Token UNBK Tidak Muncul, Mungkin Ini Sebabnya

Token UNBK Tidak Muncul -- Baru-baru ini muncul masalah yang sangat membuat siswa sangat kebingungan saat ikuti UNBK. Pasalnya token UNBK tidak muncul meski sudah mengikuti prosedur yang ada. Lantas kenapa token UNBK tidak muncul? Bisa jadi ada beberapa alasan yang menyebabkan token UNBK tidak muncul. Teruslah membaca untuk mendapatkan solusi mengatasi token UNBK tidak muncul. Baca juga: Kenapa PDSS Tidak Bisa Dibuka?

Kenapa Token UNBK Tidak Muncul

Token UNBK tidak muncul bukan hanya terjadi kali ini saja. Dari data yang admin peroleh, beberapa tahun silam tepatnya 2017 juga terjadi hal yang sama terkait dengan token UNBK tidak muncul di daerah Batu, Malang. Namun masalah tersebut tidak menjadikan masalah besar karena satu jam setelahnya token UNBK bisa muncul. Admin sendiri bertanya, bagaimana cara menampilkan token UNBK yang tidak muncul. Oke coba kita gali bersama-sama.

Token UNBK Tidak Muncul

Dikutip dari laman resmi Kemdikbud, Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) disebut juga Computer Based Test (CBT) ialah sebuah sistem pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan komputer sebagai media ujian. Dalam pelaksanaan UNBK, yang harus Anda tahu bahwa UNBK berbeda dengan sistem ujian nasional berbasis kertas atau Paper Based Test (PBT) yang selama ini telah berjalan di Indonesia. Baca juga: Cara Mengatasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik.

Nah di dalam sistem UNBK ini terdapat 3 jenis, yang pertama CBT-Offline artinya terminal ujian dilayani oleh server lokal sedangkan soal dan hasil ujian dikirim melalui storage media. Yang kedua, semi On-line UNBK, artinya terminal ujian dilayani oleh server lokal sedangkan soal dan hasil ujian dikirim melalui jaringan internet (sinkronisasi). Yang terakhir, Full-Online artinya seluruh terminal terhubung ke server pusat sedangkan soal langsung dikirim oleh server pusat oleh karena hasil juga akan langsung masuk ke server pusat.

Berangkat dari hal tersebut, alasan token UNBK tidak muncul ialah adanya kesalahan server. Hal ini selalu menjadi penyebab utama ketika token UNBK tidak muncul. Jadi apa yang harus dilakukan? Yang harus Anda lakukan adalah menunggu maintenance server sampai dengan selesai.

Cara Mengatasi Token UNBK Tidak Muncul

Sebenarnya, tidak ada hal yang harus dilakukan saat token UNBK tidak muncul karena masalah server. Mengingat memang sistem UNBK ini berhubungan dengan server. Jadi menunggu dengan penuh kesabaran adalah jawabannya. Atau kalau Anda bingung tanyakan pada operator tes UNBK Anda tentang masalah tersebut. Hal ini biar jelas kenapa token UNBK tidak muncul.

Sekian paparan dari admin mengenai token UNBK Tidak muncul. Semoga saja informasi ini berguna untuk Anda. Jika Anda juga mengalami kenapa tidak bisa login PDSS atau kenapa tidak bisa login SNMPTN maka admin akan buatkan artikel berikutnya. Jadi tunggu saja. Baca juga: Cara Membuat VCN BNI.