Bagaimana Cara Menggunakan Mendeley? Begini Paparannya

Cara Menggunakan Mendeley -- Jika Anda mau membuat sebuah referensi atau daftar pustaka dengan sangat mudah di Office word maka Anda harus belajar cara menggunakan mendeley. Mendeley adalah aplikasi / software komputer yang berfungsi dalam menambahkan daftar pustaka di dalam aplikasi Office. Mendelay adalah aplikasi lintas platform Linux, Windows, Mac OS, dan iOS. Dengan bantuan Mendeley, Anda bisa mengekspor literatur penelitian yang dikelola oleh Mendeley ke dalam LibreOffice/ Microsoft Office untuk dijadikan sebagai Daftar Pustaka atau Bibliografi dengan mudah tanpa ada kesalahan dalam tulisan tahun, nama, ataupun judul literatur yang akan kita gunakan. Baca juga: Cara Mengerjakan Tes Reading TOIEC Agar Diatas 600.

cara memakai mendeley

Sehingga, jika Anda merupakan salah seorang dari peneliti jelas akan membutuhkan Mendeley untuk menyusun daftar pustaka Anda. Mengingat, daftar pustaka atau kajian literature adalah hal pokok yang harus diusung oleh peneliti agar penelitian yang dibuatnya dapat dipertanggungjawabkan di depan khalayak umum. Nah langsung saja berikut cara menggunakan mendeley di windows 7, 8.1 atau windows 10.

Cara Menggunakan Mendeley

Kami akan menjelaskan langkah demi langkah dalam menggunakan mendeley. Bagi Anda yang masih belum mahir dalam menggunakan aplikasi ini jelas akan bermanfaat nantinya di kemudian hari. Mendeley akan membantu meringankan beban Anda untuk menyusun daftar pustaka di Office dengan sangat cepat tanpa adanya kesalahan penulisan. Baca juga: Cara Lolos Beasiswa LPDP Yang Tidak Pernah Anda Kira.

Adapun step demi step cara menggunakan Mendeley dapat Anda baca sesuai dengan petunjuk yang kami sampaikan di bawah ini.

Langkah Cara Menggunakan Mendeley

Berikut langkah menggunakan Mendeley.
  • Pastinya Anda sudah harus memasang Mendeley di Windows Anda.
  • Segera jalankan Aplikasi Mendeley.
  • Ketuk menu Tools >> Install LibreOffice Plugin.
  • Kemudian jalankan LibreOffice Writer sehingga akan muncul toolbar Mendeley di sana.
  • Silahkan buka dokumen Anda yang akan diberikan sitasi.
  • Untuk memberikan sitasi / citation maka Anda bisa mengetuk Insert Citation. Tuliskan nama referensi di jendela kecil yang muncul / ketuk "Go to Mendeley".
  • Pilih referensi yang dikutip, ketuk Cite di Toolbar Mendeley Anda.
  • Sekarang lihat kembali LibreOffice Anda, maka secara otomatis referensi akan ditambahkan.
  • Agar Anda bisa menambahkan Daftar Pustaka maka ketuk Insert Bibliography di toolbar LibreOffice Anda.
  • Sekarang Anda sudah bisa menggunakan Mendeley.
Kita akan lanjutkan bagaimana cara membuat Daftar Pustaka dengan Mendeley. Untuk proses lebih jelasnya kami sampaikan di bawah ini.

Langkah Cara Membuat Daftar Pustaka Menggunakan Mendeley

Agar bisa membuat daftar pustaka / bibliografi menggunakan Mendeley, maka sebelumnya Anda harus menyisipkan semua citation terlebih dulu. Hal ini dikarenakan semua isi dari daftar pustaka akan diproduksi oleh Mendeley Desktop berdasarkan sitasi yang Anda gunakan. Cara memasukkan daftar pustaka menggunakan Mendeley adalah sebagai berikut. Baca juga: Mengenal Apa itu Swafoto?

Di LibreOffice Writer, ketuk toolbar "Insert Bibliography" dan beres (seperti langkah diatas).

Catatan: untuk memilih Style / gaya penulisan daftar pustaka, Anda dapat mengetuk toolbar LibreOffice "Choose Citation Style" -- Untuk standar penulisan daftar pustaka dan kutipan tingkat Sarjana S1 adalah standar APA 6th edition, sedangkan standar penulisan daftar pustaka untuk jurnal ilmiah ialah standar IEEE.

Kebanyakan dosen S1 belum begitu mengetahui tentang hal ini, jadi jika kebanyakan dari mereka ngeyel maka segera tanyakan saja kepada mereka apa standar Style dalam penulisan sitasi dan daftar pustaka, pasti mereka akan gelagapan dalam menjawabnya karena tidak tahu menahu.

Yang jelas, yang perlu Anda ingat ialah ketika hendak menyisipkan citation / daftat pusataka, maka Mendeley harus dijalankan terlebih dulu karena teknologi yang digunakan Mendeley saat tahun ini (2019) sepertinya sudah bisa bertautan secara otomatis dengan LibreOffice Writer, Open Office Writer, dan atau MS Word.

Sekian penjelasan kami mengenai cara menggunakan Mendeley. Semoga saja penjelasan kami berguna untuk Anda yang mau menyusun daftar pustaka dalam menyelesaikan laporan ilmiahnya baik berupa skripsi atau jurnal ilmiah. Baca juga: Download 16 Aplikasi SMS Gratis Tanpa Pulsa di Android.