Cara Mudah Menonaktifkan Last Seen di Telegram

Cara Mematikan Last Seen di Telegram, Cara Menonaktifkan Terakhir Dilihat di Telegram -- Sebelumnya di aplikasi Telegram tidak ada ketentuan menyembunyikan atau menonaktifkan opsi 'terakhir terlihat / last seen'. Satu-satunya cara seseorang dapat mencegah orang lain dari menonton yang terakhir mereka lihat adalah dengan memblokir mereka. Baca juga: Cara Menghapus Percakapan Chat (Pesan Terkirim) di Telegram.

cara mematikan last seen di telegram

Tetapi sekarang, Telegram telah menambahkan fitur baru yang akan memungkinkan orang-orang menyembunyikan opsi last seen dari kontak mereka dan orang lain tanpa harus memblokir mereka. Baca terus dan temukan cara menonaktifkan last seen di Telegram.

Mengapa Harus Menonaktifkan Last Seen di Telegram?

Sewaktu melakukan kirim pesan, admin sering ingin menjaga privasi dari semua orang atau dari beberapa orang terpilih. Misalnya, beberapa orang tidak ingin bos mereka tahu berapa lama mereka menggunakan internet di malam hari. Ini juga masalah privasi, karena yang terakhir terlihat / last seen dapat memberikan informasi tentang kebiasaan dan aktivitas seseorang. Ketika muncul, aplikasi perpesanan Telegram tidak memiliki opsi menonaktifkan apa pun untuk bagian last seen. Tetapi ketika tim Telegram menerima permintaan dari pengguna / pelanggan untuk memiliki opsi yang memungkinkan mereka untuk tidak menampilkan informasi ini, mereka dipaksa untuk menambahkan fitur pada aplikasi perpesanan.

Langkah Cara Menonaktifkan Terakhir Terlihat / Last Seen di Telegram

Untuk menonaktifkan opsi yang terlihat terakhir di Telegram, pertama-tama masukkan aplikasi perpesanan. Baca juga: Cara Menghapus Akun Telegram Secara Permanen.
  • Lihatlah bagian atas sisi kiri. Di sana Anda akan menemukan tiga garis horizontal. Ini disebut tombol Menu. Ketuk tombol Menu ini.
  • Setelah layar baru terbuka, pilih opsi pengaturan.
  • Ketuk opsi Privasi dan Keamanan.
  • Sekali lagi layar baru akan terbuka. Di sini ketuk Terakhir Dilihat / Last Seen.
  • Pada halaman berikutnya Anda akan menemukan tiga pilihan: Semua Orang, Kontak Saya dan Tidak Ada. Klik siapa pun jika Anda tidak ingin siapa pun melihat opsi last seen Anda. Anda juga dapat memilih Kontak Saya yang hanya akan memungkinkan mereka yang ada di daftar kontak Anda untuk melihat opsi yang terakhir Anda lihat.
  • Setelah Anda memilih salah satu dari tiga opsi, tanda centang akan muncul di sisi kanan atas. Klik pada tanda centang.
  • Kotak pop-up akan muncul. Di sini klik Ok.
  • Itu dia! Status Last Seen Telegram Anda sekarang dinonaktifkan.
Di atas merupakan langkah-langkah cara mematikan last seen Telegram di Android. Jika Anda mau menonaktifkan last seen Telegram di iOS terutama di iOS 7, 8, 9, 10, 11 dan 12 maka Anda bisa mengikuti panduan di bawah ini.

Cara Mematikan Last Seen Telegram di iOS

Jika Anda memiliki iPhone, Anda juga dapat menonaktifkan opsi last seen di ponsel Anda jika Anda menggunakan iOS 7/8/9/10/11/12. Untuk melakukannya:
  • Buka Cydia.
  • Biarkan memuat ulang paket.
  • Setelah mengisi ulang data, pergi ke pencarian.
  • Dalam opsi pencarian, ketik Telegram. Anda akan menemukan pilihan Telegram LSTime Stamp. (LS berarti Last Seen).
  • Pilih itu. Di sini Anda dapat memilih dan mengubah opsi last seen. Anda dapat menonaktifkan opsi last seen di sini tetapi masih dapat melihat opsi last seen orang lain.
  • Konfirmasikan instalasi dan Anda selesai.
Demikianlah penjelasan mengenai cara menonaktifkan last seen di Telegram. Semoga saja cara di atas bekerja pada hp Android maupun iOS iPhone Anda. Jangan lupa untuk membaca artikel lain dari situs ini. Sekian. Baca juga: Cara Membuat Obrolan Rahasia di Telegram.