Whatsapp Tidak Bisa Mengirim Pesan, Begini Solusinya

Whatsapp Tidak Bisa Mengirim Pesan -- WhatsApp adalah salah satu perangkat lunak obrolan terpopuler di seluruh dunia. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mengirim / menerima pesan ke / dari teman dan keluarga mereka. Itu membuat proses chatting lebih menarik dan nyaman.

Cara Mengatasi whatsapp tidak bisa mengirim pesan

Namun, banyak pengguna mengatakan bahwa mereka pernah bertemu situasi sehingga mereka terkadang tidak dapat mengirim dan menerima pesan WhatsApp. Apa alasan untuk masalah ini? Bagaimana kita bisa memperbaiki masalah ini? Jangan khawatir Artikel ini akan memberi tahu jawabannya. Baca juga: Cara Log in WhatsApp dengan Nomor Hp yang Sudah Tidak Aktif.

Alasan Utama Masalah WhatsApp Tidak Bisa Mengirim dan Menerima Pesan

Sebenarnya, kesalahan WhatsApp semacam ini disebabkan oleh berbagai alasan. Namun, menurut pengalaman, admin menemukan bahwa ada empat penyebab utama yang dapat menyebabkan pesan pengiriman dan penerimaan WhatsApp gagal dikirim. Anda dapat memeriksanya di perangkat Anda dan menggunakan solusi yang merespons untuk menyelesaikan masalah. Sekarang mari kita lihat alasan utamanya.
  1. Koneksi jaringan yang buruk. Performa yang bagus dari WhatsApp tergantung pada internet yang stabil. Oleh karena itu, Anda akan gagal untuk mengirim atau menerima pesan WhatsApp saat menggunakan jaringan yang buruk.
  2. Ruang terbatas. Mengirim dan menerima pesan mengharuskan Anda memiliki ruang yang cukup.
  3. Verifikasi yang tidak berhasil. Semua pengguna WhatsApp tahu bahwa kami harus memverifikasi nomor telepon yang terkait dengan WhatsApp sebelum menggunakan alat ini. Jadi, tak terbantahkan lagi bahwa Anda mengirim dan menerima pesan WhatsApp tidak berhasil saat Anda tidak menyelesaikan proses verifikasi.
  4. Ditolak oleh kontak tertentu. Ada kemungkinan lain - Anda diblokir oleh kontak yang ingin Anda kirimi teks. Dalam situasi ini, Anda tidak diizinkan untuk menelepon atau mengirim SMS kepadanya. Selain itu, Anda tidak dapat melihat / update nya.
Setelah mengetahui alasan di atas tiba saatnya untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi WhatsApp Tidak Bisa Mengirim & Menerima Pesan


Setelah mengetahui penyebab utama dari masalah ini, mungkin Anda dapat menemukan beberapa solusi. Jangan ragu Metodenya tidak rumit dan Anda bisa menyelesaikan masalah dalam hitungan detik mungkin. Sebagai rujukan Anda, berikut adalah cara paling efektif untuk memperbaiki masalah "tidak dapat mengirim dan menerima pesan WhatsApp". Coba saja:

Periksa Status Jaringan

Koneksi internet yang buruk adalah alasan yang paling umum namun dapat dipecahkan dengan mudah dengan beberapa cara berbeda:
  1. Periksa sinyal jaringan yang Anda gunakan. Jika Anda mendapati bahwa sinyal sangat buruk, Anda dapat mencoba mematikannya terlebih dahulu dan kemudian menyambungkan kembali. Dan juga, Anda dapat beralih ke jaringan Wi-fi lain yang tersedia.
  2. Nonaktifkan mode "Airplane". Anda hanya perlu menggesek dari tepi bawah layar untuk masuk ke "Control Center" untuk memeriksanya. Cukup klik pada icon "Airplane" untuk mematikannya saat Anda melihatnya menyala.
  3. Reset pengaturan jaringan pada iPhone anda. Anda bisa masuk ke Settings> General> Reset> Reset Network Settings untuk mencapai tujuan.

Reboot iPhone Anda

Konflik perangkat lunak sering menyebabkan kesalahan iPhone, yang mungkin menjadi alasan kesalahan pesan WhatsApp juga. Dan biasanya, reboot perangkat Anda bisa memecahkan masalah sehingga Anda bisa mencobanya. Ini sangat sederhana. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menekan dan menahan tombol Home and Power sampai tidak aktif. Kemudian tunggu beberapa detik dan tekan lagi tombol Power untuk me-reboot perangkat.

Instal ulang WhatsApp

Sangat mungkin bahwa WhatsApp yang Anda gunakan memiliki beberapa bug atau versi aplikasi terlalu tua. Jadi, Anda disarankan untuk mencopot pemasangan WhatsApp yang Anda gunakan pada awalnya. Kemudian Anda bisa pergi ke App Store untuk mencari dan mendownload WhatsApp terbaru. Setelah itu, Anda perlu menginstalnya pada iPhone dan meluncurkannya lagi.

Bebaskan Perangkat Anda

Bila ruang penyimpanan iPhone Anda terlalu kecil untuk dijalankan oleh WhatsApp, Anda tidak akan dapat mengirim dan menerima pesan apa pun di dalamnya. Jadi Anda perlu membebaskan iPhone Anda. Untuk menghapus telepon Anda, Anda perlu menghapus beberapa file sampah atau yang tidak perlu di dalamnya. Atau Anda dapat memilih untuk membackup data yang diinginkan di iPhone ke perangkat lain dan menghapusnya dari telepon Anda untuk mendapatkan lebih banyak tempat.

Hard Reset Perangkat Anda

Metode terakhir adalah menyetel ulang ponsel Anda. Anda tidak disarankan untuk menggunakan metode ini kecuali jika Anda memiliki pilihan lain karena ini berarti akan menghapus semua pengaturan pada perangkat Anda dan Anda mungkin kehilangan beberapa file. Tapi itu satu-satunya cara jika Anda telah mencoba semua metode lain namun tidak bisa bekerja. Untuk mengatur ulang perangkat, Anda harus membuka Pengaturan> Umum> Setel ulang> Hapus Semua Konten dan Setelan. Setelah itu, Anda perlu mendownload dan menginstal WhatsApp di telepon Anda lagi. Kemudian Anda dapat mengirim dan menerima pesan WhatsApp sekarang.

Demikianlah paparan admin mengenai cara mengatasi whatsapp tidak bisa mengirim pesan. Semoga Anda bisa mengatasinya. Sekian. Baca juga: Cara Melihat Kode Qr Batang WhatsApp Sendiri.