Mengenal Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro

Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro -- Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro dari Xiaomi mulai dijual di berbagai toko online mulai akhir pekan ini. Dengan hype seputar minat konsumen, Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro akan dijual seperti kacang goreng seperti pendahulunya, Redmi Note 4 yang sangat laku keras.

Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro

Seperti ponsel lain dari Xiaomi, Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro berjalan pada MIUI 9 yang berbasis Android 7.1.2 Nougat. Ini berarti Anda akan menemukan banyak pilihan penyesuaian pada handset untuk dimainkan. Jika Anda adalah pengguna smartphone baru atau Anda baru pertama kali dalam menggunakan MIUI 9 di Xiaomi Redmi Note 5, kemungkinan besar Anda akan merasa terbebani dengan banyaknya fitur dan opsi penyesuaian yang ditawarkan. Baca juga: Cara Hard Reset Xiaomi Redmi Note 5A Prime.

Jangan khawatir meskipun demikian, admin telah mengumpulkan daftar tips dan trik tersembunyi  di Redmi Note 5 di bawah ini yang akan membantu Anda mengenal beberapa fitur baru yang tersembunyi di MIUI 9 yang sangat berguna. Tips di bawah juga akan berlaku untuk Redmi Note 5 Pro.

Tips dan Trik Fitur Unggulan Tersembunyi di Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro

Ada beberapa daftar trik fitur tersembunyi di Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro. Anda bisa mengulasanya semua disini. Silahkan Anda baca dan cermati kira-kira fitur tersembunyi di Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro yang mana yang bisa Anda gunakan dan maksimalkan.

Indikator RAM di Recent Apps Terbaru

Xiaomi mulai menyembunyikan jumlah RAM kosong dari daftar Apps Terbaru dengan MIUI 8.5 dan terus berlanjut dengan MIUI 9. Untungnya untuk menjaga agar pengguna tetap senang, perusahaan tersebut juga menyertakan opsi di MIUI untuk menunjukkan jumlah RAM gratis yang tersedia di Menu Apps terbaru. Satu-satunya masalah di sini adalah bahwa pilihan itu berada di dalam menu Settings yang berbelit-belit yang berarti banyak pemilik Redmi Note 5 kemungkinan tidak akan pernah tahu tentang keberadaannya.

Pergi ke Settings ⇒ Home screen & Recent dan aktifkan opsi Show Memory Status untuk menampilkan jumlah RAM kosong yang tersedia pada perangkat Anda di UI multitasking. Perhatikan bahwa memiliki banyak RAM bebas tidak akan membuat perangkat Anda berjalan lebih mulus atau lebih cepat, meski memiliki banyak permainan berat yang berjalan di latar belakang dapat mempengaruhi kinerja sistem secara keseluruhan.

Tampilkan Ikon Notifikasi

Admin tidak akan pernah mengerti mengapa MIUI tidak menampilkan ikon notifikasi yang belum dibaca di status bar. Tanpa ikon, tidak ada cara bagi seseorang untuk mengetahui apakah ada pemberitahuan baru kecuali jika seseorang memperluas bilah pemberitahuan itu sendiri. Untungnya, Xiaomi memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan aspek MIUI ini juga. Cukup menuju ke Settings  Notification & status bar dan aktifkan opsi Show notification icons. Ini akan menyebabkan ikon pemberitahuan ditampilkan di bilah status untuk pemberitahuan yang belum dibaca dan juga terus-menerus.

Gunakan Charger Cepat

Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro hadir dengan baterai berkapasitas 4.000 mAh yang menjamin handset dapat bertahan hingga seharian meskipun digunakan untuk proses yang cukup berat. Ini juga berarti bahwa pengisian cepat dari 0-100 persen akan segera berakhir hanya dengan sedikit waktu. Xiaomi mengusung charger 2A bersama dengan handset namun jika Anda ingin charge Redmi Note 5 / Pro Anda lebih cepat, Anda dapat menggunakan charger Quick Charge 2.0. Quick Charger QC 2.0 tidak mungkin menghasilkan pengurangan drastis dalam keseluruhan waktu pengisian daya karena Xiaomi telah menyiapkan pengisi daya 2A dengan perangkat. Yang paling mencolok adalah saat pengisian handset dari 0-50% yang seharusnya melihat penurunan sekitar 15 menit atau bahkan lebih tinggi. Meskipun ini mungkin tidak terdengar substansial, jika Anda adalah seseorang yang selalu bergerak, waktu pengisian yang lebih cepat akan selalu berguna. Baca juga: Cara Mengatasi Sinyal Hilang di Redmi Note 4.

Penggunaan Satu Tangan

Layar 6 inchi di Redmi Note 5 / Pro mungkin agak terlalu besar bagi banyak orang dalam situasi tertentu. Untuk kasus seperti itu, Xiaomi menyertakan fitur mode satu tangan yang berguna di MIUI 9. Fitur ini dinonaktifkan secara default dan harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum Anda dapat menggunakannya. Untuk ini, pergilah ke Settings ⇒ Additional Settings  One-handed mode dan aktifkan pilihannya. Anda juga bisa men-tweak ukuran mode satu tangan ini agar lebih besar atau lebih kecil sesuai dengan keinginan Anda.

Untuk memicu mode satu tangan, Anda harus menggesek dari tombol beranda ke kiri atau kanan. Bergantung pada arah yang Anda gesek, mode satu tangan akan beralih ke sisi itu.

Mi Remote

Hampir setiap perangkat Xiaomi yang diluncurkan di dunia selama beberapa tahun terakhir telah menampilkan IR Blaster, dan Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro tidak terkecuali dengan peraturan ini. IR Blaster adalah alat praktis yang dimiliki oleh smartphone karena ini berarti bahwa ketika digunakan dengan aplikasi Xiomi Mi Remote, seseorang dapat menggunakan IR Blaster untuk mengendalikan peralatan rumah lainnya seperti TV, AC, Sound System, dan perangkat lain di sekitar mereka. Bahkan lebih baik lagi, Xiaomi terus memperbarui aplikasi Mi Remote untuk menambahkan dukungan untuk TV baru, kotak set-top, dan perangkat lainnya.

Kunci Aplikasi Menggunakan Scanner Sidik Jari / Fingerprint

Selain menggunakan pemindai sidik jari / fingerprint di Redmi Note 5 untuk mengunci / membuka kunci telepon, Anda juga dapat menggunakan pemindai sidik jari untuk mengunci aplikasi yang terpasang di telepon. Jika Anda menyimpan beberapa data rahasia atau pribadi di telepon Anda, penting juga Anda mengambil langkah-langkah yang tepat untuk melindunginya dari orang yang tidak bertanggungjawab. Itu sebabnya selain menggunakan password layar kunci, Anda juga harus mengunci aplikasi penting Anda menggunakan pemindai sidik jari pada handset. Xiaomi mencakup fungsi penguncian aplikasi asli di MIUI yang membuat keseluruhan proses menjadi lebih mudah. Anda bisa menemukan fitur App lock di bawah Settings  App Lock.

Kunci Aplikasi di Memori

Xiaomi Redmi Note 5 hadir dengan RAM minimal 3GB yang cukup baik untuk pengguna dasar. Jika Anda adalah pengguna berat yang bermain game, idealnya Anda harus melihat ke dalam membeli varian RAM 4GB dari perangkat. Dan jika Anda mengalami masalah multitasking, Anda dapat selalu mengunci aplikasi tertentu di memori agar tidak mati di latar belakang.

Terkadang, MIUI akan membongkar aplikasi dari memori di latar belakang untuk kinerja sistem yang optimal. Meskipun Anda tidak dapat mengubah perilaku ini, Anda dapat mencegah MIUI untuk membatalkan aplikasi tertentu dari memori. Hal ini dapat dilakukan dengan membuka tampilan Recent Apps Terbaru dan kemudian menggesek kartu aplikasi. Aplikasi yang terkunci di memori akan dilambangkan dengan ikon kunci di atas kartunya.

Fingerprint Scanner sebagai Camera Shutter Button

Selain mengunci aplikasi, Anda juga bisa menggunakan pemindai sidik jari sebagai tombol rana untuk cepat mengambil selfies dan foto. Fitur ini sangat membantu saat mengambil selfies karena Anda tidak perlu meregangkan jempol Anda untuk menekan tombol rana di layar. Untuk mengaktifkan fitur ini, pergilah ke Settings di aplikasi Camera dan aktifkan opsi shutter Fingerprint.

Ambil Screenshot

Ingin cepat mengambil screenshot di Redmi Note 5 / Redmi Note 5 Pro Anda? Cukup tarik ke bawah di layar dengan tiga jari. Metode lama untuk screenshot adalah dengan menekan dan menahan tombol Volume turun dan power sekaligus juga bekerja. Anda juga bisa mengambil screenshot panjang di MIUI 9 di Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di sini. Cara Screenshot Panjang di MIUI 9.

Aplikasi Ganda / Dual Apps

Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro memiliki slot dual-SIM hybrid. Ini berarti Anda dapat menggunakan dua kartu SIM pada telepon secara bersamaan. Ini kemungkinan juga akan berarti bahwa banyak pengguna akan mencari cara untuk menjalankan dua contoh aplikasi WhatsApp dan aplikasi lainnya di Redmi Note 5 untuk berbagai pekerjaan dan akun pribadi mereka. Xiaomi mencakup fitur Dual Apps yang praktis di MIUI 9 hanya untuk ini. Seperti namanya, Dual Apps memungkinkan Anda menjalankan dua contoh aplikasi yang sama dengan data yang benar-benar terpisah. Ini berarti Anda dapat menjalankan dua salinan WhatsApp di Xiaomi Redmi Note 5 untuk dua kartu SIM berbeda yang Anda gunakan di telepon, dll.

Face Unlock

Tips dan Trik tersembunyi ini hanya berlaku untuk Redmi Note 5 Pro. Kamera Selfie 20MP di depan digunakan oleh Xiaomi untuk menawarkan face unlock pada handset selain menangkap selfies. Untuk mengatur face unlock di Redmi Note 5 Pro Anda, pertama pastikan Anda menjalankan MIUI 9.2.4 atau lebih tinggi. Kemudian, lanjutkan ke Settings ⇒ Lock screen & password, tekan Face unlock dan ikuti instruksi yang ditampilkan untuk mengatur face unlock.

Gesture

Salah satu bagian terbaik dari MIUI 9 adalah Anda dapat menyesuaikan dan mengatur sejumlah cara pintas untuk beberapa tugas dasar seperti meluncurkan kamera dengan cepat, mematikan layar, dan banyak lagi. Jika Anda menuju ke Settings ⇒ Additional Settings  Button and gesture shortcuts, Anda akan menemukan pilihan untuk mengatur cara pintas untuk mengambil tangkapan layar dengan cepat, meluncurkan aplikasi Google Assistant atau Camera, menyalakan lampu senter, dll.

Sesuaikan Bar Navigasi

Salah satu keunggulan dari Redmi Note 5 Pro yang hadir dengan panel navigasi di layar adalah mudah disesuaikan. Secara default, panel navigasi di Redmi Note 5 memiliki tombol yang ditempatkan dalam urutan berlawanan dari apa yang Google rekomendasikan. Ini berarti tombol belakang ada di sebelah kiri dan tombol Recent Apps Terbaru ada di sebelah kanan. Ini mungkin bukan masalah besar bagi pemilik perangkat Xiaomi sebelumnya, tetapi jika Anda berasal dari perangkat Android lainnya yang menjalankan Android, perubahan kecil ini bisa membuat memori otot Anda naik.

Syukurlah, Anda bisa mengubah ini dan mengembalikan tata letak bar navigasi di Redmi Note 5 / Redmi Note 5 Pro dengan membuka Settings  Additional Settings dan nonaktifkan pilihan Mirror buttons.

Sembunyikan Bilah Navigasi

Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro hadir dengan layar rasio aspek 18: 9 disertai dengan bezels kecil di bagian atas dan bawah. Ukuran bezel yang dikurangi berarti Redmi Note 5 tidak menampilkan tombol navigasi kapasitif. Sebagai gantinya, seperti banyak ponsel lain di luar sana, ia memiliki panel navigasi di layar. Jika mau, Anda bisa menyembunyikan bilah navigasi ini untuk menikmati layar 6 inchi Redmi Note 5 secara maksimal.

Ini bisa dilakukan dengan masuk ke Settings  Additional Settings dan mengaktifkan opsi Hide soft buttons. Ini akan menyembunyikan bilah navigasi dan membuat semua aplikasi berjalan dalam mode layar penuh. Untuk membawa bilah navigasi kembali ke layar, Anda harus menggesek ke atas dari bagian bawah layar.

Demikianlah paparan admin mengenai Tips dan Trik Fitur Tersembunyi di Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro yang dijalankan dengan MIUI 9. Semoga saja Anda berhasil menguasai semua tips dan trik Xiaomi Redmi Note 5 dan Redmi Note 5 Pro tersebut. Jangan lupa cari artikel terkait dengan semua produk Xiaomi dengan mengetuk kotak telusur di bagian navigasi atas situs ini. Sekian. Baca juga: Mengenal Masalah Xiaomi Redmi 5A dan Solusinya.