Cara Mengubah Mengganti Format JPG/JPEG ke PDF Mudah

Cara Mengubah Mengganti Format JPG/JPEG ke PDF -- Jika Anda perlu mengubah satu atau beberapa gambar JPEG/JPG menjadi PDF, berikut cara melakukannya di Windows dan secara online. Apa pun alasan Anda ingin membuat PDF dari satu atau lebih gambar JPEG/JPG, itu mudah dilakukan di Windows atau menggunakan PDF converter secara online. Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak apa pun. Baca juga: Cara Membuka Word Yang Terkunci Password.

cara mengubah JPG ke PDF

Jadi pada kesempatan kali ini admin akan memaparkan kepada Anda bagaimana panduan cara mengubah JPG/JPEG ke PDF baik di Windows ataupun secara online. Silahkan Anda simak langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

Cara Mengganti / Mengubah / Convert Format JPG / JPEG Ke PDF di Windows

Jika Anda memiliki Windows 8.1 atau lebih baru, Anda akan memiliki PDF printer internal. Jika Anda memiliki versi sebelumnya, seperti Windows 7, cukup download dan install Adobe Reader DC untuk mendapatkan fungsi yang sama.

Admin menggunakan Windows 10 di sini, termasuk Microsoft Print to PDF.

Pertama, buka Windows File Explorer (shortcutnya adalah Windows + E).

Arahkan ke file JPEG yang Anda inginkan. Anda dapat memilih beberapa file dengan mengklik dan menyeret persegi panjang di sekitar mereka, atau dengan menahan CTRL dan mengklik masing-masing yang Anda inginkan. Tentunya file harus berada di folder yang sama untuk memulai.

Sekarang klik kanan pada salah satu file yang dipilih dan pilih Print. Baca juga: Cara Menonaktifkan Cortana di Windows 10.

Ini akan membuka wizard Windows' built-in image printing wizard. Di sini Anda perlu mengubah printer ke Microsoft Print to PDF. Jika itu hilang dari daftar, instal Adobe Reader DC seperti yang admin sebutkan di atas.

Anda dapat menggunakan opsi yang tersedia di wizard untuk menempatkan banyak gambar pada setiap halaman PDF, dan bahkan mengubah ukuran halaman dari A4 ke ukuran lain.

Setelah Anda mengatur semua opsi, klik Print.

Anda akan melihat kemajuan pencetakan terjadi seolah-olah file sedang dicetak secara normal tetapi pada akhirnya sebuah kotak akan muncul menanyakan di mana Anda ingin menyimpan PDF Anda. Anda juga harus memasukkan nama file.

Klik tombol Save dan PDF Anda akan dibuat, siap untuk dibagikan dengan siapa pun yang Anda suka.

Cara Mengubah / Convert JPG/JPEG ke PDF Secara Online Mudah

Jika Anda suka, Anda dapat menggunakan konverter online untuk menggabungkan beberapa file JPEG/JPG ke dalam satu PDF. Atau Anda dapat membuat PDF dari satu gambar.

Ada banyak layanan yang dapat melakukan ini secara gratis: semuanya bekerja dengan cara dasar yang sama. Admin menggunakan JPG2PDF di sini.

Klik tautan di atas untuk membuka situs dan tarik dan lepaskan file JPEG/JPG atau klik tombol Upload File.

Ketika semua file Anda diunggah, klik tombol COMBINED yang fungsinya sama dengan 'download' karena itulah yang dilakukannya. Anda mungkin harus mengedit nama file setelah diunduh karena secara default file ini akan disimpan dengan nama jpg2pdf.pdf.

Sekian penjelasan mengenai cara Mengganti / Mengubah JPEG/JPG ke PDF. Semoga saja informasi ini berguna untuk Anda. Pastikan bahwa semuanya berjalan dengan lancar. Baca juga: Cara Mengganti Wallpaper Windows 10.