Bagaimana Cara Mengembalikan Pesan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android?

Bagaimana Cara Mengembalikan Pesan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android? -- Whatsapp adalah aplikasi pesan instan yang sangat populer hingga saat ini. Setiap harinya pengguna Whatsapp kian bertambah dan terus bertambah. Apakah Anda tahu mengapa Whatsapp bisa menjadi sangat populer? Ya benar sekali, salah satu yang membuat pengguna whatsapp sangat nyaman adalah mode perlindungan enkripsi pesan end-to-end yang sangat aman dari penyadapan Whatsapp. Baca juga: Cara Menggunakan Whatsapp di Laptop Tanpa Terhubung dengan Smartphone.

Bagaimana Cara Mengembalikan Pesan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android?

Hampir tidak ada cara untuk menghack aplikasi Whatsapp tanpa menyentuh hp korban. Namun tahukah Anda dibalik ketatnya kemanan chat Whatsapp tersebut ada sedikit celah ketika pesan Whatsapp tiba-tiba entah sengaja atau tidak terhapus dari perangkat Android Anda. Lalu bagaimana cara membatalkan pesan whatsapp yang terhapus? Apakah bisa memulihkan pesan whatsapp yang terhapus tersebut? Nah, admin ada sedikit solusi atas pertanyaan Anda tentang mengembalikan pesan chat whatsapp yang terhapus di Android. Tapi ingat ya... lakukan backup data Whatsapp sebelum Anda memulai tips memulihkan pesan chat whatsapp yang terhapus di Android.

Cara Memulihkan Pesan Whatsapp Yang Terlanjur Terhapus di Android

Untuk mencoba memulihkan pesan whatsapp yang terhapus di Android, Anda bisa menggunakan beberapa saran dari admin berikut ini.

Uninstall Aplikasi Whatsapp Anda

Salah satu solusi yang mungkin tidak pernah Anda bayangkan untuk memulihkan pesan chat whatsapp yang terhapus ialah dengan melakukan pelepasan Aplikasi Whatsapp yang terpasang di Android Anda. Jika pesan diatur kedalam mode 24 jam, Anda bisa melepas kemudian memasang kembali aplikasi Whatsapp Anda.

Perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda mencoba untuk memasang atau menginstall ulang aplikasi Whatsapp, Anda akan diminta untuk melakukan backup atau memulihkan pesan whatsapp Anda. Jadi ketika pertama kali memasang ulang aplikasi Whatsapp Anda, ketuk Pulihkan Pesan maka semuanya sudah beres. Namun kadangkala proses ini memakan waktu yang lama tergantung jumlah file total dari pesan whatsapp Anda. Hal ini bisa saja foto dan video juga ikut dipulihkan secara besar-besaran. Sehingga Anda perlu memasang aplikasi pihak ketiga dari Play Store untuk mengatur proses pemulihan pesan whatsapp Anda. Namun jika pesan whatsapp yang dipulihkan di Android hanya berukuran kecil maka Anda tidak perlu bantuan aplikasi pihak ketiga.

Gunakan File Manager

Cara kedua untuk mencoba memulihkan pesan chat whatsapp yang terhapus di Android ialah dengan bantuan aplikasi File Manager. Atau jika dengan bantuan aplikasi dari untuk PC, Anda bisa memakai Web PC Suite. Baca juga: Cara Menambah Grup Admin Lebih Dari Satu.

Anda bisa mendownload Aplikasi File Manager dari Play Store dengan gratis. Setelah aplikasi Anda install maka sistem Android bisa Anda masuki dengan mudahnya. Coba Anda buka aplikasi File Manager kemudian pilih memori internal. Cari folder whatsapp dan carilah folder Database yang merupakan tempat semua pesan chat whatsapp Anda.

Dengan Merubah Nama File di Database

Jika diatas tadi Anda sudah menemukan file folder Database yang merupakan tempat semua pesan whatsapp Anda, maka berikutnya adalah Anda harus mengganti nama registry pesan di database karena masing-masing pesan whatsapp di database memiliki tanggal yang spesifik. Oleh karena itu, untuk mengembalikan pesan whatsapp yang terjadi 3 hari yang lalu maka Anda harus menghapus nomor tanggal di file database yang menunjukkan kapan pesan whatsapp dibuat dan merubahnya sesuai tanggal 3 hari yang lalu. Hal ini perlu dilakukan karena pada saat pemulihan pesan whatsapp saat instalasi ulang whatsapp hanya berlaku pada data yang berlangsung hari ini saja.

Cara Lain Memulihkan Pesan Whatsapp yang Sudah Terhapus di Android

Orang bisa mengejar ketinggalan dengan teman, keluarga, dan kolega mereka dan tahu persis apa yang mereka lakukan, ke mana mereka pergi, bagaimana perasaan mereka dengan cara yang lebih sederhana yaitu dengan aplikasi WhatsApp. Namun, terkadang Anda mungkin menemukan kehilangan data jika Anda secara tidak sengaja menghapus file penting di Android Anda. Anda mencari bantuan untuk mengambil pesan-pesan WhatsApp yang dihapus dan mengetahui bahwa itu bisa sangat menyita waktu.

Untuk mengatasi masalah hilangnya riwayat obrolan WhatsApp, Anda bisa mengembalikannya melalui dua solusi dalam panduan berikutnya ini. Jika Anda telah mencadangkan pesan whatsapp Anda dengan Google Drive sebelumnya, baca solusi 1. Jika tidak, baca solusi 2.

Ingat! Jangan mengoperasikan ponsel Android Anda atau memperbarui apapun setelah Anda mengetahui bahwa Anda kehilangan data penting dan ingin mengembalikannya. Jika tidak, file cadangan Anda akan ditimpa dan apa yang Anda hapus karena kesalahan tidak dapat diekstraksi kembali lebih lama lagi.

Solusi 1: Cara Mengembalikan Data WhatsApp dari Google Drive Backup

Jika Anda telah mencadangkan pesan WhatsApp Anda dengan Google Drive sebelumnya, Anda dapat mengembalikan data Anda yang terhapus atau hilang kembali melalui salinan cadangan di Google Drive Anda. Silakan periksa panduan di bawah ini:
  1. Copot pemasangan perangkat WhatsApp di perangkat Android Anda.
  2. Instal ulang dan masuk ke akun Whatsapp Anda.
  3. Anda akan dimintan untuk mengembalikan cadangan pesan whatsapp Anda setelah Anda menginstal ulang WhatsApp. Ketuk "Pulihkan". Dan pekerjaan selesai!
Catatan:
  • Hanya memungkinkan opsi untuk mencadangkan dan memulihkan perangkat dengan Sistem Operasi yang sama.
  • Jika Anda tidak pernah backup sebelumnya, Anda tidak dapat mengembalikan data saat menghapusnya secara tidak sengaja.
  • Tidak memungkinkan Anda untuk memilih memulihkan data secara selektif dan Anda perlu mengembalikan keseluruhan file di salinan cadangan, bahkan beberapa di antaranya tidak ada gunanya.
  • Jika Anda melewatkan langkah pemulihan saat menginstal ulang WhatsApp, Anda tidak akan pernah bisa mengembalikannya dengan cara ini.
Dengan cara ini, jika Anda gagal memulihkan pesan WhatsApp dengan Google Drive, lanjutkan membaca dan Anda disarankan memulihkan data dengan perangkat lunak Pemulihan Data Android. Baca juga: Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp di Ponsel Lain.

Solusi 2: Cara Mengembalikan Pesan WhatsApp Android yang Dihapus Tanpa Backup

Dengan Android Photo Recovery, Anda bisa memulihkan data Android yang hilang seperti kontak, pesan teks, riwayat panggilan, foto, riwayat WhatsApp, video dan sebagainya dalam beberapa langkah sederhana. Ini mendukung hampir semua perangkat Android termasuk Samsung, HTC, LG, Motorola. Anda bisa mendownload Android Photo Recovery di komputer Anda dan silahkan mencobanya.

Langkah 1 Hubungkan Android Anda ke PC dengan Kabel USB

Anda diharuskan meluncurkan Android Data Recovery setelah mendownload dan memasangnya di komputer Anda.

Cara Mengembalikan Pesan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android

Kemudian, Anda akan diminta untuk menghubungkan Android Anda ke komputer melalui kabel USB.

Langkah 2 Mengatur Android untuk Mengaktifkan Debugging USB

Seiring Android Anda ditelusuri oleh komputer, Anda dapat beralih mengaktifkan debugging USB. Untuk Android 4.2 atau yang lebih baru, silakan masuk "Settings"> Klik "About Phone"> Ketuk "Build number" untuk beberapa kali sampai mendapatkan catatan "You are under developer mode"> Kembali ke "Settings"> Klik "Developer options"> Periksa "USB debugging".

Cara Mengembalikan Pesan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android

Begitulah caranya masuk dalam mode debugging USB di Android. Baca juga: Cara Mengetahui Siapa Yang Sering Melihat Profil Whatsapp Kita.

Langkah 3 Miliki Data yang Didiagnosis dan Dipindai pada Perangkat Anda

Setelah mengaktifkan USB debugging, perangkat Anda akan terdeteksi oleh alat pemulihan.

Cara Mengembalikan Pesan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android

Hemat waktu Anda dengan memilih file rinci yang ingin dipindai, misalnya "WhatsApp". Setelah itu, Anda bisa klik "Next" untuk melanjutkan.

Langkah 4 Biarkan Program untuk Memindai

Program ini akan memindai pesan WhatsApp di perangkat Android Anda, namun harus mendapatkan hak istimewa tersebut.

Cara Mengembalikan Pesan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android

Jadi, pergi ke ponsel Anda dan tekan tombol "Allow / Grant / Authorize".

Langkah 5 Pratinjau dan Recover WhatsApp Chat History dari Android

Ini akan membawa Anda beberapa waktu untuk memindai data. Setelah itu, Anda dapat melihat pratinjau semua data yang dapat dipulihkan yang ditemukan dalam hasil pemindaian satu per satu. Jika Anda ingin memulihkan riwayat obrolan WhatsApp, klik "WhatsApp" dan Anda dapat melihat pratinjau semua riwayat obrolan WhatsApp Anda untuk memilih mana yang akan dipulihkan di komputer Anda. Klik tombol "Recover", dan dalam beberapa menit Anda dapat menghapus pesan WhatsApp yang dihapus dari Android Anda.

Cara Mengembalikan Pesan Chat Whatsapp Yang Terhapus di Android

Tips: Anda juga dapat memulihkan kontak Android, video, log panggilan, riwayat panggilan, foto, bookmark, kalender, memo, dan sebagainya dari Android Anda. Tidak masalah jika Anda menggunakan Samsung, HTC, LG, Sony, atau Motorola, Anda dapat mendownload versi Android Photo Recovery yang kompatibel dan mengoperasikan pemulihan. Dalam beberapa detik, Anda dapat memulihkan data yang dihapus dari Android seperti pesan yang dihapus dengan mudah dari WhatsApp.

Dengan Android Data Recovery, Anda dapat memilih data yang ingin Anda pulihkan. Jika Anda hanya ingin pesan WhatsApp diambil, Anda bisa memilih item ini. Terlebih lagi, memulihkan data tidak berarti Anda dapat mengembalikan salinan cadangan ke Android Anda, fungsi yang paling mengesankan dari program ini adalah memungkinkan Anda mengembalikan data yang dihapus di Android tanpa cadangan. Meskipun dikenakan biaya, versinya untuk seumur hidup. Baca juga: Cara Format Tulisan Whatsapp Menjadi Bold, Italic dan Strikethrough.

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengembalikan pesan chat whatsapp yang terhapus di Android. Semoga Anda beruntung dalam memulihkan pesan whatsapp yang terlanjur terhapus di Android. Sekian.