Apa itu NPSN? NPSN Singkatan Dari

Apa itu NPSN? NPSN Singkatan Dari -- Mungkin sebagain dari orang tidak mengetahui apa itu NPSN atau kepanjangan NPSN. Oleh karena itu kami akan menjelaskan kepada Anda NPSN Singkatan dari apa. Jadi teruslah membaca agar mendapatkan jawaban yang jelas mengenai NPSN adalah.... Baca juga: Dapodik 2019 C Tidak Bisa Dibuka, Ini Solusinya.

Apa itu NPSN

NPSN biasanya akan sangat berguna ketika mau input data secara online terkait dengan data diri sekolah. Bahkan kadang kala bagi seorang lulusan sekolah yang mau daftar kuliah juga membutuhkan NPSN sekolah asal. Lantas NPSN itu singkatan dari apa? Mengapa NPSN menjadi sangat penting sekarang. Ok. Dari pada panjang lebar maka silahkan baca penjelasan dari kami tentang apa itu NPSN.

Apa itu NPSN? NPSN Singkatan Dari

NPSN adalah singkatan dari Nomor Pokok Sekolah Nasional. NPSN merupakan sebuah kode pengenal sekolah Indonesia yang memiliki sifat yang sangat unik karena kode inilah yang membedakan satu sekolah dengan sekolah yang lainnya. Baca juga: Cara Mengatasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik.

Berikutnya, NPSN ini sekarang sudah bersifat nasional karena telah menggantikan kode sebelumnya yang disebut dengan NIS. NIS memiliki format yang berbeda dari wilayah satu ke wilayah yang lain. Sehingga ini memberikan dampak bahwa penyusunan kode pengenal sekolah antara satu provinsi berbeda dengan provinsi lainnya. Sehingga berakibat pada adanya data sekolah ganda yang imbasnya berpengaruh pada sistem penggajian, penilaian, dan registrasi yang lainnya. Oleh karena itu, NPSN menjadi cara yang tepat dalam menyederhanakan dan menggabungkan sistem alhasil setiap sekolah mempunyai kode unik dan pembeda utama antara sekolah satu dengan lainnya di seluruh wilayah Indonesia.

Perlu diingat sekali lagi bahwa NPSN adalah kode pengenal yang sudah ditetapkan oleh Pusat Data dan Statistik Pendidikan (PDSP) dan telah diberikan kepada satuan pendidikan (sekolah) via dinas pendidikan kabupaten/kota di seluruh wilayah Indonesia. Tujuan dengan penggunaan NPSN ialah untuk kemudahan dalam pengelolaan data satuan pendidikan.

Sebagai informasi terakhir bahwa dasar pengembangan NPSN adalah Permendikbud No. 99 tahun 2013 yang berkaitan dengan “Tata Kelola Teknologi Informasi dan Komunikasi di Lingkungan Kemendikbud”, Inmen Kemdikbud No. 2 Tahun 2011 “Tentang Kegiatan Pengelolaan Data Pendidikan Menteri Pendidikan Nasional”, dan Surat Keputusan Kabalitbang Diknas Nomor 3574/G.G4/KL/2009, tanggal 22 Oktober 2009, tentang “Nomor Pokok Sekolah Nasional sebagai nomor unik satuan pendidikan”

Kemudian, perlu Anda ketahui bahwa format NPSN terdiri dari 8 digit secara acak. Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Apa itu NPSN? NPSN Singkatan Dari. Semoga bermanfaat. Baca juga: Kenapa PDSS Tidak Bisa Dibuka? Ini Caranya.