Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 Gampang Banget

Cara Mematikan Windows Defender Windows 10 -- Pelajari cara mematikan Windows Defender di Windows 10. Admin akan menjelaskan cara benar-benar untuk mematikan (menonaktifkan) Windows Defender Windows 10. Di Windows 10 Anda dapat mengaktifkan atau menonaktifkan Windows Defender real-time protection untuk sementara. Tetapi ini berbeda dari cara mematikan Windows Defender di Windows 10 Permanen. Program ini diaktifkan secara default. Windows secara otomatis mematikannya jika antivirus lain yang memenuhi syarat dipasang dan mengaktifkan kembali perlindungan real-time jika dinonaktifkan untuk sementara waktu. Artikel ini adalah cara kerja 100% yang terperinci. Ini juga membahas topik-topik berikut:

cara mematikan windows defender windows 10

Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan Windows Defender Real-Time Protection.

Cara Mematikan / Menonaktifkan Windows Defender di Windows 10 Secara Permanen.

Windows Defender adalah aplikasi keamanan kecil yang dibangun ke dalam Windows oleh Microsoft. Windows Defender 10 adalah alat yang efektif untuk melindungi PC Anda dari ancaman terbaru. Ia bertindak lebih seperti perisai dari alat pembersih. Ia memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan mempertahankan terhadap perangkat lunak jahat (malware) seperti virus, spyware, dan perangkat lunak lain yang mungkin tidak diinginkan. Baca juga: Cara Mengganti Wallpaper di Windows 10.

Malware menyelinap ke PC Anda tanpa sepengetahuan Anda. Apakah menginfeksi PC dengan menginstal sendiri dan sering diprogram untuk berjalan pada waktu yang tidak terduga. Internet biasanya adalah sumber malware. Contoh termasuk: pesan email spam, perangkat lunak yang diunduh dari sumber online yang meragukan, atau ketika Anda menginstal program menggunakan USB flash drive, CD, DVD, atau media eksternal lainnya.

Cara Mengaktifkan atau Menonaktifkan / Mematikan Windows Defender Windows 10

Pergi ke Settings → Update & Security → Windows Defender dan matikan real-time protection, namun itu akan secara otomatis aktif lagi setelah beberapa saat, Anda mungkin mencari solusi permanen.

Anda dapat menonaktifkan Windows Defender secara permanen di Windows 10 dengan mengikuti metode berikut:

Metode 1: Menonaktifkan Windows Defender Menggunakan Group Policy

Group Policy Editor hanya bagian dari Windows 10 Pro dan Enterprise. Untuk mematikan Windows Defender menggunakannya lakukan hal berikut:
  1. Ketuk pada tombol Windows untuk membuka Start Menu.
  2. Ketik gpedit.msc dan tekan enter.
  3. Konfirmasikan permintaan UAC untuk melanjutkan.
  4. Anda menemukan pengaturan dengan mengikuti jalur ini: Local Computer Policy → Computer Configuration → Administrative Templates → Windows Components → Windows Defender.
  5. Di sana Anda menemukan Policy "Matikan Windows Defender" atau "Turn off Windows Defender" tergantung bahasa Anda.
  6. Klik dua kali pada Policy.
  7. Setel status policy untuk diaktifkan di jendela yang terbuka, dan klik OK untuk menyimpan perubahan. Baca juga: Cara Menghapus Windows.old di Windows 10.
Windows Defender dinonaktifkan segera saat Anda melakukan perubahan. Untuk mengembalikan fungsionalitas aplikasi, setel status policy menjadi dinonaktifkan atau tidak dikonfigurasi.

Metode 2: Menonaktifkan Windows Defender Menggunakan Windows Registry

Anda dapat menonaktifkan Windows Defender di Windows Registry juga. Pada dasarnya, ini adalah pengaturan yang sama yang dituliskan ketika Anda menonaktifkan aplikasi di Group Policy Editor.
  1. Ketuk pada tombol Windows untuk membuka Start Menu.
  2. Ketik regedit.exe dan tekan enter.
  3. Konfirmasikan permintaan UAC untuk melanjutkan.
  4. Arahkan ke kunci berikut: HKEY_LOCAL_MACHINE \ SOFTWARE \ Policies \ Microsoft \ Windows Defender.
  5. Jika Anda melihat preferensi DisableAntiSpyware di kanan, klik dua kali di atasnya dan atur ke 1 untuk menonaktifkan Windows Defender di Windows 10.
  6. Jika preferensi tidak ada, klik kanan pada Windows Defender dan pilih New → Dword (32-bit) Value, dan beri nama DisableAntiSpyware.
Untuk memulihkan / restore Windows Defender di Windows 10 berikutnya, hapus kunci atau atur nilainya ke 0.

Metode 3: Normal Disable dan Task Scheduler

Jika kedua metode yang diuraikan di atas tidak berfungsi, Anda mungkin masih memiliki kartu as lain yang dapat Anda coba.
  1. Ketuk pada tombol Windows untuk membuka Start Menu.
  2. Ketik taskschd.msc dan tekan enter untuk membuka Windows Task Scheduler.
  3. Anda mungkin mendapatkan prompt UAC yang harus Anda terima.
  4. Arahkan ke Task Scheduler Library → Microsoft → Windows → Windows Defender.
  5. Di sana Anda menemukan "Windows Defender Scheduled Scan" yang perlu Anda klik dua kali.
  6. Beralih ke tab Conditions saat jendela terbuka.
  7. Pilih "Start the task only if the computer is idle for" dan atur jumlah waktu diam yang besar di sana untuk mencegahnya dijalankan di sistem.
Demikianlah penjelasan mengenai cara mematikan windows defender windows 10. Jangan sampai windows defender mengganggu Anda. Namun kalau admin sendiri biarkan saja karena akan memproteksi windows 10 Anda. Baca juga: Cara Recovery Windows 10.