Begini Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dibayar

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee yang Sudah Dibayar -- Shopee memang menyediakan berbagai macam metode pembayaran misalnya transfer lewat ATM ataupun bayar melalui Indomaret / Alfamart. Tetapi kadang-kadang meski sudah memanfaatkan metode pembayaran tersebut, Anda selaku pembeli ingin melakukan pembatalan pesanan di Shopee yang sudah dibayar. Oleh karena itu, kami datang untuk memberikan panduan sekilas kepada Anda mengenai cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah terlanjur dibayar dengan alasan penjual tidak punya stok yang ingin Anda beli padahal halaman produk memampangkan stok masih ada. Baca juga: Cara Membeli Pulsa di Shopee.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee

Yang harus Anda ketahui bahwa dalam membatalkan pesanan di Shopee ada dua, yaitu non instan dan instan. Yang dimaksud dengan pembatalan instan ialah jika Anda mau membatalkan pesanan di Shopee apabila penjual belum memasukkan resi maksimal 1 jam setelah pembayaran diverifikasi. Sehingga, pembatalan non instan di Shopee adalah kebalikannya yaitu pembatalan pemesanan barang setelah penjual memasukkan resi selama lebih dari 1 jam setelah pembayaran diverifikasi. Nah untuk pembatalan non instan ini harus mendapatkan respon penjual sehingga jika penjual menolak maka pembatalan pesanan tidak bisa dilakukan.

Kesimpulannya, alangkah lebih baik jika Anda mau membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar jangan sampai resi sudah dimasukkan oleh penjual dan lebih dari 1 jam. Kalau memang pembatalan pesanan tidak bisa Anda hentikan maka berusahalah secepat mungkin. Jadi inilah cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar. Baca juga: Cara Menghapus Produk di Shopee.

Cara Membatalkan Pesanan di Shopee Yang Sudah Dibayar

Ingat, ini dapat dilakukan untuk membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar jika barang belum dikirim. Berikut langkah-langkahnya.
  • Jalankan aplikasi Shopee.
  • Buka rincian pesanan dari menu Saya - Dikemas.
  • Ketuk Batalkan Pesanan di bagian selanjutnya.
  • Sekarang Anda harus pilih Alasan Pembatalan misalnya Permintaan Penjual.
  • Ketuk Konfirmasi.
  • Tunggu respon penjual 1x24 jam.
  • Apabila pembatalan pesanan berhasil maka langsung masuk ke tab Batal. Kemudian uang Anda akan langsung dikirim ke Shopeepay Anda.
Ada sedikit catatan dari kami yang harus Anda perhatikan terkait dengan membatalkan pesanan di Shopee. Salah satunya adalah Anda kami sarankan jika mau membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar (1) jika memang diminta oleh penjual ternyata stok tidak tersedia, (2) lakukan batalkan pesanan kurang dari 1 jam setelah pembayaran diverikasi hal ini karena akan membutuhkan respon dari penjual, dan (3) jika ternyata barang sudah dikirim maka jelas kemungkinan 99% barang tidak bisa dibatalkan.

Sekian dahulu penjelasan kami mengenai cara membatalkan pesanan di Shopee yang sudah dibayar dan barang belum dikirim. Semoga saja informasinya bermanfaat untuk Anda semua. Baca juga: Cara Mengaktifkan Shopeepay.