Tidak Bisa Aktivasi Akun PPDB, Begini Caranya

Tidak Bisa Aktivasi Akun PPDB -- Dalam beberapa hari terakhir banyak sekali keluhan mengenai kenapa tidak bisa aktivasi akun PPDB. Oleh sebab itu, kami akan coba jelaskan cara aktivasi PPDB yang benar itu seperti apa agar kesalahan tidak bisa aktivasi bisa diatasi dengan mudah. Baca Juga: Cara Ganti Foto LTMPT.

Tidak Bisa Aktivasi Akun PPDB

Mengapa harus aktivasi akun PPDB? Ya jelas saja ya agar proses pendaftaran peserta didik baru bisa ditindaklanjuti lebih jauh maka dibutuhkan sebuah proses aktivasi akun. Namun apa jadinya jika akun PPDB tidak bisa diaktivasi? Tentu ini akan bikin siswa siswi bahkan keluarga juga ikut pusing. Nah semoga saja artikel ini bisa sedikit membantu.

Pada tahun ini, PPDB 2020 didominasi dengan 4 sistem yaitu Zonasi, Prestasi, Afirmasi dan Perpindahan Tugas Orang Tua. Oleh sebab itu, sebelumnya anda harus baca dulu alur pendaftarannya dengan benar.

Kenapa Tidak Bisa Aktivasi Akun PPDB?

Ada banyak alasan kenapa tidak bisa aktivasi akun PPDB misalnya saja bisa saja lupa password login. Kemudian pendaftaran sebelumnya belum benar, hal ini karena formulir ajuannya salah. Dan yang paling parah adalah situs untuk aktivasi PPDB online tidak bisa diakses gara-gara kelebihan beban mengingat pendaftaran PPDB tersebut pasti serentak dan diakses oleh orang banyak.

Oleh sebab itu, Anda harus pastikan semua persyaratan dipenuhi dengan benar. Berkas-berkas yang ada sudah disiapkan dengan tepat. Jadi tidak ada yang salah satupun. Harus lengkap. Dengan begitu maka resiko untuk gagal aktivasi PPDB bisa berkurang. Baca Juga: Cara Menggunakan Mendeley.

Nah bagi yang masih belum jelas cara aktivasi akun PPDB maka bisa coba cek langkah-langkahnya berikut ini.

Cara Aktivasi Akun PPDB dengan Mudah

Untuk yang sudah saat ini daftar akun PPDB dan berusaha untuk aktivasi akun PPDB maka bisa ikuti langkah-langkah berikut. Pastikan bahwa Anda sudah mendapatkan PIN/token setelah mengajukan ajuan akun PPDB ya.
  • Silahkan Anda masuk pada situs PPDB Anda. Pilih jenjang dan jalur yang sudah Anda pilih.
  • Pilih "Aktivasi Akun" dengan cara memasukkan Nomor Peserta dan Token yang sudah Anda cetak.
  • Selanjutnya, masukkan Nomor Peserta, Token/Password, dan Kode Keamanan, lalu Cari Akun Anda.
  • Silahkan bikin password baru memakai kombinasi angka dan huruf, kemudian klik Aktivasi Akun.
  • Apabila aktivasi berhasil, Anda akan dapat informasi "Aktivasi Akun Berhasil. Klik tombol di bawah untuk melakukan login". Silahkan Anda login ke akun Anda.
  • Anda harus masuk ke data pendaftar. Anda harus unggah berkas dan pilih sekolah.
  • Ketika sudah selesai, cek ulang data yang sudah diunggah lalu pilih "Cetak Bukti Pendaftaran".
Dengan cara ini maka Anda sudah berhasil aktivasi akun PPDB Anda. Pastikan cek satu demi satu hal di atas agar tidak salah.

Sekian penjelasan kami mengenai tidak bisa aktivasi akun PPDB. Semoga saja informasi dari kami berguna untuk Anda semua. Baca Juga: Apa itu NPSN?