Masalah Android Oreo di Xiaomi Mi A1: 10 Hal yang Harus Anda Tahu

Masalah Android Oreo di Xiaomi Mi A1: 10 Hal yang Harus Anda Tahu -- Tidak pernah diragukan lagi bahwa update Android 8.0 Oreo Xiaomi akan dimulai dengan Xiaomi Mi A1. Menjelang akhir tahun 2017 yang lalu, Xiaomi mendorong pembaruan Android Oreo ke perangkat platform Android One-nya bersamaan dengan semua hal bagus yang telah kami dengar tentang Android Oreo dan beberapa perbaikan sistem.

Masalah Android Oreo di Xiaomi Mi A1

Sementara beberapa pemilik Xiaomi Mi A1 mungkin berjalan dengan baik, tidak semua orang menikmati pengalaman yang sama setelah update ke Android Oreo. Ada laporan dari segudang masalah yang diperhatikan tepat setelah pembaruan, dan sementara beberapa di antaranya dapat dikurangi, yang lain harus ditangani melalui pembaruan perangkat lunak. Baca juga: Cara Restart Paksa Xiaomi Mi A1.

Perhatikan bahwa tidak aneh jika rilis perangkat lunak awal berakhir dengan masalah untuk beberapa pengguna. Ini sangat masuk akal, tapi bisa juga menyebalkan. Tanpa basa-basi lagi, mari selami beberapa masalah Android Oreo di Xiaomi Mi A1 yang dihadapi oleh pengguna awal pembaruan perangkat lunak.

Daftar 10 Masalah Xiaomi Mi A1 Setelah Update Android 8.0 Oreo

Admin menemukan beberapa laporan terkait dengan masalah Android Oreo di Xiaomi Mi A1. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kita membahasnya pada kesempatan kali ini.

Baterai Boros

Sejumlah besar pengguna Xiaomi Mi A1 melaporkan bahwa setelah diupdate ke Android Oreo, baterai sangat boros dan tak terbayangkan. Biasanya terjadi setelah pembaruan perangkat lunak utama atau bahkan kecil dan karena berbagai alasan. Sisi baiknya dari cerita ini adalah bahwa OS dilengkapi dengan pengaturan baterai built-in yang memungkinkan pengguna melihat penggunaan baterai masing-masing aplikasi, sehingga mengungkap mana yang menguras baterai.

Sementara OS juga memungkinkan pengguna untuk membatasi aktivitas latar belakang dengan cara memblokir aplikasi dari mengakses data saat tidak dibutuhkan, update Xiaomi Mi A1 ke Android Oreo tidak membiarkan pengguna melakukan ini yang agak menjengkelkan. Tapi tentu saja, jika Anda menemukan pelakunya melalui pengaturan baterai, Anda mungkin juga menghapusnya atau mendapatkan versi update. Terkadang aplikasi individual mungkin penyebabnya dan pengembang memperbaruinya dengan perbaikan untuk masalah ini.

Pengguna lain telah menemukan bahwa Bluetooth mungkin bertanggung jawab atas pemborosan baterai yang besar ini. Bahkan melupakan semua perangkat yang terhubung atau mengatur ulang pengaturan jaringan tidak membantu mengurangi masalah ini, namun pada akhirnya menonaktifkan Bluetooth dapat menghemat lebih banyak daya baterai Anda.

Masalah Kamera Xiaomi Mi A1

Selain fakta bahwa ia menjalankan Android, salah satu yang menarik dari Xiaomi Mi A1 adalah kamera dual-lens di bagian belakang. Namun, nampaknya update ke Android Oreo telah mengubah fitur mengesankan ini menjadi lelucon. Pengguna yang terkena masalah ini melaporkan bahwa aplikasi diluncurkan dengan layar dan fokus kosong (hitam) telah menjadi sangat menyakitkan dibandingkan dengan Nougat. Ada juga yang mengatakan bahwa garis hitam muncul di layar saat meluncurkan apl, dan jika berhasil terbuka, gambar yang diambil memiliki detail lebih sedikit, lebih banyak suara, dan masalah fokus tetap ada meskipun dalam kondisi pencahayaan yang baik.

Sejauh ini, tidak ada mitigasi yang diketahui untuk masalah kamera. Mudah-mudahan, Xiaomi akan meluncurkan pembaruan untuk mengurus semuanya lebih cepat.

Masalah Suara dan Panggilan Xiaomi Mi A1

Masalah lain yang telah dilaporkan oleh beberapa pengguna Xiaomi Mi A1 setelah update ke Oreo ada hubungannya dengan suara. Ternyata, tidak semua unit terpengaruh oleh masalah ini, namun bagi mereka yang merasakannya, mereka mengatakan bahwa output suara jauh lebih rendah daripada saat menggunakan Android Nougat. Jika Anda memilih untuk menggunakan headphone, Anda juga akan menghadapi masalah lain - suara mendesis, tapi yang ini sebenarnya bukan masalah baru.

Masalah suara ini terjadi dibagian audio ouput, di mana beberapa pengguna Mi A1 mengatakan bahwa saat melakukan panggilan telepon, mereka tidak mendengar suara sama sekali. Tidak jelas apakah ini hanya mempengaruhi panggilan yang dilakukan pada loudspeaker atau semua panggilan pada umumnya. Masalah lain yang mempengaruhi panggilan adalah dalam riwayat panggilan. Biasanya, pengguna harus melihat log panggilan yang mencakup panggilan tidak terjawab, panggilan keluar dan panggilan masuk, namun setelah update Oreo, semua yang ada di log panggilan dilaporkan terdaftar sebagai panggilan tak terjawab. Berbicara tentang panggilan, beberapa pengguna juga melaporkan bahwa VoLTE dinonaktifkan secara default setelah update ke Oreo.

Aplikasi Tidak Merespon dan Lainnya Crash

Ini sangat tidak normal untuk aplikasi yang bekerja secara tidak konsisten setelah pembaruan, namun ini seharusnya benar untuk versi beta. Pengguna Xiaomi Mi A1 tidak menerima update beta. Sebagai gantinya, ini adalah versi yang stabil. Meskipun demikian, pembaruan Oreo tampaknya mempengaruhi fungsi normal aplikasi seperti Facebook, WhatsApp dan juga game.

Masalah Notifikasi

Selain tidak merespon dan crash, beberapa aplikasi tidak menampilkan notifikasi seperti biasa, kecuali jika dibuka secara manual. Ini jelas menyebabkan pengguna Xiaomi Mi A1 melewatkan pesan, dan ketika me-restart telepon masalah teratasi sementara, namun masalah akan berlanjut setelah beberapa saat. Beberapa unit juga mengalami suara pemberitahuan duplikat yang menyebalkan, tapi mungkin tidak lebih dari mereka yang tidak dapat menyingkirkan notifikasi tentang aplikasi latar belakang serta notifikasi yang sama yang ditampilkan di aplikasi lain.

Untungnya, Anda dapat menonaktifkan notifikasi untuk menampilkan diatas dari aplikasi lain dengan mematikan saluran tertentu dari Settings » Apps & notifications » Notifications » Notifications (lagi) » select “Show system” dari menu 3 titik » pilih “Android system” app » lalu matikan notifikasi untuk aplikasi yang ingin Anda nonaktifkan. Anda juga dapat menggunakan aplikasi Google Play Store untuk menyembunyikan pemberitahuan aplikasi yang "berjalan di latar belakang".

Tombol Navigasi yang Salah

Pengguna Xiaomi Mi A1 lainnya juga melaporkan masalah dengan tombol Back, Home, dan Recent. Setelah pembaruan, tombol kunci ini entah tidak berfungsi atau mereka menjalankan tugas mereka secara tidak konsisten, memaksa pengguna untuk memulai ulang telepon dalam banyak kesempatan tanpa solusi nyata, terutama tombol Recents.

Fingerprint Scanner yang Buggy dan Hilangnya Gesture Settings

Update Android Oreo di Xiaomi Mi A1 juga telah membuat pemindai sidik jari menjadi buggy. Beberapa pengguna mengatakan saat mereka mencoba membuka kunci layar ponsel menggunakan pemindai, terlalu lambat merespons atau memaksa ponsel untuk memulai kembali. Anda dapat menghindari hal ini dengan menggunakan pola untuk membuka kunci layar sampai Xiaomi memperbaiki masalah ini. Masalah lainnya adalah pengaturan gesture sidik jari yang hilang. Bagi mereka yang telah mengaktifkan fitur sebelum Update Android Oreo di Xiaomi Mi A1, ini masih bekerja dengan benar, namun tidak dapat mengakses gesture settings. Tidak ada perbaikan cepat yang pasti untuk ini, tapi mudah-mudahan, pembaruan akan mengembalikan pengaturannya.

Masalah Koneksi Mobile Data

Smartphone menjadi tidak pintar kecuali mereka memiliki koneksi internet. Namun, setelah update ke Android Oreo, beberapa unit Xiaomi Mi A1 mengalami masalah pembekuan data mobile dimana telepon menunjukkan bahwa ada koneksi 4G namun mencoba mengakses halaman web, misalnya, mengatakan sebaliknya. Saat me-restart telepon Anda dapat mengatasi masalah ini, telepon akan dilanjutkan kembali setelah beberapa saat, namun pembaruan perangkat lunak harus menyelesaikan masalah setelah diluncurkan.

Google Service Framework tidak bekerja

Masalah Xiaomi Mi A1 utama lainnya yang merupakan hasil update Xiaomi Mi A1 ke Android Oreo adalah tentang Google services framework. Rupanya, pembaruan Oreo menghentikan layanan ini berfungsi normal dan bila Google services framework tidak berfungsi, jangan berharap menerima pembaruan aplikasi apa pun melalui Google Play Store. Mudah-mudahan, ini akan segera diperbaiki.

Masalah Ambient Display

Update Xiaomi Mi A1 ke Android Oreo juga membawa beberapa masalah pada fungsi normal Ambient Display. Dalam beberapa kasus, fitur ini tidak berfungsi sama sekali dan pada orang lain, pengguna melaporkan bahwa hal itu menjadi lebih buruk bila dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Seperti sebagian besar masalah yang mempengaruhi Xiaomi Mi A1 setelah update Oreo, bahkan sebuah factory reset tidak akan membantu memecahkan masalah Ambient Display ini. Jika ada, hanya pembaruan perangkat lunak dari Xiaomi - dan bukan Google yang diperkirakan akan membantu memperbaiki masalah ini dan masalah lainnya yang belum tertangkap dalam artikel ini. Sayangnya, admin tidak tahu kapan pabrikan asal China ini akan merilis update bug fix ini ke perangkat Xiaomi Mi A1.

Demikianlah paparan admin mengenai 10 Masalah Xiaomi Mi A1 Selepas Update ke Android Oreo. Jadi pertimbangkan betul jika Anda mau update Android oreo di Xiaomi Mi A1. Pastikan Anda tahu setiap resikonya. Baca juga: Daftar Xiaomi Yang Mendapatkan Update MIUI 10.
Advertisement

Baca juga:

Advertisement
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Nrimo ing Pandum. Ngabekti maring Gusti. Tumindak ala bakal oleh Piwalese. Amin