Alasan Kenapa Xiaomi Redmi 5A Boros Kuota dan Solusinya

Kenapa Xiaomi Redmi 5A Boros Kuota, Cara Mengatasi Redmi 5A Boros Kuota -- Setelah beberapa hari admin membeli hp baru Redmi 5A, admin merasakan betapa kerennya ponsel baru ini. Untuk bermain Mobile Legends apalagi sangat memuaskan pokoknya. Namun setelah beberapa saat admin perhatikan kok ada yang aneh dengan kuota internet admin. Kuota internet di Redmi 5A sangat cepat habisa walaupun didiamkan. Baca juga: Cara Membuka SIM Card Redmi 5A.

Cara mengatasi Xiaomi Redmi 5A Boros Kuota

Kemudian, setelah mengetahui hal itu admin langsung bertanya kepada adik yang memiliki Xiaomi Redmi 4A. Jawabannya pun sama. Kuota internet kami berdua sangat cepat habis. Nah seketika itu juga admin langsung mencari di internet solusi mengatasi kuota internet di Redmi 5A cepat habis. Admin menemukan sedikit wawasan. Walaupun tidak berjalan 100% namun setidaknya dapat mengurangi kecepatan internet yang begitu cepat habisnya.

Cara Mengatasi Xiaomi Redmi 5A Boros Kuota

Redmi 5A adalah salah satu hp Xiaomi yang sukses dijual di Indonesia. Penyebabnya tak lain dan tak bukan karena harganya yang sangat terjangkau serta memiliki spesifikasi yang sangat tinggi yakni mengusung OS Android 7.1 Nougat dan MIUI 9.5. Baca juga: Cara Mengganti Font Redmi Note 5A.

Xiaomi Redmi 5A ditenagai oleh chipset Qualcomm Snapdragon 425 Quad-core dengan kecepatan 1,4 GHz, RAM 2 GB, dan penyimpanan internal seluas 16 GB yang dapat diperluas dengan microSD.

Meski dengan spesifikasi hebat tersebut bukan hanya memenuhi kebutuhan penggunanya dalam menjalankan kegiatan sehari-hari. Namun ternyata justru ada masalah ketika menyangkut dengan kuota internet. Ada sedikit boros dalam masalah kuota internet yang dihabiskan di Redmi 5A.

Bukan hanya di Redmi 5A, sebenarnya masalah kuota internet cepat habis juga banyak ditemui di hp Android lainnya. Hal ini karena ada banyak aplikasi yang tidak berguna yang menyedot kuota internet Anda serta ada banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang yang masih menghisap kuota internet Anda tanpa Anda ketahui.

Anda dapat mencegah beberapa aplikasi agar tidak mengambil data di latar belakang dengan membuka aplikasi Security / Keamanan > klik Data Usage > klik Restrict Data Usage / Batasi Penggunaan Data > berikutnya tentukan aplikasi mana yang Anda hendak kunci agar tidak memakan kuota internet Anda secara berlebihan. Atau Anda masukkan berapa MB / GB dalam sehari. Admin biasanya setting ke 1 MB maka dalam sehari totalnya 1023MB saja yang harus habis. Kalau tidak maka kuota akan disimpan ke hari berikutnya. Namun jika habis maka Anda pasti jebol kuota.

Selain itu, Anda bisa membatasi data latar belakang dengan mencari aplikasi secara manual. Jadi ketuk aplikasi sistem atau aplikasi. Lalu cari aplikasi-aplikasi yang mau Anda batasi penggunaannya di latar belakang. Ingat, jika Anda melakukan ini maka kinerja aplikasi Anda tidak akan normal.

Tidak hanya demikian, Anda bisa masuk ke Play Store agar tidak melakukan update aplikasi secara otomatis. Matikan fitur update otomatis di sana dan di file aplikasi sistem Anda. Lantas tidak hanya itu, kalau bisa kurangi bermain game di redmi 5A dan jangan lupa jangan tethering hp dari Redmi 5A secara berlebihan.

Itulah semua hal yang admin rasakan sewaktu pertama kali memiliki Redmi 5A. Jadi sekian informasi mengenai solusi mengatasi Redmi 5A Boros Kuota. Semoga saja Anda tidak salah beli seperti admin. Hehe. Sekian. Baca juga: 12 Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Redmi 5A.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Nrimo ing Pandum. Ngabekti maring Gusti. Tumindak ala bakal oleh Piwalese. Amin