Dapodik 2020 Tidak Bisa Sinkron, Begini Cara Mengatasinya

Dapodik 2020 Tidak Bisa Sinkron -- Apakah Anda mencari cara mengatasi gagal sinkronisasi dapodik 2020? Jika iya maka Anda sudah berada di tempat yang tepat. Hari ini kita akan bahas kenapa dapodik 2020 tidak bisa sinkron. Oleh karena itu, kami berharap para operator dapodik di masing-masing sekolah yang sudah menemukan artikel kami mau membaca dengan seksama. Baca juga: Cara Menghapus Ruang Kelas di Dapodik 2020.

Cara mengatasi Dapodik 2020 Tidak Bisa Sinkron

Sejak perilisannya sekitar 3 minggu yang lalu, aplikasi Dapodik 2020 banyak sekali mengalami error. Disamping itu, karena secara visualisasi sangat baru maka juga banyak sekali operator dapodik yang harus menyesuaikannya dengan betul betul beda dengan dapodik 2019. Masalah yang kami temui selain rumitnya cara menghapus ruang kelas di dapodik 2020 ternyata hari ini ditemukan dapodik 2020 tidak bisa sinkron. Aplikasi dapodikasmen ini sering gagal sinkronisasi.

Jadi kesempatan yang baik ini akan kami gunakan untuk membahas Dapodik 2020 tidak bisa sinkron dan cara mengatasinya. Semoga saja artikel ini bisa membantu Anda semuanya.

Dapodik 2020 Tidak Bisa Sinkron

Sebenarnya proses sinkronisasi dapodik 2020 akan dimulai setelah aplikasi Dapodik berhasil Anda pasang di Laptop / PC Anda. Jadi ketika Anda berhasil mengisi data kemudian ketuk sinkronisasi maka selanjutnya sebenarnya Anda hanya harus menunggu namun ternyata dapodik 2020 tidak bisa sinkron. Baca juga: Cara Menghapus Sarpras di Dapodik 2020.

Oleh karena itu, kami akan paparkan dengan teliti bagaimana cara mengatasi dapodik 2020 tidak bisa sinkron semacam ini.

Cara Mengatasi Dapodik 2020 Tidak Bisa Sinkron

Berikut panduan untuk operator dapodik 2020 jika gagal sinkron.
  • Anda harus pastikan browser yang anda pakai sudah terbaru.
  • Kemudian Anda harus menghapus riwayat penelusuran Anda sampai ke akarnya. Dalam hal ini deleta all time history.
  • Selanjutnya baru jalankan aplikasi dapodik 2020.
  • Di bagian ini Anda harus cek pula kecepatan internet Anda harus kencang dan stabil.
Terakhir, Anda bisa melakukan hal di bawah ini ketika beberapa langkah di atas sudah anda lakukan.

Muncul Peringatan Silahkan Update Sinkronisasi Anda dengan Versi Terbaru

Solusi: Setelah Anda klik menu Sinkronisasi maka selanjutnya ketuk tombol update versi sinkronisasi sebelum klik tombol sinkronisasi.

Muncul Info C:Program File (x86)/Dapodik/dataweb/synch_dikdas/index.php on line 0

Cara Mengatasinya: Download file Sync Error dan silahkan ekstrak isinya. Selanjutnya ikuti petunjuk di bawah ini.
  • Buka DapodikWebSrv dan klik Stop DapodikDB dan Stop terlebih dahulu keduanya pada servis manager dengan cara pada ketikkan tulisan Services di Start Menu kemudian Services ==> Services (Lokal) ==> klik kanan pada DapodikWebSrv lalu ketuk Stop ==> klik kanan pada DapodikDB kemudian ketuk Stop.
  • Klik Start kembali pada DapodikDB apabila file replace yang ada di petunjuk di bawah ini sudah Anda lakukan.
  • Download File index.php ini dulu. Copy semua filenya lalu timpa di: a) untuk windows 64bit ke C:/ProgramFiles/Dapodik/dataweb/synch_dikdas. b) untuk windows 32bit ke C:/ProgramFiles (x86)/Dapodik/dataweb/synch_dikdas
Selesai. Itu ketika ada masalah pada lokal disc C: Anda. Namun bisa juga dengan cara berikut ini.
  • Download file Sync Error.
  • Kemudian hapus history browser (Dapodik) all time dengan menggunakan Ctrl + Shift + Del.
  • Tutup web browser.
  • Pasang aplikasi.
  • Jalankan sebagai administrator dengan klik Run As Administrator.
Beres. Begitu saja semuanya maka selesai.

Masalah Proses Sinkronisasi Dihentikan Karena Masih Ada Data Invalid. Untuk Lebih Detail, silahkan cek di halaman validasiFront End

Solusinya: Sama seperti langkah sebelumnya. Anda bisa mencobanya dengan hati-hati. Jika Anda tidak berhasil alangkah lebih baik jika tanya pada ahlinya.

Sekian dulu penjelasan kami mengenai Dapodik 2020 tidak bisa sinkron. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda. Baca juga: Dapodik 2019 c Tidak Bisa Dibuka, Ini Solusinya.