Cara Menyimpan Riwayat / History Chat di Telegram

Cara Menyimpan Riwayat / History Chat di Telegram -- Telegram adalah aplikasi luar biasa dan fitur-fiturnya cukup untuk mengejutkan siapa pun. Fitur unik dari aplikasi Telegram misalnya ketersediaan berbagai macam bot, akses pengguna ke berbagai channel Telegram keren dan grup yang berbeda menjadikan Telegram aplikasi perpesanan terbaik yang pernah ada. Salah satu fitur unik dari aplikasi ini adalah Anda dapat menyimpan riwayat obrolan / chat Telegram secara lokal di perangkat Anda. Baca juga: Cara Menghapus Kontak Telegram.

Cara Menyimpan History Chat di Telegram

Sekarang muncul pertanyaan, mengapa kita perlu menyimpan riwayat chat dan mengekspornya secara lokal? Yah, beberapa mungkin ingin menyimpannya untuk kenangan. sementara yang lain menyimpannya sebagai cadangan. Tetapi apa pun masalahnya, faktanya adalah bahwa sebenarnya mungkin untuk melakukan itu.

Sayangnya, aplikasi Telegram tidak memungkinkan untuk mengekspor chat tetapi aplikasi Telegram Desktop dan web Telegram memungkinkan tugas ini dan kami akan menunjukkan metode menggunakan keduanya. Dengan menggunakannya, Anda dapat dengan mudah menyimpan chat Telegram di PC Windows atau Mac.

Cara Menyimpan Riwayat Chat di Telegram

Pertama Anda bisa mengekspor chat secara invidu. Meskipun riwayat chat Anda selalu tetap aman di Telegram karena server berbasis cloud-nya, bahkan jika Anda ingin menyimpan percakapan Anda dengan seseorang secara lokal, berikut adalah bagaimana Anda dapat melakukannya. Baca juga: Cara Menonaktifkan Last Seen di Telegram.

1. Buka aplikasi Telegram di desktop Anda dan buka kontak yang ingin Anda ekspor obrolannya.

2. Sekarang klik ikon tiga titik di kanan atas layar. Dari berbagai opsi yang tersedia, klik pada Ekspor Riwayat Obrolan.

3. Segera setelah mengklik, jendela Pengaturan ekspor obrolan akan muncul. Di sini Anda dapat memilih berbagai file seperti foto atau video yang ingin Anda ekspor bersama dengan obrolan Anda. Anda juga dapat mengatur batas ukuran file yang ingin Anda transfer dengan menggerakkan bilah yang diberikan, maju dan mundur. Memilih jalur download juga dimungkinkan bersamaan dengan tanggal, data yang ingin Anda unduh.

4. Klik pada EKSPOR pada jendela yang sama setelah semua penyesuaian dilakukan.

5. Setelah file siap, klik SHOW MY DATA untuk melihat file.

File yang diekspor akan dalam format HTML, sehingga dapat dibuka menggunakan browser apa saja.

Selanjutnya kita lanjut cara menyimpan riwayat chat Telegram dengan menyimpan semua data Telegram Anda.

Cara Menyimpan Semua Data Telegram

Metode yang dibahas di atas bagus ketika Anda ingin menyimpan data obrolan tertentu. Tetapi bagaimana jika Anda ingin data lengkap dari akun Telegram Anda? Ini akan menjadi proses yang sangat panjang dan rumit jika kita menggunakan metode di atas karena Anda harus menyimpan data untuk setiap kontak secara individual. Telegram memahami masalah Anda dan itulah sebabnya ia memiliki fitur yang digunakan untuk menyimpan semua riwayat obrolan dan data lainnya dalam sekali jalan.

1. Jalankan aplikasi Telegram di desktop Anda dan klik ikon tiga baris di kiri atas.

2. Klik opsi Pengaturan setelah itu.

3. Sekarang jendela pop-up akan terbuka. Klik pada opsi Advanced.

4. Setelah itu, pilih Ekspor data Telegram dari berbagai opsi.

5. Di jendela berikutnya, Anda dapat memilih data yang ingin Anda sertakan dalam file yang diekspor. Ini bisa berupa obrolan pribadi, daftar kontak, informasi akun, obrolan grup, foto, GIF dan semua hal lain yang ada di akun Telegram Anda. Seperti sebelumnya, Anda dapat membatasi ukuran data Anda dan juga memilih lokasi unduhan Anda. Pemilihan format juga dapat dilakukan antara HTML yang dapat dibaca Manusia dan JSON yang dapat dibaca mesin. Akhirnya, klik pada EKSPOR.

6. Sekarang cukup klik pada SHOW MY DATA seperti sebelumnya untuk melihat data Telegram tersimpan di perangkat Anda.

Cara Ekspor Chat Telegram dari Telegram Web

Jika Anda tidak menggunakan aplikasi desktop Telegram tetapi masih ingin mengekspor riwayat obrolan, ada opsi lain yang tersedia untuk Anda. Menggunakan Telegram Web tugas dapat dicapai dan prosesnya sangat sederhana. Anda hanya perlu menambahkan ekstensi ke browser Chrome Anda.

1. Menggunakan toko web Chrome, tambahkan ekstensi Save Telegram Chat History ke chrome Anda.

2. Sekarang buka Telegram Web dan pilih obrolan yang ingin Anda ekspor riwayat obrolannya.

3. Setelah itu, klik pada ikon ekstensi yang tersedia di kanan atas. Ekstensi akan secara otomatis mengekstrak percakapan dan Anda hanya perlu mengklik ikon simpan yang diberikan di bagian bawah.

Riwayat obrolan Anda akhirnya disimpan di PC Windows atau Mac Anda dalam bentuk dokumen. Anda dapat menemukan file dan membaca percakapan Anda tanpa menggunakan Telegram apa pun sekarang. Metode ini memiliki satu kelemahan dibandingkan dengan metode yang menggunakan aplikasi desktop Telegram. Pengguna dapat menyimpan pesan teks dengan mudah tetapi menyimpan foto, video, atau hal lain tidak dimungkinkan.

Sekian penjelasan kami mengenai cara menyimpan riwayat chat Telegram. Semoga saja informasi ini berguna untuk Anda. Baca juga: Cara Mengembalikan Foto dan Video yang Terhapus di Telegram.