12 Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A

Tips dan Trik Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A -- Bulan Desember yang lalu, Xiaomi meluncurkan handset anggaran termurah lainnya, yaitu Xiaomi Redmi 5A. Pengganti Redmi 4A dari tahun lalu, Redmi 5A memiliki spesifikasi yang sama dengan pendahulunya namun memiliki kualitas build-in yang lebih baik dan harga yang lebih murah.

Tips dan Trik Redmi 5A

Xiaomi Redmi 5A ditargetkan pada pemilik smartphone pemula dan pengguna yang mencari untuk membeli smartphone murah yang tidak berkompromi dengan kinerja. Meski harganya murah, fitur Redmi 5A cukup menarik dan berjalan di MIUI 9 yang mirip dengan ponsel lain dari Xiaomi. Jika Anda baru saja membeli Redmi 5A, lihat koleksi tips, trik, dan fitur tersembunyi untuk handset di bawah ini untuk membantu memaksimalkannya. Baca juga: Cara Screenshot Panjang di Redmi 5A MIUI 9.

12 Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A

Silahkan Anda simak dan cermati betul bagaimana kerennya fitur tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A. Sudah harganya murah dan dijalankan di MIUI 9, ponsel ini memiliki segudang tips dan trik Xiaomi Redmi 5A yang sangat menawan. Berikut adalah ulasan untuk Anda.

# 12 Gunakan Mi Remote untuk Mengendalikan Perangkat Lain

Meskipun harganya sangat murah, Redmi 5A hadir dengan IR Blaster yaitu sesuatu yang mungkin saat ini tidak ada di ponsel kelas atas. Dimasukkannya IR Blaster berarti Anda dapat menggunakan Redmi 5A Anda untuk mengendalikan peralatan rumah lain di sekitar Anda seperti TV, AC, sistem musik dan lainnya. Xiaomi juga melakukan pekerjaan yang sangat baik dengan menjaga aplikasi Mi Remote-nya tetap up to date dengan perangkat lama dan baru untuk kompatibilitas optimal.

Jika Anda belum pernah menggunakan smartphone dengan IR Blaster sebelum mengendalikan perangkat lain di sekitar Anda, cobalah mencobanya di Redmi 5A - sangat nyaman.

# 11 Tampilkan Ikon Notifikasi

Untuk beberapa alasan aneh, MIUI tidak menampilkan ikon notifikasi di status bar. Jadi, Anda tidak akan pernah tahu tentang notifikasi Anda yang belum dibaca yang Anda miliki tanpa menarik bayangan pemberitahuan. Meskipun hal ini memberi status bar sebagai tampilan yang lebih bersih, namun hal ini tidak secara khusus mengarah pada pengalaman pengguna yang baik.

Sama seperti setiap aspek lain dari MIUI yang bisa disesuaikan, Anda juga bisa men-tweak fungsionalitas ini. Cukup menuju ke Settings ⇒ Notification & status bar dan aktifkan opsi Show notification icons.

# 10 Tampilan Penggunaan Memori

Xiaomi biasa menampilkan jumlah RAM ksosong di perangkat di layar Recent Apps sampai MIUI 8.5. Setelah itu untuk beberapa alasan, perusahaan berhenti menampilkan ini mungkin dalam upaya untuk mencegah pengguna mengelola RAM kosong di perangkat mereka sendiri. Namun, karena varian dasar Redmi 5A hadir dengan RAM 2GB saja, sangat penting bahwa seseorang menyimpan tab pada jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang dan jumlah RAM kosong yang tersedia. Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang, kinerja telepon bisa menjadi lambat.

Untuk menampilkan penggunaan RAM di layar Recent Apps Redmi 5A Anda, aktifkan opsi Show Memory status dari bawah Settings ⇒ Home screen & Recents.

# 9 Jalankan Dua Aplikasi WhatsApp

Redmi 5A hadir dengan slot dual-SIM yang berarti Anda dapat menggunakan dua kartu SIM di telepon sekaligus. Ini juga berarti bahwa banyak orang akan mencari untuk menjalankan dua aplikasi WhatsApp pada perangkat pada saat yang sama juga untuk dua nomor berbeda mereka. Untungnya, Xiaomi cukup pintar untuk memikirkan hal ini dan telah menyertakan fitur Dual Apps di MIUI 9 yang memungkinkan pengguna menjalankan dua salinan terpisah dari aplikasi yang sama pada satu perangkat. Dengan cara ini, Anda dapat menggunakan dua salinan berbeda dari WhatsApp dan aplikasi perpesanan lainnya di Redmi 5A Anda tanpa masalah.

Anda dapat menemukan semua opsi terkait Dual Apps di bawah Setelan ⇒ Dual Apps.

# 8 Tombol Senter Cepat

Ingin cepat mengaktifkan senter di Redmi 5A? Cukup tekan lama pada tombol menu saat di layar kunci. Dan bila Anda ingin mematikannya, cukup tekan tombol power satu kali.

# 7 Kunci Aplikasi dalam Memori

Dengan varian dasar Redmi 5A yang hadir dengan RAM 2GB saja, pengguna pasti kehabisan memori pada perangkat saat melakukan multitasking berat. Dalam kasus tersebut, MIUI akan secara otomatis membongkar aplikasi tertentu dari memori untuk memastikan kinerja sistem yang optimal. Tetapi jika Anda ingin aplikasi tertentu tetap di memori tidak peduli apa, Anda dapat melakukannya dengan membuka layar Recent Apps lalu menggesek kartu dari aplikasi itu. Ikon kunci kemudian akan ditampilkan di kartu aplikasi yang menandakan bahwa meneruskannya tidak akan dibongkar dari memori perangkat. Baca juga: Daftar Masalah Redmi 5A dan Solusinya.

# 6 Ambil Foto dalam Snap

Ingin segera meluncurkan aplikasi kamera di Redmi 5A dan berfoto? Cukup double tap pada tombol Volume turun saat berada di layar kunci atau saat layar dimatikan. Dan jika Anda ingin menyesuaikan gesture ini atau memasangkannya dengan tombol lain, itu juga mungkin. Cukup menuju ke Settings ⇒ Additional settings  Button and gesture shortcuts  Luncurkan kamera dan pilih salah satu opsi yang tersedia.

# 5 Gestures dan Shortcuts

Xiaomi Redmi 5A juga dilengkapi dengan banyak gesture dan cara pintas yang dapat disesuaikan dan dapat Anda gunakan untuk beberapa tugas sehari-hari. Ini termasuk kemampuan mengambil screenshot dengan menggesekkan tiga jari di layar dengan cepat, meluncurkan Google Asisten atau membuka aplikasi kamera, dan banyak lagi. Anda dapat menemukan semua opsi gesture dan pintasan terkait di Redmi 5A Anda di bawah Settings  Additional settings  Buttons and gesture shortcuts.

# 4 Perluas Pemberitahuan

Setelah menolak selama bertahun-tahun, Xiaomi akhirnya mengadopsi perilaku panel pemberitahuan dengan MIUI 9 untuk semua perangkatnya. Ini berarti panel notifikasi MIUI 9 sekarang akan berfungsi persis seperti pada perangkat Android yang menjalankan stok Android. Hal ini mempermudah seseorang untuk segera memperluas notifikasi untuk melihat isinya tanpa harus membukanya. Dan pada aplikasi yang kompatibel, Anda juga akan ditunjukkan tombol tindakan yang relevan. Untuk memperluas notifikasi, cukup geser ke bawah dengan satu jari. Anda juga dapat menggesek ke bawah dengan dua jari untuk memperluas notifikasi, meskipun ini akan mengharuskan Anda untuk menggunakan kedua tangan Anda.

# 3 Multi-window Multitasking

Meskipun datang dengan internal yang sederhana, Redmi 5A mendukung multi-window multitasking. Ini berarti Anda dapat menjalankan dua aplikasi secara berdampingan di telepon untuk memaksimalkan produktivitas Anda. Untuk menikmati jendela Split / multi-window multitasking di Redmi 5A Anda, buka jendela Apps Terbaru dan sentuh tombol Split Window di pojok kiri atas. Sekarang, seret dan lepaskan salah satu dari dua aplikasi yang terbuka dan kompatibel untuk menikmati multi-window multitasking di Redmi 5A Anda. Anda dapat mengubah ukuran jendela aplikasi individual dan juga dengan cepat menukar posisi mereka sekitar hanya dengan sekali ketukan.

# 2 Toggle Silent Mode Cepat

Anda sekarang dapat dengan cepat mengaktifkan silent mode di Redmi 5A dengan menekan tombol Volume turun satu kali dan kemudian mengaktifkan tombol silent untuk beralih dari atas. Anda kemudian akan diberi pilihan untuk memilih berapa lama mode diam akan bertahan - 30 menit, 1 jam, 2 jam; atau apakah Anda ingin memasukkan telepon Anda ke mode Jangan Ganggu / Do not Disturb Mode.

# 1 Flip to mute dan Other Incoming Call Settings

Jika Anda ingin cepat mematikan panggilan masuk ke Redmi 5A Anda, cukup flip telepon untuk membungkamnya. Demikian pula, Anda juga dapat mematikan volume dering untuk panggilan masuk begitu Anda mengangkat telepon.

Kedua opsi ini dinonaktifkan secara default dan harus diaktifkan dari Settings ⇒ System Apps  Call settings  Incoming call settings. Anda juga akan menemukan pilihan untuk mematikan dering pertama Redmi 5A Anda saat Anda menerima panggilan dari nomor tak dikenal dan menyalakan lampu pemberitahuan selama panggilan masuk berlangsung.

Demikianlah paparan admin mengenai Tips dan Trik Terbaik Tersembunyi di Xiaomi Redmi 5A. Semoga dengan tips dan trik Redmi 5A ini Anda bisa mendapatkan gambaran yang luar biasa terhadap ponsel murah namun dengan spesifikasi mumpuni. Jangan lupa cari artikel terkait dari kotak pencarian di situs ini. Sekian. Baca juga: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Note 5A Prime.