Bagaimana Cara Ganti Thumbnail Youtube? Ini Penjelasannya

Cara Ganti Thumbnail Youtube -- Apakah Anda mencari cara menambah custom thumbnail video Youtube milik Anda? Jika iya, maka admin akan jelaskan kepada Anda tahapan cara mengganti thumbnail Youtube Anda khususnya di video yang sudah Anda upload. Jadi teruslah membaca artikel ini agar Anda paham betul cara ganti thumbnail Youtube. Baca juga: Cara Logout Akun Youtube di Hp Android Terbaru.

Cara Mengganti Thumbnail Youtube

Mengganti Thumbnail Video YouTube dapat mendorong lebih banyak orang mengklik dan menontonnya, jadi admin pikir akan lebih baik jika menyusun tutorial singkat untuk menunjukkan kepada Anda cara ganti thumbnail Youtube secara singkat.

Cara Ganti Thumbnail Youtube

YouTube secara otomatis mengambil tiga thumbnail dari video yang diupload dan memberi Anda pilihan untuk menggunakan salah satu dari gambar ini. Tidak ada cara untuk mengunggah gambar terpisah untuk digunakan sebagai thumbnail video, tetapi Anda dapat menggunakan solusi penyelesaian menambahkan thumbnail Youtube pilihan Anda ke awal atau akhir klip video dengan berbagai macam cara. Hal ini karena YouTube secara otomatis mengambil thumbnail dari beberapa detik pertama dan terakhir dari setiap klip, Anda dapat memastikan YouTube memilih gambar pilihan Anda sebagai opsi thumbnail. Baca juga: Cara Menggunakan Youtube Go di Android.

Mengapa Harus Ganti Thumbnail Youtube?

Membuat video Anda sendiri dapat menjadi cara yang bagus untuk menarik lebih banyak lalu lintas ke situs Anda. Tidak hanya konten multimedia yang cenderung dihargai lebih oleh mesin pencari, tetapi Anda dapat memperoleh lalu lintas langsung dari saluran YouTube Anda.

Setiap kali Anda mengunggah video ke YouTube, thumbnail akan secara otomatis dipilih untuk Anda dari video Anda. Ini biasanya bukan gambar yang bagus untuk digunakan karena tidak menjelaskan tentang video tersebut. Anda dapat memilih thumbnail mana yang akan digunakan (masih dalam dari video Anda), tetapi gambar yang hanya memberi Anda opsi terbatas. Yang benar-benar ingin Anda lakukan adalah menambahkan thumbnail khusus di video Youtube Anda.

OKE, mungkin sedikit bias, tapi semoga Anda mengerti maksudnya. Mata pemirsa tertarik ke thumbnail. Jika Anda dapat menambahkan thumbnail yang mewakili video Anda, atau dalam kasus hanya judul tebal (dengan branding), maka Anda berpeluang besar untuk diperhatikan.

Cara Ganti Menambah Thumbnail Youtube

Untuk menambahkan thumbnail khusus ke video Youtube Anda, pertama-tama Anda harus melewati beberapa rintangan untuk YouTube. Akun / saluran YouTube standar hanya memiliki fungsionalitas terbatas, jadi agar Anda dapat menambahkan thumbnail, Anda perlu memverifikasi akun dan menjadi mitra. Baca juga: Kenapa Video Youtube Tidak Bisa Disimpan Secara Offline?

Cara Verifikasi Akun Youtube Anda

  1. Masuk ke YouTube (jika Anda memiliki beberapa saluran YouTube, pastikan untuk beralih ke saluran yang tepat). 
  2. Di menu drop down, buka 'Pengelola Video'. 
  3. Klik pada 'Pengaturan Saluran' (di bilah sisi kiri). 
  4. Klik tombol 'Verifikasi'.
YouTube akan meminta Anda untuk memasukkan nomor telepon Anda sehingga mereka dapat mengirimi Anda (baik melalui telepon atau teks SMS) nomor verifikasi. Masukkan nomor itu dan Anda akan diverifikasi.

Anda sekarang akan melihat di 'Pengaturan Saluran' Anda bahwa Anda memiliki lebih banyak fitur saluran yang tersedia untuk Anda. Namun, jika seperti admin maka Anda masih melihat 'Custom Thumbnail - Your account isn’t eligible at this time', Anda harus menjadi mitra.

Cara Menjadi Mitra Youtube

YouTube hanya akan memungkinkan Anda untuk menjadi mitra jika saluran Anda berada di "Good Standing". Periksa saluran Anda dengan membuka 'Pengaturan Saluran'. Untuk menjadi mitra, Anda dapat memilih fitur 'Monetisasi'. Ini akan memungkinkan Anda untuk menambahkan iklan ke video Anda. Baca juga: Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi.

Jangan khawatir. Jika Anda tidak ingin memiliki iklan video Anda, Anda tidak harus melakukannya. Anda hanya melakukan ini untuk menjadi mitra YouTube. Setelah Anda selesai melakukannya, Anda akan melihat bahwa fitur 'Custom Thumbnails' tersedia.

Cara Menambahkan Thumbnail Youtube Khusus

Sekarang Anda telah mengaktifkan fitur di atas, maka Anda dapat mulai menambahkan thumbnail Youtube.
  1. Buka 'Pengelola Video'.
  2. Klik 'Edit' pada video yang Anda inginkan.
  3. Klik 'Customised thumbnail…' dan unggah gambar Anda.
Gambar thumbnail video Anda harus sebesar mungkin, karena juga akan digunakan sebagai gambar pratinjau di pemutar yang disematkan (saat Anda menyematkan video Anda dalam sebuah pos, thumbnail akan ditampilkan).

Thumbnail YouTube khusus Anda harus:
  • Memiliki resolusi 1280 × 720 (dengan lebar minimum 640 piksel).
  • Diunggah sebagai .JPG, .GIF, .BMP, atau .PNG.
  • Tetap di bawah batas 2MB.
  • Cobalah berada dalam rasio aspek 16:9, karena ini adalah yang paling umum digunakan dalam video YouTube.
Tips Cepat: Jika video Anda untuk situs web / bisnis Anda, coba sertakan branding Anda (logo, warna, dll.) Dalam thumbnail itu sendiri. Dengan begitu, tidak hanya terlihat lebih profesional, tetapi jika orang lain menanamkannya di situs mereka, branding Anda akan terlihat jelas (apakah mereka menonton video atau tidak).

Itu dia! Anda sekarang dapat mendesain thumbnail khusus Anda sendiri untuk video Youtube Anda. Sudahkah Anda menambahkan thumbnail khusus ke video YouTube Anda? Apakah Anda tahu Anda bisa melakukan ini? Sekian dulu penjelasan cara ganti thumbnail Youtube. Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Youtube.