Begini Cara Backup Chat Whatsapp Beserta Cara Restore Chat Whatsapp

Begini Cara Backup Chat Whatsapp Beserta Cara Restore Chat Whatsapp

Cara Backup Chat Whatsapp, Cara Restore Chat Whatsapp -- Jutaan pengguna di seluruh dunia berbagi pesan teks, gambar, video dan lainnya melalui WhatsApp setiap hari. Platform olahpesan cepat telah mengubah cara kita berkomunikasi dan telah menjadi solusi terdepan berkat kenyamanan dan fakta bahwa ia bebas menggunakannya. Aplikasi ini mendukung banyak platform dan memungkinkan Anda untuk tetap berhubungan dengan siapa saja yang memiliki aplikasi terinstal di perangkat mereka. Anda hanya memerlukan koneksi internet untuk menikmati semua fitur yang didukung WhatsApp termasuk perpesanan grup, pesan suara dan video, panggilan dan tentu saja, perpesanan teks.

Cara Backup Chat Whatsapp

Kemungkinan besar persentase percakapan Anda melalui WhatsApp dan mungkin ada beberapa informasi yang tidak ingin Anda kehilangan. Selalu ada risiko kehilangan, pencurian atau kegagalan sistem yang tidak disengaja dan akibat dari masalah umum ini, Anda mungkin akan kehilangan riwayat obrolan Anda. Untuk membantu Anda melindungi data WhatsApp Anda, admin akan melalui beberapa cara praktis untuk mengembalikannya. Langkah-langkah untuk mencadangkan riwayat obrolan WhatsApp Anda sangat berguna untuk Android, namun juga akan bekerja pada platform lain. Baca juga: Cara Menghapus Menarik Pesan WhatsApp di Android dan iOS.

Cara Mengaktifkan Backup Otomatis Chat WhatsApp

WhatsApp dirancang untuk membantu Anda membuat backup data dan secara default, pesan Anda dicadangkan setiap hari secara bersamaan, Anda dapat menyesuaikan waktu yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Hal ini juga memungkinkan untuk memilih apakah Anda ingin menggunakan data atau WiFi untuk menyelesaikan backup dan Anda juga dapat melakukan backup segera, jika diinginkan. Jika Anda menghapus pesan mungkin karena kesalahan atau kehilangan perangkat, Anda hanya perlu menginstal ulang WhatsApp dan pesan cadangan Anda akan ditemukan dan diambil dari kartu SD perangkat dan dipulihkan saat aplikasi sedang diinstal ulang. Anda akan melihat pesan yang menawarkan kesempatan untuk mengembalikan Anda ke backup terbaru. Setelah Anda klik pada restore, Anda akan mendapatkan pesan Anda kembali.

Cara Backup dan Restore Chat WhatsApp Secara Manual

Hal ini dimungkinkan untuk memulihkan pesan yang lebih lama dengan melakukan pemulihan manual. Ingatlah bahwa ketika Anda mengembalikan pesan secara manual, pesan yang lebih baru akan ditimpa dan tidak mungkin mengembalikannya. WhatsApp menyatakan bahwa cara terbaik untuk melindungi pesan terkini adalah melalui backup manual. Cukup buka "pengaturan obrolan" dan periksa bagian "cadangan chat". Anda akan melihat cadangan terakhir dan jika Anda menekan di sana, cadangan percakapan terbaru akan diaktifkan.

Hal berikutnya adalah dengan menggunakan program manager file untuk masuk ke folder WhatsApp / Database. Anda dapat menemukan file backup terbaru (dengan nama mgstore.db.crypt di Android dan beri nama baru kepada sebuah file, agar bisa lebih mudah menemukannya. Kemudian, ubah namanya menjadi msgstore.db.crypt lagi dan uninstall WhatsApp. Install ulang aplikasi WhatsApp dan kemudian ketuk opsi pemulihan untuk melakukan proses pemulihan normal.

Cara Backup Chat WhatsApp Ke Hp Lain

Secara umum, hanya mungkin untuk mencadangkan riwayat percakapan WhatsApp dari satu ponsel ke ponsel yang baru, saat kedua perangkat menggunakan sistem operasi yang sama. Anda dapat dengan mudah mentransfer data dari satu ponsel Android ke ponsel lain, atau dari iPhone ke iPhone. Namun, ketika beralih dari iPhone ke Android atau sebaliknya, semuanya bisa menjadi sedikit lebih rumit. Anda bisa mendapatkan data kembali perangkat Android baru dengan memastikan bahwa mgstore.db.crypt (atau yang setara) ada di dalam kartu SD perangkat baru. Maka Anda perlu sama-sama dengan proses backup yang telah admin jelaskan sebelumnya.

Jika telepon Anda mencoba memindahkan data, hanya memiliki penyimpanan internal (seperti dalam kasus iPhone), Anda perlu mentransfer folder yang memiliki file cadangan ke telepon baru. Anda cukup menghubungkan telepon ke komputer menggunakan kabel USB lalu seret dan lepaskan foldernya. Setelah Anda memastikan bahwa file cadangan yang tepat ada di dalam penyimpanan internal, yang perlu Anda lakukan hanyalah menginstal WhatsApp. Ini akan menemukan backup secara otomatis. Sebagai alternatif, Anda dapat menggunakan aplikasi seperti WhatsAppXtract dan iPhone Backup Extractor untuk mengekstrak dan mengakses obrolan WhatsApp di komputer. Solusi ini memungkinkan Anda mentransfer dan membaca pesan cadangan.

Cara Mengembalikan / Restore Chat WhatsApp pada Berbagai Sistem Operasi Mobile

Meski secara resmi, tidak mungkin mengembalikan riwayat chatting dari Android ke platform yang berbeda atau sebaliknya, ternyata ada sesuatu yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini. WhatsApp Migrator adalah solusi yang memungkinkan Anda mengubah dari iPhone ke ponsel Android. Sayangnya, tidak bekerja ketika harus berubah dari Android ke iPhone. Alat ini membutuhkan alat backup iPhone untuk menyiapkan cadangan tanpa enkripsi. Setelah cadangan dibuat, Migrator digunakan untuk menggabungkan file tersebut dengan log obrolan di ponsel Android. Maka Anda perlu uninstall dan menginstal ulang WhatsApp dan melanjutkan proses restore yang biasa seperti sebelumnya.

Mencadangkan Pesan WhatsApp Anda akan memungkinkan Anda menyimpan informasi penting yang dibagikan dalam obrolan, atau sekadar mengingat percakapan lucu. Perlu juga dicatat bahwa pesan WhatsApp dienkripsi di layanan cloud untuk menambahkan lapisan perlindungan.

Demikianlah penjelasan mengenai cara backup dan restore chat WhatsApp dengan mudah. Anda harus mampu melakukan hal semudah ini. Jangan sampai Anda kebingungan dari mana mendapatkan informasi ini. Seringlah datang kemari dan temukan berbagai macam tips dan trik whatsapp Android dan iPhone terbaru dari sini. Sekian. Baca juga: Cara Menggunakan Mode Picture-in-Picture di WhatsApp.
Advertisement

Baca juga:

Artikel Lainnya
Buka Komentar
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar

No comments

Apa yang kamu tanam ya itu yang akan kamu tuai. Allah tidak tidur dan siap membalas perbuatan yang salah.