4 Cara Menghapus Chromium dengan Mudah

Cara Menghapus Chromium -- Murah dan mudah bagi pengembang program untuk menggabungkan perangkat lunak mereka dengan adware untuk mendapatkan uang tambahan. Jika Anda tidak memperhatikan, Anda mungkin berakhir dengan lebih dari yang Anda tawar ketika Anda menginstal perangkat lunak baru, terima kasih untuk malware yang sudah dikemas sebelumnya. Baca juga: Cara Menghapus Segurazo Antivirus.

Cara Menghapus Virus Chromium

Malware Chromium adalah opsi yang cukup populer untuk disertakan oleh pengembang nakal. Ini mungkin terlihat hampir seperti transaksi nyata, tetapi jangan tertipu — Anda harus menghapusnya jika Anda ingin PC Anda aman untuk digunakan. Mari kita bahas cara menghapus Chromium dengan 4 cara.

Apa itu Virus Malware Chromium?

Chromium adalah proyek browser open source Google, yang digunakan sebagai dasar Google Chrome. Malware Chromium dinamai setelah proyek karena pengembang jahat menggunakan kode itu untuk membuat browser web Chrome palsu.

Mereka akan memiliki nama sendiri (seperti BeagleBrowser dan BoBrowser) tetapi mereka akan sangat mirip dengan Chrome di permukaan. Meskipun ada browser Chromium asli lainnya yang dapat Anda pasang, yang ini jelas bukan. Browser ini tidak dirancang untuk memberi manfaat bagi pengguna.

Mereka akan mengatur halaman home Anda dan mesin pencari default untuk mencocokkan dengan situs yang menghasilkan pendapatan jika Anda menggunakannya. Jika Anda seorang pemula Windows, Anda mungkin tidak menyadari itu terjadi. Mereka juga dapat menginfeksi pengaturan di browser lain, atau menginfeksi instalasi Chrome Anda sendiri dengan ekstensi pihak ketiga yang jahat.

Anda mungkin menginstal browser ini (atau ekstensi jahat) secara tidak sengaja dari jendela pop up browser, atau browser itu mungkin sudah dikemas sebelumnya dengan perangkat lunak lain.

Cara Menghapus Chromium

Karena Chromium adalah virus malware komputer yang cukup berbahaya maka kami sarankan agar Anda menghapusnya. Cara Menghapus Chromium dapat Anda ikuti di bawah ini dengan 4 cara yang berbeda. Coba pahami satu demi satu agar Anda bisa menghapus Chromium.

Inilah cara menghapus Chromium. Cek dan pahami betul agar Anda berhasil. Baca juga: Cara Mematikan Windows Defender Windows 10.

Akhiri Proses Yang Berjalan dan Coba Uninstall Chromium

Sebelum Anda dapat mulai mempelajari cara menghapus Chromium, Anda harus memeriksa apakah perangkat lunak tidak berjalan. Beberapa malware akan cukup bandel untuk terus berjalan di latar belakang saat Anda menutupnya. Ini dirancang untuk menghentikan Anda agar tidak dapat uninstall programnya.

Buka task manager di PC Windows Anda dengan menekan Ctrl + Shift + Esc. Anda akan melihat daftar proses yang berjalan dan aplikasi yang terbuka. Cari Chromium atau Chrome.

Pilih proses yang tidak diinginkan dan tekan Del. Jika ini tidak berhasil, klik kanan proses dan pilih End Task. Jika proses tidak mau ditutup, pergilah ke langkah berikutnya, karena Anda akan memerlukan beberapa perangkat lunak tambahan untuk mengatasi masalah tersebut.

Jika Chromium ditutup, Anda dapat mulai menghapus malware. Jika Anda menggunakan Windows 10, tekan Win + X  > Settings sebelum memilih Aplikasi di layar yang muncul. Di daftar Aplikasi & fitur, cari nama malware Chromium dan pilih Uninstall.

Mulai Pemindaian Malware dengan Menyeluruh

Kami akan berasumsi bahwa malware apa pun yang telah Anda instal tidak akan menghapus instalasinya sendiri saat Anda memintanya. Karena itu, Anda harus melakukan pemindaian penuh PC Anda untuk mencari malware, virus, atau PUP lainnya (program yang mungkin tidak diinginkan) yang bersembunyi.

Mulailah dengan menginstal beberapa alat penghapus malware untuk membantu Anda mencari di sistem Anda, terutama jika Anda menemukan proses yang tidak mau berhenti di PC Anda. Perangkat lunak seperti Rkill akan menghentikan apa pun yang membandel yang tidak akan berhenti ketika Anda menggunakan task manager. Anda kemudian dapat mencoba menghapus Chromium yang dikemas dalam malware menggunakan metode di atas.

Anda juga harus memastikan bahwa Anda memiliki antivirus yang sepenuhnya up to date. Jika belum, instal salah satu suite antivirus terbaik yang Anda bisa untuk PC Anda, baik gratis maupun berbayar.

Mulai dengan scan malware. Jika Anda menggunakan RogueKiller, buka perangkat lunak dan pilih Standard Scan. Kemudian akan dilanjutkan untuk memindai PC Anda untuk proses dan file malware. Setelah proses selesai, Anda akan ditanya apakah Anda ingin meninjau hasilnya dan menghapus malware apa pun yang ditemukan, jadi konfirmasikan jika muncul.

Jika Anda menggunakan Malwarebytes, prosesnya mirip. Tekan Scan Now di menu dasbor utama, atau ketuk Scan dan pilih metode scan yang Anda pilih. Full Threat Scan direkomendasikan di sini.

Jalankan scan serupa menggunakan perangkat lunak antivirus pilihan Anda, termasuk full boot scan. Jika Anda baru saja menginstal antimalware dan perangkat lunak antivirus, ini sekarang harus secara aktif memindai PC Anda secara teratur untuk membantu menghindari infeksi di masa depan.

Hapus Folder Data User Chromium Anda

Meskipun scan malware seharusnya menghapus malware jahat Chromium yang ditemukannya, beberapa file yang tersisa mungkin tetap ada. Ini mungkin termasuk pengaturan nakal dan profil yang dibuat.

Lebih baik aman daripada menyesal, jadi sekarang saatnya untuk beralih ke intinya dan menghapus folder pengaturan Chromium Anda. Jangan terlalu khawatir dengan ini, karena browser Chrome standar Anda akan membuat ulang folder ketika Anda menjalankan program lagi.

Selama browser Chrome Anda tidak berjalan, tekan Win + R dan ketik % appdata% sebelum klik OK. Ini akan membawa Anda ke folder Windows user AppData Roaming. Cari folder bernama Chromium atau, jika instalasi Chrome standar Anda terinfeksi, Google\Chrome.

Hapus folder, lalu lakukan hal yang sama di folder AppData Local dengan Win + R dan  %localappdata%.

Reset Ulang Instalasi Chrome Asli Anda

Langkah ini mungkin tidak diperlukan jika Anda berhasil menghapus malware di PC dan menghapus folder pengaturan Anda, tetapi lebih baik aman daripada menyesal. Jika Anda menjalankan Chrome sebagai browser standar, Anda dapat meresetnya ke pengaturan aslinya di dalam Chrome itu sendiri.

Ini akan menghapus ekstensi atau add-on apa pun, menghapus riwayat browser Anda, dan mengeluarkan Anda dari akun mana pun. Anda dapat memulai lagi dengan pemasangan Chrome yang baru.

Klik ikon menu (tiga titik vertikal) di kanan atas dan pergi ke Settings > Advanced > Reset and Clean Up.. Pilih Restore settings to their original defaults. Klik Reset Settings untuk mengonfirmasi.

Ini kemudian akan mengatur ulang instalasi Chrome Anda ke kondisi aslinya. Ini harus jelas, tetapi hanya coba ini jika Anda menggunakan versi standar Google Chrome atau browser Chromium alternatif yang aman.

Sekian informasi dari kami mengenai cara menghapus Chromium yang menjangkiti banyak PC baru baru ini. Baca juga: Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon.