Begini Cara Melacak Hp yang Hilang Mudah dan Singkat

Cara Melacak Hp yang Hilang -- Ada beberapa aplikasi pemulihan telepon atau anti-pencurian di Google Play Store yang dapat menjadi penyelamat jika Anda kehilangan ponsel atau, lebih buruk lagi, ponsel telah dicuri. Tetapi banyak orang mungkin hanya menyadari bahwa ada aplikasi semacam itu SETELAH hilang. Maka biasanya sudah terlambat dan Anda harus menghadapi kenyataan buruk bahwa ponsel itu hilang untuk selamanya.

cara menemukan hp yang hilang

Untuk menemukan ponsel Android yang telah hilang atau dicuri dari Anda, biasanya masih membutuhkan koneksi internet yang berfungsi untuk mengirim lokasinya. Untuk mendapatkan hasil lokasi terbaik, ponsel harus memiliki koneksi aktif ke jaringan WiFi. Apapun situasimu, admin akan membahas di sini opsi yang paling umum digunakan untuk cara melacak hp Android yang hilang. Baca juga: Cara Menghapus Akun Telegram Secara Permanen.

Cara Menemukan / Melacak Hp yang Hilang dengan Find My Device

Disini Anda akan belajar mengenai cara melacak hp yang hilang dengan Google Find My Device. Namun sebelum melangkah lebih jauh maka Anda harus menyiapkan beberapa hal di bawah ini.
  1. Perangkat Anda terhubung dengan akun Google Anda.
  2. Perangkat Anda memiliki akses ke internet.
  3. Ijinkan Find My Device untuk menemukan perangkat Anda (diaktifkan secara default). Ini dapat diubah di aplikasi Pengaturan Google.
  4. Ijinkan Find My Device untuk mengunci perangkat Anda dan menghapus datanya (dimatikan secara default).
Find My Device adalah alat resmi Google dan mudah digunakan untuk melacak ponsel atau tablet Anda yang hilang. Hal terbaik tentang itu adalah Anda tidak perlu memasang aplikasi untuk dapat melacak perangkat Anda. Satu-satunya persyaratan adalah ponsel Android Anda terhubung ke akun Google Anda, dihidupkan dan terhubung ke internet. Yang perlu Anda lakukan adalah mengunjungi situs Find My Device saat sedang masuk ke Akun Google Anda. Setelah situs dimuat, secara otomatis akan mencoba melacak ponsel Anda. Jika Anda menggunakan beberapa perangkat Android yang terdaftar, pastikan perangkat yang tepat dipilih di menu.

Dalam pembaruan terkini, Google menerapkan beberapa fitur ke dalam halaman hasil pencarian mereka. Ini berarti Anda dapat dengan cepat menemukan perangkat Android yang terdaftar langsung dari hasil pencarian. Dengan menggunakan frasa pencarian "di mana ponsel saya / where is my phone", Google akan menampilkan peta kecil di atas hasil pencarian yang akan mencoba menemukan ponsel Anda. Setelah ditemukan, Anda dapat membiarkannya berdering dengan mengklik "Ring".

Meskipun ini membuatnya lebih nyaman untuk menemukan ponsel Anda yang hilang dengan cepat, itu tidak akan menawarkan semua opsi yang Anda dapatkan dengan antarmuka lengkap Find My Device.

Dengan menggunakannya, Anda dapat melacak perangkat Android terdaftar Anda, biarkan ponsel Anda berdering dan menghapus data ponsel Anda (yang harus diaktifkan pada ponsel Anda). Selain itu, Find My Device tidak menawarkan lebih banyak opsi untuk mengendalikan ponsel Anda dari jarak jauh. Admin harap Google terus meningkatkannya dan memperkenalkan fitur yang lebih bermanfaat, seperti mengambil foto selfie dari orang yang menggunakannya untuk berjaga-jaga jika dicuri.

Jika tidak ada laptop saat Anda kehilangan perangkat, Anda juga dapat menggunakan ponsel orang lain untuk melacaknya. Bukan hanya menggunakan browser seluler, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Find My Device di Play Store. Anda dapat masuk menggunakan guest mode dan kredensial akun Google Anda. Sekarang Anda harus dapat melacak perangkat Anda yang hilang, membiarkannya berdering atau menghapus datanya.

Apakah Anda tidak dapat menemukan ponsel Anda yang hilang dengan cara ini? Ini bisa terjadi karena beberapa alasan. Yang harus Anda lakukan adalah bahwa perangkat Anda tidak terhubung ke internet atau dimatikan. Dalam hal ini, teruslah coba untuk melacaknya sampai (semoga) terhubung ke layanan Google lagi.

Cara Melacak Hp yang Hilang dengan Google's Map Timeline

Untuk melakukannya Anda harus menyiapkan beberapa hal di bawah ini:
  1. Perangkat Anda terhubung dengan akun Google Anda.
  2. Perangkat Anda memiliki akses ke internet (sebelum dimatikan).
  3. Pelaporan Lokasi dan Riwayat Lokasi harus diaktifkan pada perangkat Anda (dapat dilakukan di aplikasi Pengaturan Google pada perangkat Anda).
Tidak seperti alat Find Your Device Anda, fitur Timeline Google Maps sebenarnya tidak fokus pada melacak ponsel yang hilang. Anda dapat menggunakan data lokasi Anda untuk banyak hal yang berbeda seperti mencari rute perjalanan sebelumnya. Namun, ini juga merupakan cara yang bagus untuk menemukan ponsel Anda. Seperti disebutkan, jika perangkat Android Anda dimatikan, Anda dapat menggunakan data riwayat lokasi untuk mengidentifikasi lokasi yang terakhir direkam. Ini berarti, meskipun baterai ponsel Anda habis Anda mungkin masih bisa menemukannya.

Inilah yang perlu Anda lakukan. Pergi ke Timeline Anda (sebelumnya Riwayat Lokasi Google Maps) dan pastikan hari saat ini dipilih dalam kalender. Di bilah sisi kiri, Anda dapat melihat jadwal lengkap hari itu termasuk nama semua lokasi yang direkam. Di sebelah kanan, Anda dapat melihat semua lokasi yang divisualisasikan di peta.

Selain Find My Device, yang juga menggunakan GPS untuk pelacakan, Linimasa / Timeline Anda hanya menggunakan ID menara seluler dan deteksi lokasi Wi-Fi untuk mengumpulkan data lokasi. Ini berarti akurasi dapat bervariasi secara signifikan. Keuntungan dari Timeline adalah kemampuan untuk melacak lokasi ponsel Anda secara teratur selama jangka waktu tertentu. Jadi bahkan jika seseorang mencurinya, Anda dapat mengidentifikasi tempat-tempat yang sering dikunjungi, yang bisa menjadi rumah atau tempat kerja pencuri. Itu mungkin membantu Anda dan pihak berwenang untuk menangkap orang itu.

Cara Melacak Hp Yang Hilang dengan Google Photo

Untuk hal ini Anda harus menyiapkan beberapa hal di bawah ini:
  1. Perangkat Anda memiliki akses ke internet.
  2. Opsi ‘Backup & Sync’ diaktifkan di Google Foto.
  3. Seseorang perlu mengambil gambar dengan perangkat Anda yang hilang.
Jika perangkat Anda benar-benar dicuri, Anda mungkin dapat menemukannya menggunakan fitur cadangan dan sinkronisasi Google Foto. Jika Anda mengaktifkan opsi ini di aplikasi, maka semua gambar yang diambil dengan ponsel Anda akan diunggah ke akun Google Foto Anda. Bukankah itu kabar baik? Nah, bukan hanya gambar tetapi juga lokasi di mana foto itu diunggah. Jadi, jika pencuri tidak keluar dari Akun Google Anda dan mencoba kamera di ponsel Anda, mungkin ada beberapa gambar baru muncul di Google Foto. Tentunya, ini hanya berfungsi jika ponsel Anda yang hilang memiliki koneksi internet aktif dan jika Anda memberi izin pada aplikasi foto untuk menggunakan lokasi Anda. Harap berhati-hati jika Anda dapat mengidentifikasi lokasi ponsel Anda, yang mungkin merupakan alamat rumah pencuri. Jangan mencoba menemukannya sendiri. Gunakan informasi itu dan hubungi otoritas lokal Anda untuk mengambilnya dari sana.

Dengan asumsi semua persyaratan itu terpenuhi, apa yang perlu Anda lakukan? Ini dia, langkah demi langkah untuk melakukannya:
  1. Kunjungi https://photos.google.com/ dan masuk menggunakan Akun Google Anda tempat perangkat Android Anda masuk.
  2. Periksa apakah ada foto yang diambil setelah perangkat Anda dicuri.
  3. Jika ya, maka klik pada gambar.
  4. Sekarang, klik ikon info di sudut kanan atas.
  5. Di bilah samping yang muncul Anda sekarang dapat melihat informasi gambar termasuk lokasi di mana foto itu diambil.
Itulah caranya melacak hp yang hilang dengan google foto.

Cara Melacak Hp yang Hilang dengan Aplikasi Samsung's Find My Mobile

Syaratnya:
  1. Perangkat Anda memiliki akses ke internet.
  2. Anda harus memiliki akun Samsung dan perangkat Anda terdaftar dengannya.
  3. Find My Mobile perlu disiapkan di ponsel Samsung Anda (mengaktifkan remote kontrol).
Jika Anda memiliki perangkat Samsung, Anda mungkin dapat menemukan ponsel Anda menggunakan layanan pelacakan milik Samsung sendiri yaitu ‘Find My Mobile’. Agar ini berfungsi, Anda memerlukan akun Samsung dan mendaftarkan perangkat Anda sebelum Anda kehilangannya. Jadi cobalah untuk mengingat jika Anda melakukan itu.

Anda berhasil melakukannya? Luar biasa. Buka dan masuk ke situs web Find My Mobile. Periksa bilah sisi kiri dan pastikan perangkat Anda terhubung ke akun Anda. Sekarang, yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih ‘Cari perangkat saya / Locate My Device’ di sidebar dan klik tombol cari. Jika perangkat Anda online dan kontrol jarak jauh diaktifkan, Anda akan melihat perkiraan lokasinya. Temukan ponsel saya juga memungkinkan Anda melakukan hal-hal lain seperti mengunci perangkat Anda, membiarkannya berdering dengan pesan dan menghapus datanya.

Cara Menemukan / Melacak Hp yang Hilang dengan Dropbox di iOS dan Android

Syaratnya:
  1. Perangkat Anda memiliki akses ke internet.
  2. Aktifkan "Camera Upload" di aplikasi Dropbox Anda.
  3. Seseorang perlu mengambil gambar dengan perangkat Anda yang hilang.
Drop Box dapat menjadi pilihan terakhir Anda jika semua pendekatan lain tidak membawa Anda lebih dekat untuk menemukan ponsel Anda yang hilang. Agar ini berfungsi, namun, Dropbox harus dipasang di ponsel Anda dan fitur "Camera Upload" harus diaktifkan. Dengan cara ini, setiap kali pencuri ponsel Anda mengambil gambar, secara otomatis akan diunggah ke folder Dropbox "Camera Upload" Anda. Jadi, jika dia mengambil foto selfie yang bagus Anda mungkin bisa mengidentifikasi pencuri itu. Dan jika Anda beruntung, Anda dapat melihat lokasi dengan melihat latar belakang gambar yang diunggah.

Jika tidak mungkin, cukup mulai blog dan tunjukkan kepada dunia semua gambar yang diambil pencuri Anda. Ada satu gambar berbagi laman tumblr yang lucu dari Hafid, orang yang mencuri ponsel pemilik blog.

Sejauh ini, itu satu-satunya cara Dropbox dapat membantu Anda. Dropbox tidak memberi Anda alamat IP perangkat seluler yang terhubung ke akun Dropbox Anda. Ini hanya mungkin untuk PC Desktop dan laptop sampai sekarang.

Catatan: Jika semua cara melacak hp yang hilang diatas tidak berlaku maka cobalah untuk download dan install aplikasi pihak ketiga semacam Cerberus, Lost Android, dan Prey Anti Theft dari Play Store untuk membantu melacak hp Android Anda yang hilang.

Demikianlah paparan admin mengenai Cara Melacak Hp yang Hilang Mudah dan Singkat. Semoga saja Anda berhasil melakukannya. Sekian dan cari artikel terkait lainnya di kotak telusur di situs ini. Baca juga: Cara Melacak Lokasi Seseorang Lewat WhatsApp.