesnya tidak sesederhana seperti dulu di Android Nougat.

Cara Menghapus Cache di Android 8.0 Oreo

Di Android Nougat, Anda bisa masuk ke Storage settings dan menghapus semua cache pada ponsel Anda. Itu sangat praktis, karena pengguna tidak perlu repot-repot membersihkan setiap cache aplikasi secara terpisah. Fitur hemat waktu, harus kita katakan terhadap cara tersebut. Baca juga: Daftar Samsung Galaxy Yang Menerima Update Android 9.0 P.

Tapi bukan itu masalahnya. Saat Anda pergi ke setelan Penyimpanan di Android Oreo, Anda tidak akan melihat opsi ini lagi. Jadi, bagaimana sebenarnya cara membersihkan menghapus cache di Android 8.0 Oreo? Berikut jawabannya untuk Anda yang sudah menggunakan OS Android Oreo di Perangkat kesayangan Anda.

Bagaimana Cara Membersihkan / Menghapus Cache di Android 8.0 Oreo?

Untuk memahami apa yang sedang terjadi, Anda harus menyertakan keseluruhan gambar. Dengan Android Oreo, Google ingin mengubah keseluruhan kebijakan penggunaan, penyimpanan, dan menghapus cache data. Pertama, pengembang didorong untuk lebih 'efisien' dalam mengembangkan aplikasi mereka.

Pengembang menjelaskan bahwa Android Oreo memberikan panduan dan perilaku yang lebih baik seputar cache data. Setiap aplikasi sekarang diberi kuota ruang disk untuk cache data.

Ketika sistem perlu membebaskan ruang disk. Maka ini akan dimulai dengan menghapus file cache dari aplikasi yang paling banyak melebihi kuota yang dialokasikan. Jadi, jika Anda [pengembang aplikasi] menyimpan data yang tersimpan dalam cache di kuota yang dialokasikan, file cache akan menjadi yang terakhir pada sistem yang akan dihapus bila diperlukan. Saat sistem menentukan file cache yang akan dihapus di dalam aplikasi Anda, file tersebut akan mempertimbangkan file terlama terlebih dahulu (seperti yang ditentukan oleh waktu yang dimodifikasi).

Tentu saja, himbauan tersebut untuk preview pengembang. Tapi seperti yang terlihat, tidak ada yang berubah dalam versi resminya.

Jadi, memang proses yang panjang namun singkat. Anda tidak perlu menghapus data cache sama sekali, karena sistem akan melakukannya untuk Anda. Karena itu, tidak ada partisi cache yang semuanya akan menyimpan data dalam satu tempat.

Secara teori, ini terlihat cukup bagus, karena sistem akan melakukan semua pekerjaan untuk Anda, bila perlu untuk membebaskan ruang disk. Tapi dalam praktiknya, itu mungkin tidak berfungsi semaksimal mungkin seperti yang dibayangkan Google.

Pertama, pengembang perlu mengubah kode di aplikasi mereka dan memberikan pembaruan yang tepat untuk Anda. Jadi, beberapa saat mungkin berlalu sampai semua aplikasi Anda diperbarui, dan hal itu dapat menyebabkan masalah bagi telepon Anda untuk mengelola penyimpanan dengan benar. Admin hanya bisa berharap, pengembang akan mengirimkan update yang dibutuhkan sesegera mungkin.

Cara Menghapus Cache Aplikasi Secara Individu di Android 8.0 Oreo

Meskipun pilihan untuk menghapus cache data Anda secara massal di telepon Anda belum tersedia, Anda masih bisa menghapus cache untuk setiap aplikasi secara terpisah, jika Anda benar-benar menginginkannya. Inilah cara melakukannya:

Langkah Pertama: Buka Pengaturan / Settings > Penyimpanan / Storage.

Langkah Kedua: Arahkan ke Other Apps.

Langkah Ketiga: Sekarang, ketuk aplikasi yang ingin Anda hapus cachenya.

Langkah Keempat: Tekan Clear Cache.

Begitu sebenarnya sudah bisa menghapus cache di Android 8.0 Oreo. Namun admin masih punya satu hal lagi untuk menghapus cache di Android Oreo dengan aplikasi pihak ketiga seperti berikut ini.

Cara Membersihkan Cache di Android Oreo dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain itu, jika Anda benar-benar ingin menghapus cache di ponsel Android Oreo Anda, Anda dapat selalu menggunakan beberapa aplikasi pihak ketiga. Beberapa aplikasi yang paling populer untuk tujuan ini adalah CCleaner dan Clean Master. Tapi hati-hati, karena beberapa aplikasi mungkin benar-benar memperlambat perangkat Anda, atau menghapus sesuatu yang tidak ingin dihapus. Jadi, pikirkan saja apakah perlu memasang aplikasi pihak ketiga untuk sesuatu yang sistem Anda lakukan dengan sendirinya.

Sekian paparan admin mengenai bagaimana cara hapus cache di Android 8.0 oreo. Semoga Anda tahu bagaimana bedanya dengan cara hapus cache di Android Nougat. Sekian. Baca juga: Cara Mengedit Video di Android dengan DU Recorder.