Cara Menggunakan WhatsApp Business Sebagai Media Bisnis Online

Cara Menggunakan WhatsApp Business -- WhatsApp sejauh ini merupakan aplikasi perpesanan lintas platform yang paling populer di dunia terutama di Indoensai. Secara global, WhatsApp memiliki 1,5 miliar pengguna aktif bulanan dan aplikasi memproses sekitar 60 miliar pesan setiap hari. Ini menjadikannya platform hebat bagi siapa pun untuk menawarkan layanan bisnis atau dukungan pelanggan melalui seluler.

cara mengatur whatsapp business

Pada bulan Januari tahun ini, WhatsApp memperkenalkan aplikasi yang berfokus pada bisnisnya di dunia, hanya beberapa hari setelah peluncuran awal. Aplikasi WhatsApp Business saat ini hanya tersedia di Android. Aplikasi ini mirip dengan aplikasi WhatsApp biasa, tetapi dilengkapi dengan sejumlah fitur yang memungkinkan bisnis untuk berkomunikasi secara efektif dengan pelanggan mereka. Mari kita lihat fitur-fitur baru, dan bagaimana memanfaatkan WhatsApp Business. Baca juga: Cara Menambah dan Menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business.

Cara Membuat Profil WhatsApp Business

Sejauh ini bisnis kecil telah menggunakan aplikasi WhatsApp reguler untuk melakukan bisnis mereka atau menawarkan dukungan pelanggan. Sementara itu juga dapat berfungsi, membuat profil WhatsApp Business akan menawarkan lebih banyak kredibilitas ke percakapan Anda.
  1. Untuk memulai, cukup download aplikasi WhatsApp Business dari Google Play Store.
  2. Daftar menggunakan nomor ponsel Anda. Idealnya, Anda harus menggunakan nomor telepon bisnis Anda karena itu akan mempermudah verifikasi nantinya.
  3. Buat profil Anda dengan memasukkan rincian bisnis Anda di bagian Pengaturan> Pengaturan Bisnis> Profil. Pastikan Anda memasukkan detail secara akurat seperti nama bisnis, alamat, detail kontak, situs web dll.
Demikianlah cara membuat profil whatsapp business di Android Anda.

Cara Mengatur Profil WhatsApp Business

Setelah selesai membuat profil WhatsApp Business Anda, sekarang saatnya menyiapkan aplikasi. Aplikasi WhatsApp Business menawarkan beberapa alat perpesanan cerdas yang dapat membantu Anda menghemat waktu dan mempermudah segala sesuatunya. Anda dapat mengatur greeting message dan away message secara otomatis. Anda juga dapat mengatur balasan cepat untuk pelanggan Anda. Jadi dengan aplikasi WhatsApp Business, bagi seseorang yang belum pernah menghubungi Anda di whatsapp, Aplikasi akan menampilkan greeting message sesuai dengan apa yang sudah Anda buat. Greeting message ini juga dapat ditampilkan bagi kontak Anda yang lebih dari 14 hari belum menghubungi Anda lagi dan chatnya sudah Anda hapus.

Sedangkan away message adalah pesan bagi pelanggan bisnis Anda jika Anda tidak berada di tempat. Jadi, pesan akan muncul ketika Anda tidak sedang aktif dan Anda ditandai oleh seseorang dalam sebuah grup atau langsung dihubungi secara private.

Berikut cara mengatur WhatsApp Business:
  1. Untuk menyiapkan alat perpesanan ini, cukup buka Settings > Business Settings dan periksa opsi pengiriman pesan yang tersedia di sana.
  2. Anda akan melihat tiga opsi yang tersedia: Away message, Greeting message, dan Quick replies. Anda dapat mengatur masing-masing ini tergantung pada kebutuhan Anda.
  3. Anda dapat mengatur away message otomatis ketika Anda tidak dapat membalas pelanggan Anda. Anda juga dapat mengaturnya untuk mengirim away message setiap saat, pada jadwal yang disesuaikan, atau di luar jam kerja. Greeting Message dikirim secara otomatis ketika pelanggan mengirim pesan kepada Anda untuk pertama kalinya atau setelah 14 hari tidak aktif. Untuk Quick Reply Messages, Anda dapat mengatur pesan dasar, memilih pintasan, dan memilih kata kunci (opsional). Ini berguna ketika Anda menjawab pertanyaan yang sering diajukan, atau ingin bertukar basa-basi.
Jika Anda sudah mengatur profil whatsapp business Anda maka Anda harus siap menggunakan WhatsApp business secara efektif.

Cara Menggunakan WhatsApp Business Secara Efektif

Sekarang Anda memiliki semua pengaturan di aplikasi, saatnya untuk menggunakannya secara efektif. Anda dapat menggunakan WhatsApp Business dalam beberapa cara. Ini bisa menjadi sesuatu yang sederhana seperti menawarkan dukungan kepada pelanggan Anda atau mengirim mereka pembaruan tepat waktu. Kemungkinannya hampir tak ada habisnya.

1. Label untuk percakapan Anda

Salah satu hal terbesar yang perlu Anda pertimbangkan saat menggunakan WhatsApp Business adalah melacak pelanggan Anda. Meskipun Anda harus menambahkannya secara manual ke daftar kontak, Anda juga dapat menetapkan label ke percakapan Anda. Ini berguna saat berinteraksi dengan sejumlah besar pengguna.

Anda dapat menyiapkan label untuk pelanggan Anda dan kemudian melabeli percakapan obrolan Anda menggunakan mereka. Misalnya: Anda mungkin ingin memberi label percakapan sebagai 'pelanggan baru'. Dengan cara ini ketika pelanggan Anda membalas setelah beberapa waktu Anda masih akan dapat mengetahui siapa orang ini.

Untuk menambahkan label baru: Ketuk tombol menu pada percakapan obrolan dan ketuk Label Baru. Masukkan teks untuk label baru dan ketuk Simpan.

Untuk menambahkan label ke obrolan: Ketuk tombol menu pada percakapan obrolan lalu pilih label dan ketuk Simpan.

2. Gunakan ]WhatsApp Business di desktop dan Web

Sama seperti akun WhatsApp pribadi Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi seluler WhatsApp Business dengan varian desktop juga. Ini membuatnya lebih mudah untuk berinteraksi dengan sejumlah besar pelanggan.

Proses penyetelan untuk varian desktop sama dengan aplikasi WhatsApp biasa. Buka Pengaturan> WhatsApp Web dan pindai kode QR yang diberikan.

3. Dukungan satu-satu

Salah satu keuntungan utama menggunakan aplikasi WhatsApp Business adalah dapat menawarkan dukungan satu-satu kepada pelanggan Anda. Jika Anda menjalankan bisnis kecil, Anda ingin tetap mengikuti kueri pelanggan Anda.

Aplikasi WhatsApp Business juga memungkinkan Anda mengirim foto, video, dan lampiran lainnya ke pelanggan Anda, dan sebaliknya. Ini dapat membantu pelanggan Anda menjelaskan masalah mereka dengan lebih jelas.

4. Mengirim Pembaruan

WhatsApp Business juga dapat membantu Anda mengirimkan pembaruan tepat waktu terkait dengan bisnis Anda. Baik itu produk baru atau layanan baru yang akan Anda luncurkan, selalu sempurna untuk membiarkan pelanggan yang ada dan calon pelanggan Anda mengetahuinya terlebih dahulu.

Anda dapat membuat daftar siaran untuk mengirim pesan ke sejumlah besar orang sekaligus. Ini dapat membantu Anda menghemat waktu jika Anda memiliki basis pelanggan yang besar, meskipun daftar siaran saat ini terbatas pada 256 kontak.

Demikianlah paparan admin mengenai Cara Menggunakan WhatsApp Business. Semoga saja Anda berhasil dalam melakukannya. Sekian dan cari artikel terkait WhatsApp Business di kotak telusur situs ini. Sekian. Baca juga: Cara Membuat Profil WhatsApp Business (Step By Step).
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Nrimo ing Pandum. Ngabekti maring Gusti. Tumindak ala bakal oleh Piwalese. Amin