Bagaimana Cara Menghapus Ruang Kelas di Dapodik 2020?

Cara Menghapus Ruang Kelas di Dapodik 2020 -- Menghapus ruang kelas/teori, ruang aula, ruang LAB dan ruang yang lainnya di aplikasi Dapodik 2020 kini sedang dicari oleh para operator dan birokrasi yang ada di pendidikan formal sekolah dasar. Sebenarnya, menghapus ruang kelas di Dapodik 2020 merupakan bagian dari cara menghapus sarana dan prasana di Dapodik 2020. Namun perlu Anda ketahui, menghapus ruang kelas di Dapodik 2020 hampir sangat sulit untuk dilakukan karena sistem juga semakin kuat. Namun kita akan coba kupas bersama. Baca juga: Dapodik 2019 C Tidak Bisa Dibuka, Begini Solusinya.

Cara hapus Ruang Kelas di Dapodik 2020

Cara menghapus ruang kelas di dapodik 2020 akan cukup ribet dilakukan. Hal ini karena ketika Anda seorang operator yang mau menghapus field yang telah tidak terpakai maka Anda harus konfirmasi dan menghapus turunan yang saling berkaitan. Sebagai contoh, ketika Anda mau menghapus ruang kelas/teori maka Anda tidak dapat secara langsung menghapusnya jika ruang kelas/teori tersebut masih menyimpan data turunan ruang.

Cara Menghapus Ruang Kelas di Dapodik 2020

Berangkat dari masalah di atas maka Anda disarankan untuk menghapus data turunan ruang kelas terlebih dahulu. Caranya silahkan masuk ke Sarpras > Alat, Angkutan, Buku. Selanjutnya, agar memunculkan ruang yang hendak Anda hapus maka pakailah bagian kolom filter yang ada di pojok kanan atas > tampilkan ruang. Baca juga: Token UNBK Tidak Muncul, Ini Cara Mengatasinya.

Ketika sudah muncul ruang yang mau Anda hapus, maka Anda harus menghapus satu demi satu tabel yang muncul. Cara menghapusnya dengan cara memilih Tabel > pada bagian Aksi ketuk Hapus Pembukuan Alat. Di bagian Field "Diisi saat tidak digunakan" maka Anda harus isi agar tidak error > Simpan.

Dengan begini data akan dihapus. Disini Anda bisa melanjutkan proses menghapus data lainnya. Jika semua sudah beres maka Anda bisa balik ke bagian Ruang untuk menghapus ruang kelas tersebut.

Catatan: Cara menghapus sarpras / ruang kelas seperti yang sudah kami jelaskan di atas hanya berlaku jika tidak terhubung dengan data periodik dan penjadwalan dari semester lalu.

Cara Menghapus Ruang Kelas di Dapodik 2020 Jika Terkait dengan Jadwal Lalu

Agar bisa menghilangkan ruang kelas di dapodik 2020 apabila datanya terkait dengan data periodik maka Anda harus merubah jenis sarpras dengan yang lain. Caranya dengan ketuk tabel yang hendak Anda edit lalu ganti nomor jenis sarpras menggunakan angka 99. Selanjutnya nama ruang ganti dengan yang lain. Terakhir Simpan.

Sekian penjelasan kami mengenai cara menghapus ruang kelas / sarpras di dapodik 2020. Semoga tidak mengecewakan. Baca juga: Cara Mengatasi Tidak Bisa Membuka PDSS.