Cara Menambah dan Menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business

Cara Menambah dan Menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business -- WhatsApp Business memiliki update baru yang diluncurkan sekarang dan dimaksudkan untuk melakukan public relations melalui aplikasi sedikit lebih mudah. Bagi mereka yang mungkin belum tahu, ini adalah aplikasi yang sepenuhnya terpisah dari WhatsApp yang dimaksudkan untuk memberi para pemilik bisnis dan perwakilan PR sebuah kehadiran profesional  pada platform sosial yang sama yang digunakan oleh aplikasi lain tersebut. Sebelum Anda menginstal aplikasi WhatsApp Business perhatikan bahwa sekali pengguna mengembalikan pesan cadangan WhatsApp ke versi bisnis, cadangan tersebut tidak dapat digunakan lagi untuk beralih kembali ke Messenger WhatsApp Original. Pengembang aplikasi menyarankan untuk mencadangkan cadangan awal dengan salinan kedua yang tersimpan di perangkat, untuk berjaga-jaga.

Download WhatsApp Business di Android dan iOS

Dengan penjelasan itu, ada tiga fitur baru yang termasuk dalam update WhatsApp Business. Fitur baru pertama adalah kemampuan untuk membuat balasan cepat atau Quick Reply, yang terkait dengan cara pintas keyboard untuk memberikan balasan dan memungkinkan pengguna bisnis mengakses cepat respons obrolan yang paling sering mereka gunakan. Meskipun respons bisnis belum tentu ideal, dimasukkannya jawaban cepat harus memperlancar proses merespons, untuk memulai, berpotensi memungkinkan lebih banyak pertanyaan yang diajukan. Berkaitan dengan pembaruan terbaru WhatsApp Business, update ini memungkinkan pengguna untuk mengatur pesan salam untuk digunakan saat menyapa yang lain di platform layanan WhatsApp. Fitur Update yang kedua adalah mekanisme pelabelan telah ditambahkan untuk pesan dengan tujuan membantu pemilik bisnis atau perwakilan PR mengawasi, mengatur, dan menemukan pesan dengan lebih mudah. Sistem Penandaan Pesan WhatsApp Business berdasarkan label sudah admin sampaikan pada artikel sebelumnya. Baca Juga: Cara Menandai Pesan Berdasarkan Label di WhatsApp Business.

Sementara itu, fitur lain yang sebelumnya dirilis itu berarti bahwa masih memungkinkan pembuatan profil WhatsApp Business dan fitur alat bantu perpesanan bisnis terpadu untuk memberi tahu pelanggan kapan profil tersebut tersedia untuk kontak. Selanjutnya, aplikasi masih memungkinkan satu perangkat untuk memiliki akun pribadi dan bisnis yang dipajang secara terpisah melalui pemasangan aplikasi WhatsApp utama dan variasi bisnis. WhatsApp Business juga masih dapat digunakan dengan telepon rumah atau nomor telepon tetap lainnya, membebaskan nomor pengguna pribadi pengguna untuk digunakan di aplikasi lain. Jika Anda ingin menyiapkan dan mengatur profil WhatsApp Bisnis Anda silahkan menuju artikel ini. Baca juga: Cara Membuat dan Mengatur Profil WhatsApp Business.

Cara Menambah dan Menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business

Berbeda dengan WhatsApp Original, di WhatsApp Business Anda bisa mengatur Quick Reply terhadap pelanggan Anda. Anda bisa menggunakan pintasan keyboard untuk melakukannya. Silahkan Anda set nanti pintasan sesuai dengan keinginan Anda. Namun secara default, WhatsApp Business sudah menyertakan satu pintasan yaitu tanda /. Jadi saat Anda membalas pesan orang lain. Silahkan tekan tanda / tersebut maka quick reply pesan WhatsApp Business akan diset dengan cepat. Anda bisa memodifikasi kata-kata dalam mode quick reply dan bahkan punya kesempatan untuk menambah pintasan quick reply pesan di WhatsApp Business. Berikut tata caranya.
  • Pastikan WhatsApp Business sudah terbuka.
  • Tekan pada tanda tiga titik di atas.
  • Pilih Setelan.
  • Berikutnya, klik Setelan Bisnis.
Cara Menambah dan Menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business
  • Lanjut dengan memilih Balas Cepat.
Cara Menambah dan Menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business
  • Di bagian kata-kata yang diawali dengan tanda /... itulah Anda dapat merubah dan edit kata-kata balasan cepat Anda.
  • Dengan menekan tanda + hijau di bawah, Anda bisa menambahkan opsi lain untuk membalas pesan WhatsApp Business Anda ke Chat.
Cara Menambah dan Menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business
  • Jika laman sudah terbuka, Anda bisa menambahkan pesan balas cepat dan pintasan yang Anda gunakan.
  • Jika sudah, jangan lupa tekan Simpan.
  • Selesai.
Demikianlah cara menambah dan menggunakan Quick Reply di WhatsApp Business. Semoga saja Anda segera menggunakan WhatsApp Business dan beralih dari WhatsApp Original karena fitur yang di tawarkan tidak kalah keren. Terimakasih. Baca juga: Download Aplikasi WhatsApp Business dan Cara Menggunakannya di Android.