Info GTK Tidak Bisa Dibuka, Begini Cara Ceknya Tanpa Melalui SIM PKB

Info GTK Tidak Bisa Dibuka -- Jika Anda yang kini sekarang berprofesi sebagai seorang guru dan hendak cek info GTK tapi gagal error tidak bisa dibuka maka jangan khawatir. Di sini kami akan berbagi tips cara cek info GTK yang tidak bisa dibuka tanpa harus melalui SIM PKB. Informasi ini kami rangkum dari berbagai sumber yang ada di internet. Kami yakin informasi terkait info GTK tidak bisa dibuka bisa diatasi dengan cara tersebut. Baca juga: Dapodik 2019 c tidak bisa dibuka, Ini Cara Mengatasinya.

Cara mengatasi Info GTK Tidak Bisa Dibuka

Yang harus bapak ibu guru tahu ialah tugas cek info gtk ini merupakan tugas pokok bapak dan ibu guru, maksudnya guru secara mandiri yang masuk ke layanan info gtk dan selanjutnya mengecek datanya khususnya masalah validasi tunjangan profesi guru, barulah jika terdapat kesalahan data melapor ke operator dapodik untuk segera diperbaiki supaya tidak bermasalah dikemudian hari.

Nah kalau ternyata Anda harus meminta tolong kepada operator sekolah namun mendapatkan masalah info GTK tidak bisa dibuka. Maka cobalah tips yang akan membantu bapak ibu dalam mengecek info GTK Anda semuanya tanpa melalui SIM PKB.

Info GTK Tidak Bisa Dibuka, Ini Cara Bukanya

Jika sampai detik ini Anda masih terus mendapatkan info GTK tidak bisa dibuka. Tolong bapak ibu pastikan yang pertama kali adalah internet yang bapak ibu pakai. Apakah sudah tersambung dengan baik atau tidak. Kemudian, bapak ibu harus pastikan pula kredensial untuk masuk ke dalam portal sudah benar. Bisa jadi email dan passwordnya salah. Itu sangat fatal jika bapak ibu sampai lupa. Baca juga: Kenapa PDSS Tidak Bisa Dibuka, Begini Solusinya.

Tidak hanya itu, kadangkala memang ada server maintenance dari pihak kemdikbud. Artinya sedang ada perbaikan situs. Ini kadang juga menjadi penghambat yang besar untuk akses laman info GTK sehingga masih saja tidak bisa dibuka.

Tapi jika ternyata masalah info GTK tidak bisa dibuka bukan karena semua hal di atas. Dan terjadi selama rentang waktu tertentu maka kami punya sedikit tips untuk bapak ibu semuanya.

Cara Mengatasi Info GTK Tidak Bisa Dibuka

Adapun tips untuk bisa mengatasi info GTK tidak bisa dibuka sebagai berikut.
  • Akses laman info GTK pada waktu pukul 17.00 - 18.00 sore atau 06.00 - 10.00 pagi.
  • Akses laman resmi info GTK di http://info.gtk.kemdikbud.go.id/, jika selain itu maka Anda harus cek lewat SIM PKB.
  • Gunakan Browser Chrome saja dan pastikan kuota data internet Anda stabil.
  • Hapus riwayat browsing Anda biar lebih ringan dalam akses laman info GTK.
Catatan: Jika Anda harus cek banyak data guru di Info GTK maka coba tips ini.

Pertama, jalankan browser Anda dan silahkan masuk kelaman web info gtk. Di halaman login, untuk bagian username dan password yang dibutuhkan kami sarankan gunakan NUPTK saja sebagai user login. Agar mempermudah Anda, pastikan juga Anda telah membuka aplikasi dapodik dan profil guru yang dibutuhkan untuk cek info GTK. Tujuannya biar lebih mudah dalam mengkopi paste NUPTK dan password login info gtk guru tersebut.

Selanjutnya Anda harus isikan kode captcha dengan benar lalu ketuk tombol benar. Setelah berhasil login ke laman info gtk, Anda bisa cetak lembar info gtk dan serahkan kepada guru yang bersangkutan. Apabila ingin mengecek guru lain, cukup klik ikon kembali di browser Anda di sebelah kiri atas layar. Jadi Anda tidak perlu buka tab baru.

Kemudian, seperti tadi Anda harus masukkan NUPTK guru dan password yang telah dikopi paste dari dapodik, dan segera cepat klik tombol login, tanpa harus mengisikan kode captcha karena telah terisi sebelumnya.

Namun jika kode captchanya belum terisi artinya Anda harus isikan sekali lagi, namun berdasarkan pengalaman kami, jika Anda klik tombol kembali pada browser yang Anda pakai maka riwayat kode captcha masih tersimpan dengan rapi sehingga sudah terisi.

Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa semakin cepat Anda memasukkan username dan password login info gtk, maka semakin cepat pula proses Anda masuk ke sistem layanan info gtk. Sekian dulu penjelasan kami mengenai Info GTK Tidak Bisa Dibuka, Begini Cara Ceknya Tanpa Melalui SIM PKB. Semoga bermanfaat. Baca juga: Cara Mengatasi PMP Tidak Terhubung dengan Dapodik.