Cara Uninstall Aplikasi di Laptop (Windows 7, 8 / 8.1, dan Windows 10)

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop -- Sebuah aplikasi atau software di laptop memang sangat dibutuhkan untuk membantu mengerjakan berbagai macam hal pekerjaan. Namun kadang-kadang saking asiknya kita pasang aplikasi di laptop, kita lupa bahwa ini juga akan menimbulkan beberapa masalah misalnya laptop jadi lemot atau lambat gara-gara kebanyakan aplikasi atau software yang diinstall di laptop. Oleh karena itu, kesempatan kali ini kami akan jelaskan kepada Anda tata cara uninstall aplikasi di laptop baik dengan Windows 7, 8, dan Windows 10. Pada dasarnya ini akan sama hanya jalannya untuk uninstall aplikasi di laptop di masing-masing Windows sedikit berbeda. Baca juga: Cara Mengatasi Your Windows License Will Expire Soon.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop / PC

Begini cara uninstall / menghapus aplikasi tertentu yang tidak Anda suka di laptop atau hanya ingin aplikasi tersebut tidak digunakan di Windows Anda. Jadi simak paparan kami langkah demi langkah cara uninstall aplikasi di laptop windows 7, 8 dan 10 kali ini.

Cara Unstall Aplikasi di Laptop

Ada beberapa langkah di bawah ini yang bisa Anda gunakan untuk uninstall atau melepas menghapus aplikasi di laptop. Baik di Windows 7, 8 dan 10 semuanya akan sangat mudah. Tapi perlu diperhatikan bahwa uninstall aplikasi di laptop ini membutuhkan kejelian dalam memilih aplikasi. Bisa jadi Anda salah uninstall. Jadi ingat, hati-hati.

Langsung saja simak, paparan kami tentang cara uninstall aplikasi di laptop berikut. Tidak usah panjang-panjang karena justru akan membuat Anda bingung. Yang pertama untuk cara uninstall aplikasi di laptop di windows 7 dan 8 / 8.1. Yang kedua untuk Windows 10. Baca juga: Cara Mematikan Windows Defender di Windows 10.

Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7 dan 8 / 8.1 dari Control Panel

Jika Anda pengguna Windows 7 dan 8 / 8.1 maka ini untuk Anda. Anda telah memutuskan untuk menghapus suatu program dari komputer Anda karena itu tidak dapat digunakan, usang, atau lama yang tidak perlu.

Ada dua cara untuk uninstall aplikasi yang tidak diinginkan di laptop. Pertama adalah membuka uninstall fungsi atau program yang mungkin datang bersama aplikasi Anda. Cara standar Windows adalah dengan menggunakan fungsi "Tambah atau Hapus Program" dari Control Panel. Dan inilah yang akan kita bahas secara menyeluruh.

Langkah Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 7 dan 8 / 8.1

Begini cara hapus / uninstall aplikasi di laptop dengan masuk ke fungsi add atau remove programs di control panel di masing-masing di Windows 7 dan 8/8.1. Sebenarnya di Windows 10 juga sama namun kami bedakan sedikit caranya.

Akses ke Menu Add atau Remove Programs

Uninstall aplikasi di laptop adalah tugas yang mudah untuk dilakukan. Untuk melaksanakannya, Anda harus tahu cara mengakses utilitas "Tambah atau Hapus Program", dan sedikit waktu (tergantung pada ukuran aplikasi yang ingin Anda hapus dan kecepatan komputer Anda).

Prosedur ini ditulis untuk Windows 7 dan yang lebih tinggi; namun, pengguna Windows 10 memiliki metode lain untuk menghapus program yang akan kami bahas di akhir tutorial ini. Untuk melakukan uninstall aplikasi di laptop maka Anda harus masuk ke control panel.

Setelah Control Panel terbuka lihat di sudut kanan atas. Pastikan opsi Viewed By diatur ke Large Icons dari menu drop-down. Selanjutnya, klik Program and Feature.

Pilih Aplikasi Yang Mau Di Uninstall

Sekarang Anda akan melihat daftar semua program yang diinstal di laptop / PC Anda. Untuk pengguna Windows 10 ini hanya berlaku untuk program desktop, bukan aplikasi Windows Store. Gulir ke bawah daftar program sampai Anda menemukan yang ingin Anda hapus - daftarnya disusun berdasarkan abjad. Dalam contoh ini, kami akan menghapus browser lama bernama Maelstrom yang tidak lagi kami perlukan. Pilih program dengan satu klik kiri sehingga disorot. Di bagian atas daftar program, klik tombol Uninstall yang muncul.

Hapus dan Konfirmasi Pilihan Anda

Jika tombol pop-up muncul, biasanya ditanya apakah Anda benar-benar ingin menghapus instalasi program. Klik kiri apa pun opsi afirmatifnya. Biasanya, ini: Yes, Uninstall, atau dalam beberapa kasus Execute.

Aplikasi Berhasil Uninstall dari Laptop

Berapa lama program ini hilang tergantung pada apa yang Anda uninstall. Program yang lebih sederhana akan hilang dalam beberapa detik. Orang lain mungkin meminta Anda untuk pergi melalui program uninstaller yang menuntun Anda melalui uninstall program.

Ketika uninstall aplikasi selesai, Anda akan melihat daftar program yang saat ini diinstal pada komputer Anda, minus program yang baru saja Anda uninstall. Tidak akan selalu ada pesan konfirmasi bahwa program telah uninstall dengan sempurna, tetapi sering kali ada. Jika program tidak hilang dari daftar Control Panel segera tunggu beberapa menit atau restart laptop.

2 Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10

Di Windows 10, kami jelaskan 2 cara uninstall aplikasi di laptop yang beroperasi di Windows 10. Kami akan jelaskan paparannya di bawah ini dengan seksama. Ini hampir mirip dengan lewat control panel.

Langkah Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 dari Opsi Start Menu

Cara pertama adalah yang paling sederhana. Klik Start, cari program yang ingin Anda uninstall / hapus dengan menggulir ke bawah daftar Semua Aplikasi. Ketika Anda menemukan program atau aplikasi Windows Store yang ingin Anda uninstall, arahkan mouse Anda, dan klik kanan. Dari menu yang muncul pilih Uninstall. Kemudian ikuti metode yang sama untuk uninstall program yang lain Anda dengan mengklik "Uninstall" di Control Panel.

Pengguna Windows 8 dan 8.1 juga dapat menggunakan metode ini. Namun, tidak mengklik kanan suatu program di menu Start, Anda akan mengklik kanan dari layar Start atau All Apps.

Langkah Cara Uninstall Aplikasi di Laptop Windows 10 dari Settings App Option

Pilihan lain adalah mengikuti metode Setting App. Mulai dengan menavigasi ke Start > Settings > System > Apps & features. Daftar semua aplikasi dan program desktop Windows Store yang terinstal akan terisi pada layar aplikasi Pengaturan ini.

Gulir ke bawah daftar sampai Anda menemukan program yang ingin Anda uninstall. Klik kiri program dan dua tombol akan muncul: Modify dan Uninstall. Sebagian besar waktu Modify tidak akan tersedia untuk digunakan, tetapi opsi yang Anda inginkan adalah Uninstall pula.

Setelah Anda mengklik tombol itu lanjutkan dengan memilih "Uninstall" dari Control Panel. Lanjutkan dari titik ini seperti Anda menggunakan metode itu.

Sekian penjelasan kami mengenai Cara Uninstall Aplikasi di Laptop (Windows 7, 8 / 8.1, dan Windows 10). Semoga saja ini bermanfaat untuk Anda. Baca juga: Cara Recovery Windows 10 dengan System Restore Point.